in ,

Traveler Dunia Sedang Menanti 4 Momen Wisata Langka Ini, Kamu Salah Satunya?

Ilustrasi Gerhana Matahari Total, via instagram

Tahun 2016 adalah tahun yang istimewa bagi traveler dunia. Sebab pada tahun ini akan banyak momen langka yang banyak ditunggu-tunggu warga dunia. Momen langka tersebut salah satunya ada di Indonesia berupa fenomena gerhana matahari total. Gerhana ini hanya bisa dilihat dari negeri kita saja lho maka tak heran jika traveler hingga peneliti dunia akan hadir untuk menyaksikan fenomena langka nan istimewa tersebut.

Baca juga : Fakta-fakta Mengenai Corvin Castle, Lokasi Shooting Film The Nun

Di samping gerhana matahari total, di berbagai belahan dunia lain traveler juga sedang menanti 3 momen wisata langka lainnya. Momen-momen apa saja yang dimaksud? Berikut Travelingyuk rangkumkan dari laman DetikTravel momen-momen langka yang paling ditunggu traveler dunia di tahun 2016. Mungkin saja kamu termasuk salah satu traveler yang menanti momen-momen langka ini.

1. Gerhana Matahari Total – Indonesia

Momen wisata langka yang pertama dan yang paling di tunggu-tunggu traveler dunia tentu saja gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9 Meret mendatang di berbagai kota di Indonesia. Semua mata dunia baik wisatawan hingga ilmuwan tertuju pada momen langka ini. Situ traveling DetikTravel bahkan telah mengabarkan jika hampir semua hotel di kota-kota pengamatan gerhana telah penuh dipesan.

Untuk kamu yang tidak mau ketinggalan momen langka dan istimewa ini bisa datang ke berbagai daerah seperti Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Fenomena gerhana matahari total di Indonesia ini sangat langka mengingat fenomena serupa terakhir yang terjadi di negeri ini tercatat pada tanggal 24 Oktober 1995 atau sekitar 21 tahun lalu.

Ilustrasi Gerhana Matahari Total, via instagram
Ilustrasi Gerhana Matahari Total, via instagram

Selain itu kalau sampai traveler melewatkan momen tanggal 9 Maret mendatang, mereka baru bisa melihat gerhana matahari total kembali di Indonesia 7 tahun mendatang tepatnya di tahun 2023 itupun hanya bisa dilihat dari Maluku Tenggara, Maluku Tengah dan Papua saja. So, gerhana matahari total tahun ini memberimu banyak pilihan untuk hunting di lokasi terdekat dengan tempat tinggalmu.

2. Relokasi Tsukiji Market di Jepang

Jepang menjadi salah satu tujuan wisata favorit traveler Indonesia dan dunia. banyak hal yang bisa dilakukan di negara yang punya kereta api tercepat di dunia ini. Selain mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, momen musim gugur yang instagramable dan juga hiruk pikuk warganya yang “gila” kerja ada satu tempat lain yang menjadi jujugan traveler saat berkunjung ke negeri ini.

Tsukiji Market, itulah nama tempat yang hampir selalu ada dalam daftar kunjungan wisatawan di Jepang. Tsukiji adalah pasar ikan yang paling terkenal di negeri Sakura, pasalnya meski berupa pasar ikan namun kebersihan pasar ini sangat terjaga bahkan banyak traveler yang mengaku tidak mencium amis saat berada di dalam pasar. Itulah sebabnya Tsukiji Market sangat terkenal seantero dunia.

Tsukiji Market di Jepang, via instagram
Tsukiji Market di Jepang, via instagram

Setelah beroperasi lebih dari 81 tahun, bulan depanĀ atau pada Maret 2016 pasar ikan ini akan direlokasi. Rencana ini sudah berlangsung lama dan mendapat banyak pro dan kontra baik di kalangan warga maupun wisatawan, sebab pasar ini menjadi salah satu roda ekonomi utama warga serta ikon wisata buat traveler. Relokasi ini dilakukan dalam rangka menyambut Olimpiade di Beijing beberapa tahun mendatang dimana lokasi Tsukiji market akan dibangun akses jalan menuju ke venue-venue olahraga. Momen relokasi ini sangat ditunggu wisatawan dunia.

3. Perlintasan Planet Merkurius

Ada satu fenomena alam lainnya selain gerhana matahari total di Indonesia yang juga ditunggu-tunggu oleh wisatawan dan juga ilmuwan dunia. Fenomena tersebut adalah perlintasan planet Merkurius yang akan dapat dilihat pada tanggal 9 Mei 2016. Untuk fenomena yang satu ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, traveler dan ilmuwan membutuhkan teleskop untuk menikmatinya.

Planet Merkurius, via instagram
Planet Merkurius, via instagram

Kemunculan planet Merkurius melengkapi momen langka wisata selain gerhana matahari total di tahun ini yang akan semakin memanjakan traveler pecinta astronomi. Untuk menyaksikan momen dimana planet Merkurius melintasi matahari ini traveler harus pergi ke Amerika, Eropa Barat, Afrika dan Chile. Terakhir fenomena serupa terjadi pada tahun 2006 silam.

4. Migrasi Kupu-kupu di Meksiko

Migrasi kupu-kupu ke selatan sebetulnya adalah momen tahunan yang selalu terjadi. Pada saat itu kawasan kupu-kupu dalam jumlah besar akan pulang ke Meksiko dan menjadi tontonan traveler. Setiap tahun pula akan banyak wisatawan yang datang ke Kota Michoacan untuk menjadi saksi hidup momen langka yang hanya terjadi satu tahun sekali ini. Umumnya jenis kupu-kupu yang bermigrasi adalah jenisĀ Monarch dan migrasi akan dimulai pada bulan Oktober.

Migrasi Kupu-kupu di Meksiko, via instagram
Migrasi Kupu-kupu di Meksiko, via instagram

Namun tahun ini migrasi kupu-kupu ini akan menjadi sangat spesial lantaran diperkirakan jumlah kupu-kupu yang bermigrasi akan berjumlah tiga kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Artinya jika traveler berkunjung ke Meksiko tahun ini mereka berkesempatan menyaksikan 225 juta kupu-kupu yang sedang bermigrasi ke Kota Michoacan, Meksiko. Pasti suasananya akan sangat keren!

Itulah momen wisata paling langka dan istimewa yang bakal terjadi sepanjang tahun 2016 ini. Travelingyuk menyarankan jika kamu tidak bisa menikmati semuanya sebaiknya usahakan untuk menjadi saksi hidup salah satu momen tersebut. Sebab ini akan menjadi pengalaman seumur hidup yang akan jarang sekali kamu temukan untuk kedua kali. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Pantai Menganti Kebumen

11 Tempat Keren di Kebumen yang Bikin Fotomu Makin Ngetren dan Beken

Catat! 9 Destinasi Baru yang Dibuka Tahun Ini di Berbagai Belahan Dunia