in , ,

Nikmatnya Sroto Sukaraja Banyumas, Siraman Kuah Soto Bumbu Kacang Yang Aduhai

Purwokerto merupakan sebuah kota yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyumas sebagai pusat pemerintahan. Pearkembangannya memang sangat signifikan, berkat dari banyaknya mahasiswa dari luar kota yang datang menimba ilmu menjadi salah satu penggerak perkembangan kota ini. Untuk sektor pariwisatanya pun sangat berdampak positif dan mulai mendapat perhatian dari pemerintah dan menjadi tujuan wisata yang banyak diminati.

Baca juga : Warung Pariboro Jogja, Coba Kuliner Khas Sambil Nikmati Hamparan Sawah

Soto Sukaraja yang khas akan kacangnya. Foto via indonesia.go.id

Ragam wisata bisa ditemukan di kota ini, mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata air. Dengan dijadikannya Purwokerto sebagai salah satu tujuan utama wisata, menjadikan keanekaragaman kuliner khas yang ada juga semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya soto sokaraja, dengan sebutan aslinya adalah sroto. Sroto adalah sebutan untuk Soto khas dari daerah Banyumas. Racikan sroto dari kecamatan Sokaraja Banyumas ini populer karena rasa gurihnya yang sangat nendang di lidah.

Sesuai dengan namanya, Sroto Sukaraja berasal dari ruas jalan Sokaraja yang bisa ditemukan di barat Purwokerto sekitar 16 kilometer dari pusat kota. Jadi saat kali berkunjung ke Purwokerto tak lengkap rasanya jika tak mampir untuk menikmati soto sukaraja ini. Seperti soto Kecik dan Soto Lama H. Murdi merupakan soto paling tua yang berjualan sejak 1970 – an.

Warung Sroto Sokaraja khas daerah Sukaraja Banyumas. Foto via travel.detik.com

Ciri khas sroto saroja memakai ketupat dan bumbu sambal kacang dalam campuran kuahnya. Selain itu menggunakan krupuk khusus dari bahan singkong dalam penyajiannya, yaitu “krupuk cantir”. Krupuk cantir ini biasanya berwarna merah atau putih. Selain warnanya yang unik, rasa dari krupuk cantir ini menambah kenikmatan. Kuah yang digunakan terbuat dari kaldu daging sapi sandung lamur yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga memberikan cita rasa yang khas. memang cenderung lebih bening dan berwarna kekuningan.

Kuah soto yang kuning menggairahkan lidah. Foto via cookpad.com

Makin nikmat menyantap sroto sambil ditemani mendoan (tempe goreng khas Purwokerto) dengan cocolan kecap atau petis dan dawet ayu (es cendol) khas Banjarnegara. Pada umumnya warung warung sroto di Sukaraja maupun sekitarnya juga menyediakan panganan khas setempat seperti gethuk goreng Sokaraja, kripik tempe, dan nopia. Bisa kamu jajal saat berkunjung ke Purwokerto. Next

ramadan

Pecel Pitik Banyuwangi, Urap Ayam Pedas Siap Memanjakan Lidah

Pesona Wisata Telaga Claket, Duplikat Ranukumbolo Versi Wonogiri