in ,

4 Museum Makanan di Dunia Terunik, Ada yang Bisa Langsung Makan

Dijamin laper kalo sudah berkunjung ke sini

Museum kini tak hanya sebatas menyimpan serta memamerkan barang jadul. Tapi juga berfungsi untuk memberi ilmu tentang benda yang disimpan, mulai dari asal usulnya, jenis dan masih banyak lagi. Seperti sejumlah museum makanan terunik dunia di bawah ini. Penasaran apa dan di mana saja? Yuk lah kita kepoin bersama. 

Baca juga : Mendaki Gunung Prau, Wujud Pesona Dataran Tinggi Dieng

1. Museum of Ice Cream, New York 

museum makanan
Bagian depan museum es krim via instagram/museumoficecream

Pertama, ada Museum of Ice Cream di New York, Amerika Serikat. Museum yang terdiri dari tiga lantai ini akan membawa pengunjung melihat kejayaan es krim dari waktu ke waktu. Pengunjung akan diajak menaiki subway untuk masuk ke dunia es krim. Di lantai teratas terdapat seluncuran untuk anak-anak dengan kolam renang bertabur meses berwarna merah muda. 

museum makanan
Salah satu spot museum via instagram/museumoficecream

Terdapat pula toko es krim bagi pengunjung yang ingin langsung mencoba tujuh rasa es krim khas museum ini. Namun, tak terlalu banyak cerita tentang sejarah es krim yang terdapat di museum ini. Pasalnya, museum es krim ini lebih menonjolkan tempat untuk berfoto.

2. Wonderfood Museum Penang 

museum makanan
Makanan di Wonderfood Museum via instagram/jomwithsamad 

Wonderfood Museum yang berlokasi di Penang, Malaysia ini bisa membuat perut Teman Traveler keroncongan. Museum yang berisi replika makanan-makanan khas Malaysia ini memang sangat menggugah selera. Apalagi replikanya yang bentuknya mirip dengan makanan aslinya dan beberapa di antaranya berukuran raksasa. Di sini kalian tidak hanya  bisa berfoto, tapi juga dapat mengetahui sekaligus melihat berbagai jenis makanan khas Malaysia. 

Replika makanan raksasa lainnya via instagram/jomwithsamad 

3. Choco Story, Belgia  

museum makanan
Pembuatan coklat di museum via instagram/chocostorybrussels

Terletak di Brussels, Belgia, museum ini menyimpan sejarah coklat Belgia yang terkenal. Di museum ini, pengunjung juga bisa belajar tentang pembuatan coklat, sampel coklat yang akan diproduksi sampai melihat langsung aksi pembuat coklat Belgia. Bahkan, Teman Traveler juga bisa mengonsumsi coklat-coklat tersebut. 

Salah satu coklat di museum via instagram/chocostorybrussels 

4. Dutch Cheese Museum, Belanda 

Macam-macam keju di museum via instagram/auddiecakesbakery

Terakhir, ada Dutch Cheese Museum yang berlokasi di Belanda. Di sini, pengunjung bisa mempelajari lebih lanjut tentang budaya pertanian, perdagangan susu, sampai pembuatan dua keju terkenal Belanda, Edammer dan Gouda.

Salah satu spot di museum via instagram/josemanuel.domingo

Pengunjung juga dapat menyaksikan pameran yang interaktif dari tulisan, grafik, gambar, sampai video, dengan dipandu oleh staf dari museum. Tak hanya keju, koleksi juga meliputi artefak, peralatan bersejarah, gambar fotografi, film, dan lukisan.  

Itulah beberapa museum makanan yang terunik di dunia. Mulai dari lokasinya yang instagenic sampai dengan menyediakan pameran interaktif bagi para pengunjung. Bagaimana, apakah Teman Traveler tertarik untuk mengunjungi salah satunya?  Next

ramadan
Gunung Api Purba

Gunung Api Purba Nglanggeran, Menikmati Pemandangan Indah dan Nostalgia Zaman Purba

Coban Kali Lanang

Coban Kali Lanang, Manjakan Diri dalam Pesona Alam Batu