in

Ölüdeniz, Pantai dengan Air Paling Biru Sedunia

paragliding [image source]

Dijuluki sebagai laguna biru karena memang pantas kiranya objek wisata Turki ini mendapatkan penyematan nama tersebut. Destinasi wisata luar negeri dengan Lautnya yang sangat biru. Melihat pantai berpasir dan kerikil kecil menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjungnya.  Lantas, selain bermain atau berenang di pinggiran pantainya, apa saja yang dapat kamu lakukan di pantai yang terletak di dekat 2 desa yang bernama Ovacik dan Hisarönü tersebut?

Baca juga : Destinasi Tersembunyi di Selandia Baru, Api Abadi

1. Paragliding di Gunung Babadag

paragliding [image source]
Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, kamu akan sampai di dekat puncak Gunung Babadag. Gunung satu ini sering digunakan oleh para wisatawan untuk melakukan paragliding. Berada di ketinggian sekitar 1.900 dpl, kamu akan melihat keindahan alam Ölüdeniz dari atas.

Paragliding [image source]
Perpaduan antara birunya lautan Ölüdeniz yang memiliki gradasi sempurna dengan warna hijau lembayung serta putihnya pasir pantai ditambah dengan hijau pepohonan pinus yang berdiri di pinggiran pantai, kamu seakan sedang melihat potongan kecil dari surga yang jatuh ke bumi.

2. Bersantap malam di Zirve Restaurant

Zirve Cafe [image source]
Selain melakukan paradigling dari atas Gunung Babadag, kamu juga dapat bersantap di sebuah restoran yang bernama Zirve Restaurant. Disarankan untuk pergi ke restoran satu ini ketika malam hari atau saat waktu makan malam, karena selain dapat menikmati city view dengan gemerlap cahaya, kamu bisa bersantap malam di bawah sinar bulan dan taburan bintang. Sungguh romantis.

Zirve Cafe [image source]
Untuk menuju ke Zine Restaurant, kamu tidak perlu bersusah payah mendaki karena sudah ada track beraspal dan minibus yang siap mengantarkan kamu ke sana. Pastinya, jangan sampai lupa membawa kamera, ya.

3. Mengunjungi Butterfly Valley

Butterfly Valley [image source]
Sekitar beberapa kilometer dari Ölüdeniz, ada sebuah desa yang bernama Faralya atau juga dikenal dengan nama Uzunyurt. Di dekat desa ini ada sebuah surga kupu-kupu yang dinamakan Butterfly Valley. Ada sekitar 80 spesies kupu-kupu, termasuk Jersey Tiger yang mendiami daerah tersebut.

Mengunjungi Butterfly Valley
Mengunjungi Butterfly Valley [via turkeytour.net]
Ada 2 cara untuk dapat mengunjungi Butterfly Valley ini, yaitu dengan menggunakan kapal boat dari Ölüdeniz atau juga berjalan kaki melintasi alam liar dan gunung karang di sekitarnya. Jika kamu memilih untuk berjalan kaki, maka disarankan untuk menggunakan sepatu pendaki yang kuat dan tidak licin, serta tentu saja stamina yang kuat, karena perjalanannya akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam, tergantung seberapa cepat kamu melangkahkan kaki.

4. Scuba diving di perairan Ölüdeniz

diving [image source]
Sah-sah saja jika kamu hanya menghabiskan waktu untuk bersantai sembari menikmati pemandangan alam di pinggiran pantai Ölüdeniz, akan tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba menikmati keindahan bawah lautnya.

Scuba diving di perairan Ölüdeniz
Scuba diving di perairan Ölüdeniz [via halcyondaysvilla.com]
kamu dapat menyewa peralatan diving atau hanya snorkeling saja untuk dapat melihat-lihat keindahan bawah air di Ölüdeniz. Banyak pengunjung di tempat ini yang menyempatkan waktu mengambil kursus singkat agar dapat menikmati pesona bawah laut Ölüdeniz.

5. Mengunjungi Kayakoy, Kota Hantu

Kota Hantu [image source]
Jika puas dengan birunya laut Ölüdeniz, kamu juga dapat berjalan-jalan mengunjungi sebuah tempat yang dikenal dengan nama Kayakoy. Tempat yang dijuluki Ghost Town atau kota hantu tersebut dapat diakses secara mudah melalui Hisarönü.

Mengunjungi Kayakoy, Kota Hantu
Mengunjungi Kayakoy, Kota Hantu [via turkishtravelblog.com]
Di tempat ini, kamu akan menjumpai ratusan rumah tak berpenghuni dengan gaya aksitektur kuno. Menurut cerita, Kayakoy adalah sebuah kota yang dihuni oleh orang Yunani pada tahun 1920-an dan mereka meninggalkannya begitu saja karena suatu sebab. Kini Kayakoy dijadikan salah satu obyek wisata terkenal di Ölüdeniz.

6. Uji ketahanan tubuh melalui Lycian Way

Mendaki [image source]
Lycian Way atau yang dalam Bahasa Turki disebut Likya Yolu merupakan jalan untuk tracking sepanjang 509 kilometer yang terus menanjak. Track ini menghubungkan antara Fethiye di barat dengan Pantai Mula di timur.

Uji ketahanan tubuh melalui Lycian Way
Uji ketahanan tubuh melalui Lycian Way [via 4reasonhotel.com]
Walaupun telah disediakan minibus yang dikenal dengan nama Dolmus, akan tetapi jika kamu ingin menguji ketahanan tubuh dengan berlari atau berjalan kaki melalui Lycian Way, maka ketika sampai ‘garis finish,’ kamu  disuguhi  keindahan Ölüdeniz dan sekitarnya secara menyeluruh dari ketinggian. Hal tersebut semakin menarik hati karena di ujung Lycian Way, kamu akan dijauhkan dari keramaian dan modernisasi, karena hanya ada beberapa tempat penginapan yang didirikan di antara hutan palem yang merimbun.

7. Mampir ke Luna Park Bersama Keluarga

Luna Park [image source]
Luna Park adalah tempat penuh dengan wahana yang akan membuat harimu bersama keluarga lebih menyenangkan. Ada banyak sekali permainan seru yang cucuk untuk segala usia, kamu yang usianya kepala 3 atau 4, tidak usah malu untuk masuk.

Luna Park [image source]
Untuk menuju Ölüdeniz, ada beberapa alternatif yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan perjalanan darat menggunakan bus dari Fethiye, menggunakan kapal laut atau dari Dalaman Airport, Antalya Airport, Bodrum Airport atau Izmir Airport jika naik pesawat. Next

ramadan

Written by andi

andi

11 Tempat Wisata di Kabupaten Lombok Utara untuk Liburan yang Berwarna

5 Pantai di Pulau Jawa yang Dikaitkan dengan Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul