in ,

11 Tempat Keren di Kebumen yang Bikin Fotomu Makin Ngetren dan Beken

Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti Kebumen

Sudah tahu kabupaten Kebumen guys? Mereka yang suka bepergian lewat jalur selatan dari wilayah-wilayah di Jawa Timur menuju ke Jawa Barat atau sebaliknya pasti familiar dengan daerah ini. Namun kebanyakan mereka hanya mengenal karena lewat di jalan rayanya saja, padahal kabupaten ini punya banyak sekali destinasi wisata keren yang tidak kalah dengan obyek-obyek wisata yang ada di Jogja maupun daerah lain di Jawa Tengah.

Baca juga : Wallpaper Komputer? Bukan! Ini Wisata Air Terjun Jawa Barat yang Super Cantik

Baca Juga :5 Destinasi Wisata Saat Mudik ke Kebumen

Ada satu destinasi yang cukup terkenal di Kebumen yaitu Benteng Van Der Wijck. Namun kali ini Travelingyuk ajak kamu untuk sementara melupakan benteng tersebut, sebab kita akan menjelajahi alam kabupaten ini untuk menemukan tempat-tempat keren yang bakal bikin foto-foto ngetripmu makin ngetren dan beken. Yuk ikuti Travelingyuk menyambangi satu per satu tempat keren tersebut.

1. Pantai Karang Bolong, Nikmati Sensasi Ombak yang Menggelegar di Pantai Ini

Berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, kabupaten Kebumen punya banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang paling unik dan terkenal adalah Pantai Karang Bolong. Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat karang berlubang seperti gua yang ikonik.

Pantai Karang Bolong, via instagram
Pantai Karang Bolong, via instagram

Pantai Karang Bolong berada di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai ini sudah cukup terkenal di kalangan traveler sehingga pada hari libur banyak wisatawan yang berkunjung. Pantai ini adalah spot yang pas jika kamu mau menyaksikan ganasnya ombak pantai selatan, foto-foto dengan latar belakang Karang Bolong atau sekedar bersantai dan bermain air di pantainya.

2. Bukit Sawangan Destinasi Wisata Baru yang Seru

Bukit Sawangan adalah pilihan berekreasi yang belum lama ini dikembangkan oleh warga desa Karangduwur, kecamatan Ayah. Sebuah wisata alam yang dipersembahkan untuk para traveler muda yang hobi dengan kegiatan menantang. Sebenarnya Bukit Sawangan ini satu paket rekreasi bersama Pantai Sawangan, Curug Sawangan dan juga Gua Sowowo.

Bukit Sawangan, via instagram
Bukit Sawangan, via instagram

Lokasi tempat-tempat keren ini masih cukup tersembunyi dengan akses jalan yang belum dibangun sehingga mereka yang berniat traveling ke tempat ini harus trekking terlebih dahulu. Pun demikian, tempat ini mulai dikembangkan dengan menambahkan beberapa fasilitas seperti wahana rapling dan flying fox yang bisa dicicipi traveler.

3. Gua Langse yang Masih Perawan Wajib Dieksplorasi

Ada satu gua yang masih perawan di Kebumen dan belum banyak diulas oleh travel blogger. Adalah Gua Langse, foto gua ini bisa ditemukan di instagram sayang belum ada artikel yang mengulas secara khusus mengenai gua yang satu ini.

Gua Langse, via instagram
Gua Langse, via instagram

Sedikit informasi mengenai Gua Langse yang diperoleh Travelingyuk dari berbagai sumber adalah lokasinya yang terletak di desa Totogan, kecamatan Karangsambung. Di desa tersebut terdapat sebuah bukit bernama Bukit Jatibungkus di mana disana dapat dijumpai beberapa gua seperti Gua Langse di sisi barat dan Gua Sikepul serta Gua Silodong di sebelah timur.

4. Gua Barat yang Konon Punya 100 Air Terjun Perlu Kamu Jelajahi

Beralih ke Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen traveler bis menjelajahi Gua Barat yang katanya punya 100 air terjun di dalamnya. Kedudukan gua ini berada di pegunungan karst Gombong Selatan dan menjadi salah satu gua paling terkenal dan banyak dieksplorasi para traveler hingga peneliti gua dari dalam dan luar negeri.

Gua Barat, via instagram
Gua Barat, via instagram

Gua ini cukup sulit untuk dijelajahi sehingga tidak semua orang bisa menikmati keindahan ruangan gua tersebut. Menariknya di dalam gua ini ada air terjun setinggi 8 meter yang diberi nama Jump Ullyses, yang dalam bahasa Yunani berarti “sang petualang cerdik” serta air terjun setinggi 32 meter bernama Superman’s Big Sister.

5. Pantai Gebyuran yang Kecil Namun Mempesona

Masih berada di Kecamatan Ayah, lebih tepatnya di desa Pasir ada sebuah pantai mungil yang layak untuk kamu singgahi. Pantai ini bernama Pantai Gebyuran yang berada di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir.

Pantai Gebyuran, via instagram
Pantai Gebyuran, via instagram

Pesisir pantainya sangat sempit dengan ukuran tidak lebih dari 100 meter saja. Ditambah lokasinya yang terjepit membuat pantai ini tidak banyak diketahui traveler, Pun demikian pantai ini punya pemandangan yang indah dengan ombak yang lebih landai lantaran banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut.

