in , , , , ,

Gunung Api Purba Nglanggeran, Menikmati Pemandangan Indah dan Nostalgia Zaman Purba

Menikmati Pemandangan Indah dan Nostalgia Zaman Purba dari Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta

Gunung Api Purba
Gunung Api Purba

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan keindahan bentang alamnya. Salah satu atraksi yang terkenal di Indonesia ialah keindahan pemandangan gunung-gunungnya. Banyak sekali gunung yang masih aktif dan tidak aktif. Para pendaki pun banyak yang berlomba-lomba untuk mencapai puncak dan menikmati keindahan alam Indonesia. Di Yogyakarta juga terdapat sebuah objek wisata untuk melihat pemandangan dari atas gunung. Bahkan, gunung di Yogyakarta ini ialah gunung api purba. Objek wisata itu bernama Gunung Api Purba Nglanggeran. Kira-kira seperti apa objek wisata ini? Apakah sama seperti gunung lainnya di Indonesia? Mari kita simak informasinya, Teman Traveler!   

Baca juga : Besh Hotel Pagar Alam, Akomodasi Keren nan Instagenic di Lereng Gunung Dempo

gap17__1_of_1__ma8.jpg
Pemandangan dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
(c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Lokasi dan Akses menuju Gunung Api Purba Nglanggeran  

Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi objek wisata tersebut sangat dekat dengan pemukiman warga. Selain itu, lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran berdampingan langsung dengan lokasi perkebunan dan persawahan. Teman Traveler yang hendak pergi ke Gunung Api Purba Nglanggeran bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi, seperti motor. mobil, dan bus pariwisata. 

Kondisi jalan menuju objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran pun cukup baik dan bermaterial aspal sehingga Teman Traveler tidak perlu khawatir kendaraannya mengalami kerusakan. Tips untuk menuju objek wisata tersebut adalah gunakan kendaraan yang bertenaga besar karena aksesnya yang terkadang menanjak sehingga membutuhkan tenaga kendaraan yang kuat. Gunung Api Purba Nglanggeran pun sudah dapat diakses melalui Google Maps sehingga Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat. 

Atraksi Wisata di Gunung Api Purba Nglanggeran 

Setelah membahas tentang lokasi dan akses menuju objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, pasti timbul pertanyaan terkait hal menarik di objek wisata tersebut. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

gap22__1_of_1__6DP.jpg
Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
(c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Atraksi wisata utama di objek wisata tersebut sudah pasti gunung api purbanya. Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki ketinggian kurang dari 1000 meter. Ketinggian gunung api purba tersebut sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Jalur pendakian yang mudah dan beranak tangga juga menjadi salah satu hal yang memudahkan pendaki untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.

2. Pemandangan Indah dari Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

gap18__1_of_1__uXJ.jpg
Pemandangan dari Gunung Api Purba Nglanggeran
(c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Salah satu hal yang sangat menarik dan menjadi alasan para pengunjung datang ke Gunung Api Purba Nglangegran ialah pemandangannya yang sangat indah dan memanjakan mata. Teman Traveler bisa melihat pemandangan Desa Nglanggeran sekaligus hamparan sawah yang membentuk suatu motif indah. Selain itu, dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Teman Traveler juga bisa melihat puncak lain dari gunung api tersebut. Udara yang sejuk dan suasana yang sangat tenang bisa membuat pengalaman kalian mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi lebih mengesankan. 

3. Relief Tiruan Peninggalan Zaman Purba

gap9__1_of_1__z4g.jpg
Relief Tiruan Zaman Purba (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
gap5__1_of_1__dAS.jpg
Relief Tiruan Zaman Purba (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
gap6__1_of_1__zcp.jpg
Relief Tiruan Zaman Purba (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
gap7__1_of_1__HXf.jpg
Relief Tiruan Zaman Purba (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
gap8__1_of_1__0kg.jpg
Relief Tiruan Zaman Purba (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Salah satu hal menarik di Gunung Api Purba Nglanggeran ialah adanya berbagai macam relief tiruan peninggalan zaman purba hingga hewan yang hidup pada zaman purba. Relief tersebut terpahat dengan rapi dan estetik di berbagai sudut batuan besar. Relief itu juga bisa menjadi salah satu spot foto bagi para teman traveler. Penasaran? Ayo datang ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

4. Camping Ground di Gunung Api Purba Nglanggeran

gap3__1_of_1__WwB.jpg
Camping Ground (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki camping ground yang cukup luas dan dapat disewa oleh Teman Traveler. Walaupun cukup dekat dengan pemukiman warga, suasana alami, tenang, dan sunyi masih sangat terasa di objek wisata ini. Bagi Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi berkemah di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran, segera datang ke sini.

