in

Mudik ke Garut? Curug Orok Siap Untuk Ditengok

Warga asli Garut yang ada di perantauan ini saatnya kalian menjelajahi kampung halamanmu. Manfaatkan momen mudik lebaran untuk mengunjungi segudang objek wisata yang ada di Garut. Tercatat kabupaten ini punya banyak sekali objek wisata yang beberapa diantaranya baru ngehits beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah Curug Orok.

Baca juga : Lengkap, Kolam Renang Hingga Kebun Bunga di Barusen Hills, Bandung

Curug Orok adalah satu dari sekian banyak nama air terjun di Garut. Air terjun yang terletak di desa Cikandang, kecamatan Sikajang atau sekitar 25 kilometer dari pusat kota menuju ke arah selatan Garut ini sudah cukup lama populer sebagai tujuan wisata. Setiap akhir pekan dan libur nasional objek wisata ini akan banyak dikunjungi wisatawan.

Letak air terjun ini berada di sebuah lembah sehingga traveler harus menuruni ratusan anak tangga untuk tiba di hadapan air terjun. Di sekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang tumbuh subur memberikan suasana asri dan udara yang sejuk. Di kawasan ini terdapat satu air terjun utama yang tingginya sekitar 40 meter dan dikelilingi dengan beberapa air terjun mini yang kian mempercantik pemandangan.

F5 Orok Wf, Garut – Indonesia Photo by @adhip4 Thanks and keep melonggarut !

A post shared by GARUT (@melonggarut) on

Air yang jatuh dari puncak tebing mengenai bebatuan yang ada di bawahnya manghasilkan percikan yang menyebar ke segala arah menjadikannya seperti hujan abadi. Di bawah terjunan air terdapat kolam yang biasa digunakan wisatawan untuk bermain air. Tersedia pula beberapa gazebo untuk pengunjung yang enggan berbasah-basahan.

Namun perlu traveler ketahui bahwa di balik keindahan air terjun ini tersimpan cerita tragis mengenai pemberian namanya. Konon kata “Orok” yang diberikan pada air terjun ini merujuk pada istilah “bayi.” Jadi menurut cerita yang beredar di warga setempat, pada zaman dahulu ada bayi yang ditelantarkan dan dibuang di air terjun ini, dari sanalah kemudian air terjun di Garut ini diberi nama Curug Orok.

Nah, buat yang mau mudik sambil traveling ke Curug Orok bisa mengambil rute Jalan Raya Cimanuk, Jalan Raya Bayongbong, dan Jalan Raya Cisurupan. Sepanjang jalan traveler tidak akan merasa jenuh karena akan dihibur oleh pemandangan alam dari Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Setelah itu cari jalur menuju ke kawasan Perkebunan Nusantara VIII Papandayan, lokasi Curug Orok berjarak 300 meter dari jalan utama.

Sedangkan traveler yang mau mengekplorasi Garut lebih dalam bisa membaca referensi tempat wisata Garut yang pernah Travelingyuk ulas beberapa waktu lalu lewat link berikut: Destinasi Wisata Garut yang Yahud dan Explorasi Air Terjun di Garut! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Aneka Kue Khas Hari Raya di Berbagai Belahan Dunia

Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah, Beberapa Diantaranya Ada di Negara Non-Muslim!