in

Selain Mall, Jakarta Punya 10 Tempat Ngabuburit yang Asyik!

Bagi warga Jakarta mungkin selama ini kebanyakan dari mereka memilih untuk ngabuburit ke mall selama bulan puasa. Selain bisa jalan-jalan sambil belanja mereka tidak perlu kepanasan karena berada di dalam ruangan ber-AC. Namun selain mall yang sudah menjadi tempat ngabuburit mainstream di ibukota Indonesia ini masih banyak pilihan tempat asyik untuk jalan-jalan sambil nunggu waktu berbuka.

Baca juga : Tips Mudik Naik Kendaraan Umum, Biar Aman Sampai Kampung Halaman

Walaupun dikenal sebagai kota yang padat dengan bangunan bertingkat namun Jakarta masih punya wajah hijau di beberapa sudut. Mulai dari Kawasan Kota Tua hingga Taman Kota inilah 10 tempat ngabuburit asyik a la warga Jakarta sambil menunggu waktu berbuka puasa.

1. Taman Ayodya, Jakarta Selatan

Pada bulan Ramadan seperti sekarang banyak warga Jakarta yang memilih untuk jalan-jalan ke taman kota di sore hari sambil nunggu adzan magrib. Tak heran jika jumlah kunjungan ke taman-taman kota di kota ini bisa meningkat hingga dua kali lipat di bulan puasa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BAnuIbTg7GB/?tagged=tamanayodia hidecaption=true width=640]

Salah satu taman kota yang mengalami peningkatan pengunjung saat puasa adalah Taman Ayodya di Jakarta Selatan. Taman yang dulunya adalah pusat penjualan bunga dan ikan hias ini sejak tahun 2009 disulap pemkot Jakarta menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman untuk rekreasi apalagi posisinya berada di tengah kota. Selain bersantai dan jogging ringan, traveler yang berkunjung bisa berburu takjil yang dijual banyak pedagang di sekitaran taman dengan berbagai macam pilihan rasa.

2. Kota Tua, Jakarta Barat

Kota Tua Jakarta adalah kawasan kecil yang juga disebut sebagai Batavia Tua. Terletak di kelurahan Pinangsia, kecamatan Tamansari, kotamadya Jakarta Barat, Kota Tua tidak pernah sepi dari traveler yang hobi dengan wisata sejarah dan fotografi.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BENvdi1Qz7d/?taken-by=wisatakotatua hidecaption=true width=640]

Salah satu kawasan yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah seputaran Museum Fatahillah. Nah, pada bulan puasa ini ada baiknya traveler ngabuburit ke sana. Di sana banyak kegiatan menarik untuk sejenak melupakan rasa lapar dan dahaga. Diantaranya adalah dengan hunting gambar bangunan-bangunan jadul hingga menyewa sepeda untuk berkeliling secuil wajah Jakarta tempoe doeloe.

3. Jakarta Fair 2016, Jakarta Pusat

Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta alias Jakarta Fair tahun 2016 ini. Pada tahun ini event pameran terbesar, terlama dan terlengkap di Asia Tenggara berlangsung selama Ramadan hingga Lebaran dimana periode waktunya akan berlangsung sejak tanggal 10 Juni hingga 17 Juli 2016.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGgidGAMyTV/?tagged=jakartafair2016 hidecaption=true width=640]

Tidak ada tempat yang lebih asyik untuk ngabuburit selama puasa selain mengunjungi Jakarta Fair yang kali ini digelar di Arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran yang awalnya hanya berupa pasar malam ini seiring berjalannya waktu berubah menjadi pameran modern yang menampilkan banyak sekali produk. Sampai-sampai saking lengkapnya traveler mau cari apa saja hampir bisa dipastikan bakal nemu di dalam pameran ini.

4. Pasar Santa, Jakarta Selatan

Jangan membayangkan pasar ini adalah pasar tradisional yang kumuh. Traveler bakal kaget saat tiba di pasar Santa, Jakarta Selatan. Pasalnya pengunjung tidak akan menemukan lapak-lapak kumuh pedagang yang terlihat hanya outlet modern yang menjual aneka produk kreatif anak-anak muda serta aneka kuliner yang menggugah selera.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGakfyeRcnx/?tagged=pasarsanta hidecaption=true width=640]

Walau konsepnya masih disebut pasar tradisional namun penataan dan pengelolaan pasar ini jauh dari kata tradisional. Pada saat-saat tertentu pengunjung Pasar Santa bakal dihibur dengan event-event menarik. Ngabuburit di Pasar Santa sekalian saja berbuka di sana dengan memesan aneka menu makanan dan minuman yang mengenyangkan dan menyegarkan.

5. Taman Epicentrum, Jakarta Selatan

Taman Epicentrum yang terletak di daerah Rasuna Said, Jakarta Selatan ini juga cocok buat dijadikan tujuan ngabuburit. Kegiatan yang dilakukan di taman ini tentu saja olahraga baik itu jalan-jalan keliling taman atau lari-lari kecil. Puasa bukan berarti kita harus stop olahraga bukan?