6. Jembangan Wisata Alam yang Bikin Kebumen Seperti di Eropa

Kamu mungkin belum menyadari jika Kebumen punya spot keren di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Sebuah restoran terapung di alam terbuka dengan panorama perbukitan yang asri bak di luar negeri. Inilah Jembangan Wisata Alam yang wajib kamu singgahi.

Jembangan Wisata Alam, via instagram
Jembangan Wisata Alam, via instagram

Tempat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mumpuni untuk dijadikan destinasi rekreasi bersama keluarga, pasangan atau pun teman-teman. Jembangan Wisata Alam memiliki kebun binatang mini, arena bermain air seperti sepeda air hingga restoran terapung yang punya view fotogenik seperti di eropa. Cukup berkendara 45 menit dari pusat kota kamu sudah bisa berjumpa dengan spot sekeren ini di Kebumen.

7. Sambangi Pantai Menganti yang Disebut-Sebut Punya Lanskap Seindah Selandia Baru

Seperti diketahui bahwa bagian sebelah selatan kabupaten Kebumen berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga wajar jika daerah ini memiliki banyak pantai yang eksotis. Selain Karang Bolong dan Pantai Gebyuran, masih ada Pantai Menganti yang disebut-sebut memiliki lanskap alam seindah New Zealand.

Pantai Menganti, via instagram
Pantai Menganti, via instagram

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Akses menuju ke pantai ini masih cukup sulit sehingga memberikan traveler privasi yang lebih karena belum banyak yang berkunjung ke sana. Salah satu yang membuat pantai ini disejajarkan dengan alam Selandia Baru adalah bukit-bukit dan tebing hijau di sepanjang pinggir pantai.

8. Main ke Pantai Bopong dan Temukan Laguna Tersembunyi di Sana

Pantai Bopong di kecamatan Puring sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Pasalnya pantai ini punya laguna alami yang kece buat dijadikan objek foto maupun untuk berenang. Keberadaan laguna ini tidak banyak disadari oleh traveler yang berkunjung ke Pantai Bopong.

Pantai Bopong, via instagram
Pantai Bopong, via instagram

Berjalanlah ke sebelah timur Pantai Bopong, tepatnya kawasan yang dilalui aliran sungai. Nah aliran sungai yang meliuk-liuk ini membentuk semacam kedung berisi air jernih yang disebut para traveler sebagai laguna. Kawasan pantai ini cukup ramai dikunjungi traveler pada musim liburan.

9. Mampir ke Bukit Pentulu Indah yang Mirip Kalibiru

Jika Jogja punya menara pandang atau rumah pohon berpemandangan keren di Kalibiru maka Kebumen punya Bukit Pentulu Indah atau Bukit PI. Di kawasan desa Karangsambung ini terdapat juga menara pandang yang dibangun di atas pohon untuk menyaksikan keindahan alam berupa Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing serta mentari pagi yang menawan hati.

Bukit Pentulu, via instagram
Bukit Pentulu, via instagram

Bukit PI bisa disambangi dengan berkendara dari pusat kota sejauh 21 km ke arah utara. Pemandangan indah yang disuguhkan dari Bukit PI ini berasal dari kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung. Manjakan matamu dengan melihat keindahan alam yang tiada duanya.

10. Hutan Mangrove Logending Bisa Jadi Jujugan Untuk Menyegarkan Mata

Melihat pemandangan alam yang hijau penuh dengan tumbuhan sudah pasti akan menyegarkan mata kita kembali. Seperti halnya jika kamu berkunjung ke kawasan Hutan Mangrove Logending di sepanjang tepi muara Sungai Bodo, desa Logending.

Hutan Mangrove Logending, via instagram
Hutan Mangrove Logending, via instagram

Hutan bakau ini dipagari oleh serangkaian perbukitan Karst Gombong Selatan yang terlihat begitu gagah. Salah satu tempat terbaik untuk melihat panorama indah tersebut adalah dengan menaiki gardu pandang yang telah di sediakan. Hamparan tanaman bakau serta pantai dan kawanan burung akan menjadi suguhan yang super keren.

11. Buat Traveler Putri, Alian Butterfly Park Sangat Direkomendasi Untuk Dikunjungi

Wanita selalu identik dengan bunga dan kupu-kupu oleh sebab itu banyak dari mereka sangat antusias jika diajak traveler ke taman bunga dan juga taman kupu-kupu. Kabupaten Kebumen ternyata memiliki tempat asyik bernama Alian Butterfly Park yang mengoleksi aneka tanaman bunga beserta beragam jenis kupu-kupu yang di klaim paling lengkap di Tanah Jawa.

Alian Butterfly Park, via instagram
Alian Butterfly Park, via instagram

Ada sekitar 60 jenis kupu-kupu hidup yang bisa dijumpai di Alian Butterfly Park. Traveler yang mau melihatnya lebih puas disarankan datang pada pagi hari saat kupu-kupu beterbangan menyapa bunga-bunga di sekitar taman. Untuk menikmati segala keindahan ini traveler cukup berkendara selama 30 menit dari pusat kota menuju Desa Krakal, Kecamatan Alian.

Penelusuran yang dilakukan Travelingyuk menemukan banyak air terjun di kabupaten ini sehingga destinasi mengenai air terjun akan kami buatkan ulasan tersendiri. Masih ada destinasi yang terlewatkan oleh Travelingyuk? Ayo buat kamu yang ngaku sudah khatam menjelajahi Kebumen silahkan lengkapi destinasi lain dengan menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Danau Seran, Danau Bening Bekas Tambang di Kalimantan Selatan

Traveler Dunia Sedang Menanti 4 Momen Wisata Langka Ini, Kamu Salah Satunya?