in , , , ,

Masjid An-Nurumi, Serasa Masjid Permen yang Mencolok di Yogyakarta

Berbicara mengenai Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Pesona alam dan wisata budayanya membuat siapa saja serasa jatuh cinta dan ingin menjajakan kembali menikmati riuh indahnya budaya kota gudeg ini. Tiap sudut manapun membuat wisatawan merasa lega bahwa mereka telah kembali menghirup anekaragam wisata di kota ini. Salah satunya adalah wisata religi satu ini. Berbagai macam masjid yang menarik dengan keunikan seperti diluar negeri memang menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Baca juga : Eksotisnya Pulau Kotok, Sekaligus Tempat Konservasi Elang Bondol, Spesies Terancam Punah

Masjid An-Nurumi Yogyakarta yang mencolok seperti permen lolipop. Foto via instagram @dioadiro

Masjid yang dimaksud bernama Masjid An-Nurumi atau kerap disapa dengan sebutan Masjid Kremlin. Masjid ini terletak di Kecamatan Kalasan dan berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Bentuk kubah yang menarik serta warna yang mencolok membuat masjid ini dikenal dengan istilah Masjid Permen.

Masjid An-Nurumi Yogyakarata Layaknya permen lolipop yang sungguh menggemaskan. Foto via instagram @rindoelz

Arsitektur masjid dengan gaya Rusia ini seringkali dijuluki dengan masjid permen. Banyak pengendara yang sengaja melipir dan berhenti sejenak untuk sekedar foto ataupun melaksanakan ibadah. Keunikan memang tak hanya di eksteriornya saja namun interior masjid sangatlah indah dan unik. Di bagian dalam terdapat beberapa tulisan ayat suci Al Quran dengan warna yang terang. Beberapa lampu gantung juga menghiasi sudut-sudut ruangan dan dipasang tepat di bawah kubah utama.

Masjid ini memiliki 9 menara dan salah satu menara merupakan menara utama yang letaknya berada di tengah. Semua menara tersebut diberi warna mencolok dan bentuknya dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk seperti permen lollipop. Dan kemudian beberapa pengunjung menyebut Masjid An-Nurumi dengan istilah Masjid Permen karena bentuknya seperti permen.

Interior masjid An-Nurumi yang elegan dan tampak indah dengan tulisan kaligrafi yang nyentrik. Foto via instagram @icalrizalia

Namun sisi lain memang masjid tidak bisa menampung banyak jamaah. Hanya sekitar 200 orang saja yang dapat melakukan kegiatan ibadah dimasjid ini. Keindahan masjid emmang berawal dari tampilan kubah yang indah, Masjid An-Nurumi ini memiliki 5 rongga memanjang keatas. Dalam rongga tersebut juga merupakan bagian kubah yang dihiasi dengan tulisan kaligrafi lafad asmaul khusna. Ada hiasan berupa lampu gantung yang dipasang tepat dibawah kubah utama yang menjadikan interior masjid tampak sangat megah. Next

ramadan

Pantai Cemongkak, Tanah Anarki Pulau Dewata

Melaka

Ini Cara Terbaik Nikmati Indahnya Sungai Melaka