in ,

Sajian Favorit Ceker Ayam Dari Penjuru Dunia

ceker ayam
ceker ayam

Wisata kuliner memang tidak pernah pudar akan eksistensinya. Malahan menjadi salah satu incaran banyak pengunjung untuk menikmatinya. Salah satunya ceker ayam, olahan satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Nikmatnya memakan ceker ayam krispi hingga menggerogoti tulang menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Belum lagi rasa lezat bumbu dan saus yang melekat didaging kenyal ceker membuat lidah tak ingin berhenti mengunyah.

Baca juga : Temukan Kelezatan Hidangan Asia di The Goody Box Malang

ceker ayam
ceker ayam dengan bumbu yang terasa lezat. Foto via resep.semuawisata.com

Di nusantara, memang tak sedikit olahan ceker ayam yang beraneka ragam seperti sate ceker, ceker pedes, ceker krispi, dan lain sebagainya. Nah, penasaran kan dengan olahan ceker diberbagai belahan dunia. Yuk simak ulasan dibawah ini!

Ceker Ayam Khas Thailand, Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai

Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai adalah sebutan lain dari mie ayam kare hijau menjadi makanan favorit khas Thailand dengan cita rasa unggulan santan hijau, dipadukan dengan mie tepung beras yang lembut serta beberapa buah ceker ayam yang lezat dan gurih.

Khanom_chin_kaeng_kiao_wan_kai Olahan ceker ayam khas Thailand
Khanom chin kaeng kiao wan kai Olahan ceker ayam khas Thailand. Foto via wikipedia.com

Gurihnya ceker ayam membuat aroma mie santan hijau ini lebih nikmat. Melihat gambarnya saja sudah bikin nelen ludah apalagi menikmatinya langsung. Untuk kamu yang ingin lebih meriah ketika menyantap, cobalah untuk menambhakan toping kentang atau touge agar lebih mengenyangkan.

Ceker Ayam khas Korea Selatan, Dak Bal

Ceker Ayam khas Korea Selatan, Dak Bal dengan taburan wijen yang gurih dan lezat
Ceker Ayam khas Korea Selatan, Dak Bal dengan taburan wijen yang gurih dan lezat. Foto via idntimes.com

Coba acungkan tangan siapa nih penikmat masakan korea? Bagi kamu penyuka masakan korea mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar masakan DakBal, salah satu masakan olahan dari ceker ayam yang nikmat. Apalagi baluran saus gochujang yang mantap serta serbuk cabai membuat aroma lebih terasa pedas manis di mulut. Tampilan begitu menggoda ketika ceker ayam ini ditaburi dengan biji wijen membuat rasa semakin gurih dan nikmat.

Olahan Ceker Ayam Khas Jamaika, Chicken Foot Soup

Diberbagai belahan dunia manapun sup ayam menjadi hidangan paling sering ditemukan. Bahkan beberapa negara menjadikan satu masakan ini termasuk masakanan tradisional masyarakat disana. Di Jamaika, sup ayam disajikan dengan ceker ayam dan berbagai sayuran seperti wortel, kentang, jagung, labu dan sebagainya. Tak jauh dari olahan sup Indonesia ya!

Olahan Ceker Ayam Khas Jamaika, Chicken Foot Soup dengan tambahan sayuran sup yang segar
Olahan Ceker Ayam Khas Jamaika, Chicken Foot Soup dengan tambahan sayuran sup yang segar. Foto via blackpeoplesrecipes.com

Namun bagi kamu penyuka ceker ayam, mungkin sup ini menjadi referensi untuk makan siang mu. Disamping lezat, pastinya sangat menyehatkan!

Ceker Ayam khas Cina, Chicken Feet Dim Sum

Ceker Ayam khas Cina ini menjadi makanan primadona masyarakat Tiongkok. Bagaimana tidak, tektur tulang ceker ayam menjadi lunak dan lembut, kamu hanya perlu sekali kunyah membuat tulang ceker langsung hancur. Aroma bumbu yang sedap perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas menjadi menu ini banyak diburu.

Ceker Ayam khas Cina, Chicken Feet Dim Sum dengan lumeran bumbu cokelat yang mantap
Ceker Ayam khas Cina, Chicken Feet Dim Sum dengan lumeran bumbu cokelat yang mantap. Foto via cookpad.com

Proses memasaknya memang sangat panjang, dimulai dengan merebus ceker, kemudian digoreng. Setelah hangat mulai dibaluri dengan bumbu rempah dan saus hingga bumbu meresap sempurna kemudian dikukus. Proses panjang ini membuat tulang ceker menjadi lembut dengan sendirinya seperti di presto.

Ceker Ayam Khas Filipina, Chicken Feet Adobo

Rebusan ceker ayam ini menggunakan campuran cuka, kecap, bumbu rempah dan berbagai bumbu tambahan membuat aroma dan cita rasa ceker menjadi sangat lezat. Cara merebus ceker ayam ini hingga air rebusan mengental dan menjadi kering. Proses inilah yang membuat ceker ayam menjadi lembut hingga ketulang belulangnya. Jadi kamu cukup sekali kunyah, tulang akan hancur dengan sendirinya.

Ceker Ayam Khas Filipina, Chicken Feet Adobo dengan warna kecoklatan yang nikmat
Ceker Ayam Khas Filipina, Chicken Feet Adobo dengan warna kecoklatan yang nikmat. Foto via idntimes.com

Soal rasa jangan diragukan, bumbu akan meresap sempurna hingga ketulang ceker dan pastinya membuat lidahmu ingin terus mengunyahnya.

Ceker Ayam Khas Afrika Selatan, Walkie Talkies

Tak disangka, Walkie Talkies sebutan jajanan kaki lima terbuat dari olahan ceker ayam khas Afrika Selatan yang paling diburu banyak pengunjung. Sajian ceker ayam ini biasanya bersamaan dengan bubur ayam. Namun banyak diantara mereka yang membelinya cukup ceker ayamnya saja.

Ceker Ayam Khas Afrika Selatan, Walkie Talkies dengan rasa krispi yang gurih dan nikmat
Ceker Ayam Khas Afrika Selatan, Walkie Talkies dengan rasa krispi yang gurih dan nikmat. Foto via haibunda.com

Kelezatannya memang tidak perlu kamu ragukan lagi. lumuran bumbu khas yang dibakar hingga bewarna keemasan membuat lidah seakan akan ingin segera mencicipinya.

Ceker Ayam dari Trinidad Tobago, Chicken Foot Souse

Ceker Ayam dari Trinidad Tobago, Chicken Foot Souse dengan rasa yang menyegarkan
Ceker Ayam dari Trinidad Tobago, Chicken Foot Souse dengan rasa yang menyegarkan. Foto via briliofood.com

Ceker Ayam khas Tobago ini memiliki aroma dan cita rasa yang sungguh menyegarkan. Bagaimana tidak, olahan kuah ceker ayam ini dari air lemon. Sebelum dimasak, ceker ayam ini di rendam dengan air lemon. Kemudian direbus hingga tulang ceker terlihat lembut kemudian didinginkan dan direndam di wadah yang berisikan mentimun, dan berbagai bumbu serta ditambah dengan perasan lemon. Rasanya sudah kebayang antara asam, manis dan pedas. Next

ramadan

4 Kejadian Viral di Bromo, Bikin Se-Indonesia Marah

Mengenal De Hogeweyk di Belanda, Diciptakan Khusus Untuk Orang yang Sudah Pikun