in , ,

Mengenal Pagar Dingo, Panjangnya Kalahkan Jarak Sabang ke Merauke

Kebayang Nggak? Ada Pagar yang Lebih Panjang dari Jarak Sabang hingga Merauke?

Setiap negara pasti memiliki keunikan tersendiri, begitu pula dengan Australia. Negeri Kanguru tersebut memiliki sebuah pagar yang mencuri perhatian karena panjangnya saja lebih dari jarak dari Sabang ke Merauke, dua kota yang berada di ujung Kepulauan Indonesia. Lalu, apa sih alasan pembuatan pagar terpanjang di dunia tersebut? Simak ulasan menariknya berikut ini!

Baca juga : Es Krim Durian McD Hadir di Singapura, Indonesia Kapan?

Arti Dibalik Nama

Pagar Dingo via Instagram @dorihiggins

Selain merupakan sebuah nama dari pagar yang terbentang dari Jimbour, Darling Downs di Queensland hingga Nullabor Plain, Australia Selatan, Dingo ternyata sejenis anjing liar asli Australia yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Fosil dingo tertua bahkan berumur 3500 tahun sehingga diperkirakan bahwa anjing liar ini sudah ada di Negeri Kanguru sejak 4600 hingga 18.300 tahun yang lalu.

Dibuat Ratusan Tahun Lalu

Pagar Dino Pernah Diperbaiki via Instagram @predatortrappingaustralia

Pada tahun 1800-an, pagar ini dubuat pemerintah dengan tujuan meminimalisir penyebaran wabah kelinci. Namun pagar ini rusak kemudian diperbaiki kembali tepatnya pada tahun 1900-an dan beralih fungsi menjadi pelindung kawasan domba dari serangan dingo karena memang jumlah domba di Australia dua kali lebih banyak daripada manusia namun jumlah kanguru, 1,5 kali lebih banyak dari domba, jadi tidak heran jika Australia mendapat julukan Negeri Kanguru. Next

ramadan

Kawah Kesongo Meletus, Hampir Mirip Kejadian Lumpur Lapindo

Puncak Gagoan, Tebing Keraton ala Sumatera Barat yang Menawan