[instagram url=https://www.instagram.com/p/72PZimmmiW/?tagged=tamanepicentrum hidecaption=true width=640]

Taman Epicentrum memiliki jogging track yang tertata rapi dan nyaman untuk digunakan berolahraga. Apalagi di dekat taman ini ada fasilitas restoran yang menyediakan berbagai menu yang lezat. jadi tak perlu khawatir bakal telat berbuka, setelah mendengar adzan magrib langsung saja sekalian mampir ke restorannya.

6. Masjid Sunda Kepala, Jakarta Pusat

Buat traveler yang maunya ngabuburit sambil menambah pahala dan ilmu tentang agama Islam bisa memiliki masjid Sunda Kelapa sebagai tujuannya. Masjid ini terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat dan dibangun sekitar tahun 70-an. Traveler bisa mengikuti kajian yang diselenggarakan tiap sore.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGXI02YygCJ/?tagged=masjidsundakelapa hidecaption=true width=640]

Keuntungan lain traveler yang memilih ngabuburit di Masjid Sunda Kelapa adalah kesempatan untuk mendapatkan takjil dan berbuka puasa bersama jamaah lain secara gratis. Sebelum itu ada pula bazaar yang biasanya digelar di halaman masjid jadi traveler bisa pula berburu baju hingga aneka takjil segar untuk berbuka di rumah.

7. Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat

Masih ada satu pilihan tempat ngabuburit asyik di kawasan Menteng, Jakarta Pusat yaitu Taman Situ Lembang. Taman yang cantik ini dilengkapi dengan danau buatan berbentuk oval dengan kawasan sekitarnya yang asri dan bersih.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGY-h2jBzD1/?tagged=tamansitulembang hidecaption=true width=640]

Fasilitas yang ada di Taman Situ Lembang inipun tergolong cukup lengkap. Ada arena bermain anak, tempat duduk santai di pinggir danau, hingga kolam memancing juga tersedia. Nah, traveler tinggal pilih kegiatan yang sesuai dengan hobi, dijamin menunggu waktu berbuka tak akan terasa lama.

8. Pasar Benhil, Jakarta Pusat

Ngabuburit memang lebih asyik jika dilakukan di pusat kuliner. Meski resikonya bikin perut makin keroncongan namun setidaknya traveler bisa memilih hidangan yang sesuai selera untuk dibeli sebagai menu berbuka.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/4wnWT4SPtU/?tagged=pasarbenhil hidecaption=true width=640]

Kalau di Jakarta tempat yang pas untuk kegiatan hunting kuliner adalah pasar Benhil atau Pasar Bendungan Hilir. Pasar ini sudah sejak lama dikenal sebagai surganya perut warga DKI. Di bulan puasa ini sudah pasti pengunjungnya bakal berjubel. Aneka makanan, jajanan dan minuman khas nusantara lengkap tersaji di pasar ini.

9. Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Monumen Nasional adalah tempat yang jamak dijadikan lokasi rekreasi bukan hanya warga Jakarta namun juga pendatang. Walau terbilang mainstream namun ngabuburit di kawasan ini sudah menjadi seperti tradisi yang rasanya ada yang kurang jika tidak menyempatkan jalan-jalan ke sana selama Ramadan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFoG8U4yoUO/?tagged=monas hidecaption=true width=640]

Monumen Nasional alias Monas adalah bangunan yang ikonik sekaligus menjadi landmark populer dari kota Jakarta. Area yang sangat luas sangat cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi. Apalagi lokasi monumen ini berada di dekat pusat kota sehingga mudah untuk dijangkau.

10. Ancol, Jakarta Utara

Pantai di Jakarta memang tidak cukup menarik untuk digunakan rekreasi lantaran airnya yang tidak sejernih pantai-pantai di daerah lain. Kalau mau mendapatkan pantai yang keren musti menyeberang jauh ke kawasan Kepulauan Seribu. Tapi untuk sekedar ngabuburit bolehlah datang ke kawasan Pantai Ancol.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGitk3sAbDe/?tagged=ancol hidecaption=true width=640]

Bukan untuk bermain air pastinya, traveler yang datang ke pantai di kawasan Ancol ini bisa duduk-duduk santai di pinggir dermaga sambil memandangi laut yang tenang. Dari kawasan ini pula akan terlihat pemandangan perumahan mewah pinggir pantai yang jamak terlihat di kota-kota pesisir modern di luar negeri.

Selain 10 daftar di atas, tempat mana lagi yang menjadi favoritmu buat ngabuburit di Jakarta. Bagi yuk ceritamu ke traveler lain. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Traveling ke Jepang, Traveler Bisa Mencicipi Es Krim Emas!

Melirik 9 Potensi Wisata di Kabupaten Tulang Bawang