in , ,

5 Museum di Surabaya, Cocok Untuk Wisata Edukasi Buah Hati

Museum pendidikan surabaya
Museum pendidikan surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota terbesar di Jawa Timur yang kaya akan wisata kuliner dan wisata sejarah. Tak heran banyak traveler berdatangan ke kota Pahlawan hanya untuk menikmati kuliner dan beberapa wisata kota yang menarik. Untuk kamu yang datang dengan buah hati tidak perlu khawatir mencari tempat wisata di area Surabaya. Wisata sejarah sepertinya membuat buah hati mu terlihat lebih menyenangkan dan pastinya akan menambah wawasan serta pengetahuan umum.

Baca juga : Pesona Taman Kota Giri Menang, Ada Terowongan Pelangi yang Instagenic

Nah, apa saja sih museum yang cocok untuk dijadikan liburan akhir pekan di kota Surabaya. Yuk simak ulasan berikut.

Museum Pendidikan Surabaya

Salah satu museum tematik Surabaya ini menjadi tempat edukasi, riset dan rekreasi yang ada di kota Pahlawan. Meski tergolong sebagai museum baru berdiri, namun ketenarannya dikalangan pelajar sangat besar. Museum yang didirikan tiga tahun silam ini menyimpan bukti berbagai macam peralatan pendidikan tempo dulu, mulai dari Pra-aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial hingga masa Kemerdekaan.

Museum pendidikan surabaya
Museum pendidikan surabaya hadir dengan koleksi alat pendidikan jama belanda. Foto via tiketwisata.surabaya.go.id

Museum Pendidikan terletak di Jalan Genteng Kali no. 10 Surabaya. Bangunan ini dulunya adalah bekas sekolah Taman Siswa. Untuk jam operasionalnya buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Menariknya, kamu tidak akan dipungut biaya seperser pun untuk menikmati museum ini.

Museum Olah Raga Surabaya

Museum Olahraga hadir di tengah kota Surabaya sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet asli Surabaya dimana telah mengharumkan nama bangsa dikanca Internasional. Museum yang terletak diarea GOR Pancasila dan Lapangan Thor ini sebagai tempat koleksi medali asli hasil sumbangan para Altet asli Surabaya.

Sisi bangunan museum Olahraga Surabaya
Sisi bangunan museum Olahraga Surabaya. Foto via pilar.id

Menariknya teknologi yang dibuat di Museum ini memakai teknologi AR Augmented Reality sehingga kamu bisa berfoto bersama dengan atlet unggulan mu. Meski tidak dipungut biaya, namun ketika kamu menjadi pengunjung harus reservasi dulu secara online. Tiket online bisa kamu dapatkan di tiketwisata.surabaya.go.id

Museum WR Supratman

Museum WR Supratman adalah bekas rumah beliau ditahun 1937 ini menjadi saksi bisu segala aktivitas yang dilakukan oleh Wage Rudolf Soepratman bersama dengan keluarganya. Berbagai koleksi kuno dan antik yang berhubungan langsung dengan beliau dapat kamu lihat dibeberapa bilik museum.

Museum WR Soepratman Surabaya
Museum WR Soepratman Surabaya. Foto via tourism.surabaya.go.id

Bangunan kuno nan sederhana ini terdapat dua ruang utama, ruang tamu, satu kamar mandi, dan ruangan dapur yang bisa kamu nikmati setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Museum Sampoerna Surabaya

Bangunan museum Sampoerna tergolong bangunan kuno yang didirikan pada tahun 1862 dengan gaya Kolonial Belanda ini menjadi situs sejarah yang dilestarikan oleh pemerintah Surabaya. Bangunan ini dulunya bekas Panti Asuhan Putra milik Belanda yang kemudian di beli oleh pendiri Sampoerna ketika tahun 1932 dan menjadi pabrik pertama rokok sampoerna.

Museum Sampoerna Surabaya menjadi bangunan pabrik pertama kali PT Sampoerna
Museum Sampoerna Surabaya menjadi bangunan pabrik pertama kali PT Sampoerna. Foto via tourism.surabaya.go.id

Hingga sekarang, bangunan ini menjadi museum rokok kretek sampoerna yang menampilkan berbagai benda pembuatan rokok tempo dulu. Untuk kamu yang penasaran dengan berbagai benda pembuatan rokok, bisa datang ke lokasi Jalan Taman Sampoerna No.6, Pabean Cantian Surabaya dengan buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

Museum Kesehatan Surabaya

Tidak hanya museum sejarah kolonial dan olahraga saja, namun Surabaya juga memiliki Museum kesehatan yang didirikan pada tahun 1990 oleh dr.Adhyatma. Adanya museum ini mengingatkan kepada seluruh warga Surabaya untuk tetap menjaga kesehatan.

Berbagai koleksi alat kesehatan di Museum Kesehatan Surabaya
Berbagai koleksi alat kesehatan di Museum Kesehatan Surabaya. Foto via jejakbocahilang.com

Koleksi museum kesehatan tak lain adalah berbagai alat kesehatan yang digunakan di era kemerdekaan hingga sebelum tahun 1990. Alamat museum kesehatan ini berada di Jalan Indrapura No. 17 Surabaya. Cukup dengan tiket masuk Rp. 2.000 kamu sudah menikmati berbagai alat layaknya di rumah sakit. Next

ramadan

Heboh Makam Muncul Ketika Air Waduk Gajah Mungkur Surut

Gedung SIOLA menjadi salah satu museum di Surabaya yang diresmikan tahun 2015

Perjalanan Sejarah Gedung Siola Surabaya