Fasilitas di Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Setelah membahas berbagai atraksi wisata dan keindahan di Gunung Api Purba Nglanggeran, ada juga berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan Teman Traveler selama di objek wisata tersebut. Kira-kira ada fasilitas apa saja di Gunung Api Purba Nglanggeran ? Berikut ulasannya.

1. Tempat Parkir yang luas

gap1__1_of_1__Dhy.jpg
Tempat Parkir (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
ee_iif.jpg
Tempat Parkir (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Salah satu fasilitas penting sebuah objek wisata ialah tempat parkir. Fasilitas tempat parkir di objek wisata tersebut sangat luas. Selain itu, tempat parkir motor dan mobil pun terpisah sehingga Teman Traveler tidak perlu kesulitan untuk mengeluarkan kendaraan ketika kunjungan sangat ramai. Para petugas yang berjaga pun siap membantu Teman Traveler untuk parkir. 

2. Kamar mandi atau Toilet

gap23__1_of_1__57S.jpg
Kamar Mandi (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Salah satu fasilitas penting untuk menunjang kegiatan para teman traveler adalah toilet atau kamar mandi. Fasilitas tersebut tersedia di dekat tempat parkir dan kantor sekretariat. Lokasinya sangat strategis dan tidak perlu bingung untuk mencarinya. 

3. Papan Penunjuk Jalan atau Arah

gap13__1_of_1__f6m.jpg
Panah Penunjuk Arah (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Papan penunjuk jalan menjadi salah satu tuntunan atau petunjuk utama ketika mendaki gunung. Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran menyediakan fasilitas itu dan tersebar di berbagai titik. Fasilitas ini sangat membantu para Teman Traveler ketika mengalami kebingungan. Dengan adanya papan penunjuk jalan di berbagai titik, Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat.

4. Gazebo dan Tempat Duduk

gap15__1_of_1__gDx.jpg
Gazebo (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk
bb_qTO.jpg
Gazebo (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Ketika mendaki gunung, seorang pendaki pasti mengalami kelelahan. Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran memberikan fasilitas berupa gazebo yang dapat digunakan tanpa membayar sewa dan tempat duduk yang tersebar di berbagai titik. Apabila Teman Traveler mengalami kelelahan bisa sejenak beristirahat di gazebo yang disediakan sambil menikmati sejuknya udara di Gunung Api Purba Nglanggeran. 

5. Pemandu Wisata

Salah satu fasilitas berbayar di Objek Wisata Gunung Api Purba Nglangegran adalah pemandu wisata. Teman Traveler yang baru pertama kali mendaki atau datang ke objek wisata tersebut tetapi dipenuhi rasa ragu, Jangan khawatir! Para pemandu wisata siap mendampingin Teman Traveler untuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Para pemandu pun sudah dibekali kemampuan berbahasa asing.

Setelah membahas terkait akses, lokasi, atraksi, dan amenitasnya, pasti muncul pertanyaan, kira-kira berapa harga tiket masuk ke Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran? Berikut daftar harganya.

– Wisatawan Domestik (Siang)     : Rp15.000,00

– Wisatawan Domestik (Malam)   : Rp20.000,00

– Wisatawan Mancanegara (Siang) : Rp30.000,00

– Wisatawan Mancanegara (Malam) : Rp30.000,00

– Guide / Pemandu Wisata (Siang) : Rp70.000,00

– Guide / Pemandu Wisata (Malam) : Rp100.000,00

Penasaran menikmati keindahan pemandangan dan ingin merasakan berkemah di Kaki Gunung Api Purba Nglanggeran? Ayo berwisata di Gunung Api Purba Nglanggeran, Teman Traveler! Next

ramadan

Bukan di Jepang! Ini 4 Kedai Kopi Mungil di Indonesia

4 Museum Makanan di Dunia Terunik, Ada yang Bisa Langsung Makan