in ,

Masjid Al-Aqsa Terbakar, Salah Satu Destinasi Wisata Religi dengan Sejarah Panjang

Setelah Notre Dame, Masjid Al-Aqsa Ikut Terbakar

Kawasan di Masjid Al-Aqsa terbakar menjadi satu lagi peristiwa yang mengagetkan. Setelah Notre Dame di Paris, masjid yang identik dengan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw ini juga mengalami nasib serupa.

Baca juga : 8 Kastil Kuno di Eropa yang Disulap Menjadi Hotel

Meski sudah berhasil dipadamkan, salah satu pilihan wisata religi umat Muslim ini masih ditutup untuk sementara waktu. Seperti apa lengkapnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasi untuk Teman Traveler.

Peristiwa Kebakaran Masjid Al-Aqsa

Petugas Pemadam Kebakaran pada Peristiwa di Masjid Al-Aqsa via Instagram/palestineupdate

Masjid Al-Aqsa terbakar pada Senin 15 April 2019 malam waktu setempat. Dilansir dari CNN Indonesia, kebakaran bermula dari atas atap Ruang Marwani. Ruang Marwani sendiri berada di sebelah tenggara Haram al-Sharif. Di area tersebut terdapat kompleks Kubah Batu atau Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa.

Berita Terbaru

Sudah Berhasil Dipadamkan via Instagram/khalloood808

Peristiwa kebakaran yang menimpa kawasan Masjid Al-Aqsa berhasil dipadamkan. Api yang membakar ruang salat Marwani dikabarkan sudah bisa dikendalikan.

Api Tidak Merembet ke Masjid via Instagram/raffaelevarrese

Menurut beberapa media, kebakaran ini diduga akibat ulah anak-anak yang bermain petasan di sekitar area. Namun, dikutip dari Liputan 6, kawasan tersebut saat ini ditutup untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran.

Salah Satu Destinasi Wisata Religi bagi Umat Muslim

Salah Satu Destinasi Wisata bagi Umat Muslim via Instagram/huruninfm

Masjid Al-Aqsa menjadi satu dari tiga masjid suci bagi umat Islam. Dua lainnya adalah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid yang secara lokasi berada di Yerusalem Timur ini berdiri di kompleks Al-Haram Asy-Syarif.

Masjid Al-Aqsa dari Sisi Lain via Instagram/veselinangov

Umat Islam percaya, di sinilah lokasi Nabi Muhammad Saw bermalam sebelum berangkat dalam perjalanan Isra Mi’raj. Peristiwa yang tercatat dalam Al-Qur’an ini menjadi alasan mengapa banyak wisatawan muslim, termasuk Indonesia, berkunjung ke Masjid Al-Aqsa.

Napak Tilas Jejak Rasul Melalui Tempat-tempat Bersejarah

Keberadaan Makam Imam Syafi’i via Instagram/salsasabila

Selain Masjid Al-Aqsa, wisata religi umat Islam, terutama yang berkenaan dengan napak tilas jejak rasul bisa ditemukan di Amman, Jordania dan Mesir dan Kairo. Seperti Museum Tahrer, Masjid Hasan, berziarah ke Makam Imam Syafi’i, Omar Ibn al-Khattab Square yang merupakan kawasan religi dengan dua tempat ibadah bersejarah.

Mengunjungi Goa Al Kahfi via Instagram/nana_belibis

Teman Traveler juga bisa mengunjungi makam Nabi Harun As hingga Goa Al Kahfi. Selain Masjid Al-Aqsa, semua lokasi wisata tersebut, biasa dikunjungi umat Islam dari berbagai belahan dunia.

Peristiwa Masjid Al-Aqsa terbakar bukan yang pertama kali. Disebutkan bahwa pada 1969 lalu, mimbar Shalahuddin bahkan ikut terbakar. Setelah peristiwa ini, semoga tidak ada lagi kebakaran lainnya ya, Teman Traveler. Next

ramadan

Kisah Perjalanan WNI yang Ikut Pemilu di Luar Negeri, Rela Tempuh Perjalanan dengan Kereta 13 Jam

kuliner bernama gajah di Indonesia

Kuliner Bernama Gajah di Indonesia, Yuk Cari Tahu Apa Saja