in ,

Keren, Masjid Cantik Rusia Ini ‘Ramaikan’ Piala Dunia

Masjid Kul Sharif Jadi Salah Satu Daya Tarik di Kazan

Masjid Kul Sharif
Masjid Kul Sharif via Instagram karpy4ev

Demam Piala Dunia 2018 masih terus menjalar ke seluruh dunia hingga saat ini. Gaungnya sangat terasa, apalagi di kota-kota penyelenggara. Kazan termasuk salah satu yang paling unik, karena mereka memiliki sebuah masjid cantik Rusia yang pantang dilewatkan.

Baca juga : 5 Destinasi Favorit di Higashi Chaya District, Bisa Lihat Pertunjukan Geisha

Masjid cantik Rusia yang dimaksud adalah Kul Sharif. Dari kejauhan arsitekturnya tampak rumit dan indah, lain dari masjid yang biasa kita temui di Indonesia. Kul Sharif belakangan jadi primadona tersendiri di kalangan traveler, terutama mereka yang khusus datang ke Rusia untuk menonton Piala Dunia.

Kota Panci

Bauman Street di Kazan
Bauman Street di Kazan via Instagram olivia_makarofa

Masjid Kul Sharif terletak di Kazan, salah satu kota terbesar di Rusia. Statusnya kini merupakan ibu kota Tatarstan dan menjadi pusat budaya dengan pengaruh besar di negeri Beruang Merah. Selain itu mereka juga merupakan kota yang banyak memiliki penduduk beragama Islam.

Kazan sendiri punya sejarah yang unik dan ada hubungannya dengan panci. Alkisah nama Kazan diambil dari kata Qazan, istilah untuk menyebut panci khusus ala Rusia. Menurut beberapa sumber, nama Kazan diberikan pada wilayah ini karena jika dilihat dari udara bentuk geografisnya mirip Qazan alias panci.

Simbol Kemerdekaan

Masjid dengan arsitektur megah
Masjid dengan arsitektur megah via Instagram karinabelles

Masjid Kul Sharif memiliki peran vital dalam perkembangan sejarah Tatarstan. Menurut sejumlah catatan sejarah, tempat ibadah ini menjadi salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Kazan melawan serbuan Tsar Rusia – Ivan ‘The Terrible’. Hingga kini Kul Sharif dianggap banyak orang sebagai salah satu simbol gairah dan kemerdekaan bangsa Tatar.

Kul Sharif diklaim beberapa tulisan sebagai masjid terbesar di Rusia, bahkan Eropa Timur. Namun sempat menjadi korban kekejaman perang dan hanya tinggal tersisa puing-puingnya saja, sebelum akhirnya direnovasi kembali.

Bangkit dari Debu

Masjid sempat hancur
Masjid sempat hancur via Instagram travels_of_lorena

Inisiatif untuk membangun kembali masjid Kul Sharif muncul pada 1995. Tindakan mulia tersebut diprakarsai oleh Mintimer Shaymlev, yang tak lain adalah Presiden Tatarstan kala itu. Setelah kurang lebih satu tahun, masjid kembali berdiri megah dan diresmikan pada 21 Februari 1996.

Konon masjid hasil renovasi tersebut memiliki bentuk arsitektur sangat mirip dengan aslinya. Hal ini tak terlepas dari kompetisi berlevel Internasional yang sebelumnya digelar Pemerintah Tatarstan. Tak kurang dari 16 peserta dari seluruh negara diminta meneliti rancangan asli Kul Sharif agar proses renovasi tak sampai melenceng.

Primadona Turis dan Piala Dunia

Kian beken saat Piala Dunia
Kian beken saat Piala Dunia via Instagram kleinfran

Kini Masjid Kul Sharif menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Kazan. Foto-fotonya sudah banyak tersebar di media sosial. Popularitasnya diperkirakan semakin meroket, apalagi Kazan tahun ini menjadi salah satu kota penyelenggara Piala Dunia 2018.

Tak cuma asyik untuk berfoto-foto, Kul Sharif juga nyaman digunakan beribadah. Cocok untuk para traveler yang ingin memastikan ibadah mereka tetap terjaga selama perjalanan.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai sejarah dan daya tarik Kazan serta Masjid cantik Rusia Kul Sharif. Jika kebetulan sobat traveler berkesempatan mengunjungi Rusia di masa mendatang, tak ada salahnya mampir ke bangunan bersejarah ini. Next

ramadan

Minuman Kemasan di Jepang yang Rasanya Unik, Ada Rasa Belut!

Tradisi Masyarakat Betawi yang Terjaga Hingga Kini