in , , ,

Mendaki Puthuk Gragal, Bonus Air Terjun Menawan

Keindahan puncak Puthuk Gragal Mojokerto
Keindahan puncak Puthuk Gragal Mojokerto

Indonesia dikenal dengan surganya para gunung. Tak banyak yang tahu, ribuan gunung dan perbukitan telah menghiasi hamparan tanah nusantara. Alhasil, panorama alam Indonesia kian cantik dan menawan. Pulau Jawa salah satunya pulau yang berdiri dengan ratusan gunung aktif. Selebihnya adalah gunung non aktif atau sebuah perbukitan hijau dengan hutan tropis yang asri dan menyegarkan.

Baca juga : Lokawisata Alam Baturraden Purwokerto, Berbagai Pilihan Wisata Alam Seru di Satu Tempat

Keindahan puncak Puthuk Gragal Mojokerto
Keindahan puncak Puthuk Gragal Mojokerto. Foto via jawapos.com

Di Indonesia, satu-satunya provinsi dengan jumlah gunung terbanyak adalah provinsi Jawa Timur. Hingga kini, Jawa Timurlah menjadi destinasi populer para traveler untuk berpetualang. Selagi menyusuri hutan dan perbukitan, kamu akan menyaksikan berbagai panorama pegunungan yang sangat menawan. Keindahan ini bisa kamu temukan di Puthuk Gragal. Pendakian disebuah lereng perbukitan Gunung Arjuno ini memberikan panorama gunung Penanggungan yang tepat didepan Puthuk Gragal.

Tempat berkemah atau mendirikan tenda di pos empat puthuk gragal
Tempat berkemah atau mendirikan tenda di pos empat puthuk gragal. Foto via getlost.id

Puthuk Gragal berlokasi di Desa Cembor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Cukup 1 jam perjalanan dari Kota Mojokerto dan kurang lebih 1 jam 30 menit dari pusat kota Malang. Puthuk Gragal bukanlah gunung yang tinggi, kamu hanya perlu mendaki selama kurang lebih 2 jam pendakian saja, itu pun bergantung dari fisik masing-masing. Ketinggiannya pun kurang lebih 1.480 meter diatas permukaan laut.

Keindahan coban cepung puthuk gragal
Keindahan coban cepung puthuk gragal. Foto via getlost.id

Bagi kamu yang melakukan pendakian tektok atau pulang pergi dalam satu hari saja, Puthuk Gragal adalah tujuan paling tepat. Wisata pendakian ini biasanya mulai ramai pengunjung ketika akhir pekan. Biasanya mereka mulai mendaki sore hari dan bermalam atau mendirikan tenda di Pos 4. Agar pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit dari ufuk timur dengan pemandangan gunung Penanggungan yang sangat memukau. Selesai menikmati keindahan alam kawasan Trawas Mojokerto ini, mulai lah turun menyusuri jalan setapak kembali.

Coban Cakung berada diarea jalur pendakian Puthuk Gragal
Coban Cakung berada diarea jalur pendakian Puthuk Gragal. Foto via mojokertopost.com

Diperjalanan, kamu akan disuguhkan air terjun cantik dengan aliran yang sangat jernih dan alami. Air terjun ini bernama Coban Cepung yang berada di dekat Pos 4. Karena aliran air terjun ini langsung dari sumbernya, cocok untuk dijadikan air konsumsi. Di Pos 4 inilah kamu bisa mendirikan tenda yang sangat nyaman karena masih tersedia pepohonan rindang bakal terhindar dari angin dan terik matahari.

Sajian sunrise dipuncak Puthuk Gragal
Sajian sunrise dipuncak Puthuk Gragal. Foto via motortourblog.wordpress.com

Selain Coban Cepung, pendaki bisa menikmati sajian Coban Cakung juga. Meski sedikit lebih curam, namun keindahan Coban Cakung sangat menawan. Untuk tarif pendakian Puthuk Gragal sendiri dipatok dengan harga Rp. 10.000 dan tarif parkir sebesar Rp. 10.000 bila menginap, untuk tarif parkir tidak menginap hanya dikenakan Rp. 5.000 saja. Untuk Basecamp Puthuk Gragal ini buka selama 24 jam. Kapan pun kamu bisa mengunjungi Puthuk Gragal ini. Next

ramadan

Taman Nasional Wasur, Surga Pecinta Alam di Papua dengan Kekayaan Flora Fauna yang Memukau

Pecel Pitik Banyuwangi, Sajian Khas Suku Osing untuk Berbagai Upacara Adat