in

Makanan Unik Khas Madura yang Wajib Kamu Coba

Campor Lorjuk

Bagi kamu pecinta kuliner, wajib rasanya untuk mencoba berbagai makanan khas daerah. Madura adalah salah satu destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi. Selain terkenal akan Sate Madura, di sana juga terdapat beberapa makanan unik khas Madura yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Makanan yang ada tentunya masih bersahabat dengan kantong kita, akan tetapi rasanya tetap juara.

Baca juga : Ngafe Ala Jungle di Asmara Coffee Bogor

1. Sate Lalat

Sate Lalat via Instagram @lhya245

Sate Lalat? Eits jangan berpikir yang aneh-aneh dulu makanan unik khas madura yang satu ini bukan terbuat dari daging lalat. Dinamai demikian, karena potongan daging ayam yang ada berukuran kecil. Untuk bumbu dan penyajian dari Sate Lalat sama dengan Sate Madura pada umumnya, yakni Sate Ayam dan lontong yang dilumuri oleh bumbu kacang serta tambahan sambal buat kamu yang suka pedas. 

2. Campor Lorjuk

Campor Lorjuk via Instagram @ronnyhidayat84

Sesuai dengan namanya yaitu campor yang artinya campur, makanan yang satu ini terdiri dari campuran beberapa bahan makanan. Diantaranya, lontong, lorjuk(kerang bambu), dan mie soun yang disiram oleh kuah berbumbu pedas. Kita juga bisa menambahkan keripik tette(keripik singkong khas Madura.) 

3. Kacang Lorjuk

Kacang Lorjuk via Instagram @toekoibu

Selain dijadikan Campor Lorjuk, terdapat juga camilan khas Madura yang di dalamnya terdapat Lorjuk(Kerang Bambu). Camilan tersebut diberi nama Kacang Lorjuk. Dari namanya sendiri bisa kita ketahui bahwa camilan tersebut adalah campuran dari kacang dan Lorjuk. Tentunya kedua bahan makanan tersebut sudah digoreng sebelumnya.

4. Nasi Jajan

Nasi Jajan via Instagram @nasi_jejen

Nasi Jajan adalah salah satu makanan khas Madura yang bisa dikatakan hampir mirip dengan campur, yang membedakan dari nasi campur pada umumnya adalah lauk yang ada di dalamnya. Lauk yang ada yaitu, semur daging, telur petis ola, sambal goreng kentang, dan sambal.

5. Apem Madura

Apem Madura via Instagram @wasilahfaiza

Kue Apem khas Madura yang satu ini bisa dimakan ketika kita ingin menghangatkan tubuh dan tentunya mengganjal perut. Kandungan yang dapat membuat tubuh menjadi hangat terdiri dari jahe, gula merah, dan kayu manis.

6. Otok Goreng

Otok Goreng via Instagram @febi_dftwolshop

Otok goreng, merupakan camilan yang terbuat dari kacang panjang. Selain digemari oleh masyarakat lokal pulau Madura sendiri. Otok Goreng juga menjadi salah satu camilan yang digemari masyarakat luar Madura, dikarenakan rasa dari Otok Goreng yang gurih, manis, dan juga pedas.

7. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay via Instagram @jatipmakanan.sby

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Madura tanpa mencicipi makanan yang satu ini. Ya, Bebek Sinjay namanya. Bebek dengan bumbu khusus dan sambal mangga muda sebagai pelengkapnya. Bebek Sinjay sendiri sudah terkenal dimana-dimana. Kita juga bisa menemui Bebek Sinjay di luar Madura. Next

ramadan

Danau Taman Hidup, Secuil Keindahan Tersembunyi di Gunung Argopuro

Brewu Coffee & Pastry Bali

Ngopi Dengan Cemilan Melimpah di Brewu Coffee & Pastry Bali