in , ,

Mitos Borobudur, Dari Banguannnya Yang Magis hingga kisah Mistis

Pemandangan Candi Borobudur
Pemandangan Candi Borobudur

Candi Borobudur pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bangunannya yang besar menunjukkan kejayaan dan kemegahan masa silam. Saat ini Borobudur dibuka sebagai destinasi wisata sejarah lengkap dengan museum. Namun di balik nama populernya yang mendunia, Borobudur ternyata diselimuti oleh mitos-mitos yang mistis. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga : Mengeluarkan Asap Tebal Hingga Gempa, Gunung Dukono Ditutup untuk Pendakian!

1. Patung Singa yang Bisa Jadi Mimpi Buruk

Patung Singa Urung
Patung Singa Urung via Instagram @omdio55

Di bagian kiri dan kanan tangga masuk Candi Borobudur ada Patung yang memiliki wujud Singa. Patung ini disebuta juga dengan Singa Urung atau Singa yang tidak jadi. Konon, siapapun yang melewati tangga ini dengan berkata kasar dan memiliki niat buruk, maka penunggu patung ini dipercaya akan menghantui dalam mimpi. Jika yang lewat adalah pasangan kekasih, konon hubungannya akan kandas dan gagal sampi ke pelaminan.

2. Borobudur adalah Jam Raksasa

Candi Borobudur
Jam Raksasa Candi Borobudur via IG @bagasfeka

Candi Borobudur juga dipercaya sebagai wujud dari jam rakasasa, kok bisa? Candi Borobudur memiliki Stupa Utama di bagian tengah dan dikelilingi oleh 72 Stupa yan lebih kecil dengan bntuk lonceng. Saat sinar matahari mengenai Stupa utama, bayangannya akan mengenai stupa di bawahnya yang konon merupakan penanda waktu. Meski begitu, hingga saat ini masih belum ada yang bisa memba jam tersebut. Misteri ini pun belum terbukti kebenarannya.

3. Relief Kamadhatu yang Ditimbun

Candi Borobuduer dengan Relief-relief
Candi Borobuduer dengan Relief-relief via IG @faizalrahmannn

Ada banyak mitos dan kepercayaan seputar Candi Borobudur, salah satunya adalah kejanggalan dan cerita mengeni relief yang hilang. Relief ini dipercaya sengaja ditimbun pada masa pembangunan candi karena dinilai terlalu vulgar, bahkan memperlihatkan adegan posisi hubungan intim. Relief Kamadhatu sendiri dipercaya berisi Sutra Karmawibhangga, atau hukum sekab akibat termasuk perilaku buruk manusia yang tidak beradab.

4. Danau Tua Candi Borobudur

Pemandangan Candi Borobudur
Pemandangan Candi Borobudur via IG furstset

Lokasi tempat dibangunnya Candi Borobudur yang megah itu, konon adalah bekas Danau Purba yang mengering akibat pendangkalan secara ilmiah atau pengaruh budaya manusia saat itu. Hal ini sesai dengan study yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Departemen Geografi Universitas Gadjah Mada, Helmy Murwanto. Dalam studinya Helmi mengatakan jika pendangkalan terlihat dari materi endapan danau berupa hasil aktivitas vulkanis dan tektonis.

Itulah beberapa mitos tentang Candi Borobudur yang jarang orang tahu. eman Traveler sudah pernah berkunjung ke sini? Tentu masih banyak mitos-mitos lain yang menyelimutinya, namun tetap saja, mitos adalah mitos. Belum terbukti kebenarannya.

Next

ramadan
kebun teh tertinggi kedua di dunia

Keindahan Kebun Teh Kayu Aro, Tertinggi ke-2 di Dunia

Full Makanan Enak, Ini Paket Isolasi Mandiri ala Korsel Senilai Rp 5 Juta