in ,

Empat Pantai Unik dengan Pesisir yang Bercahaya

Fenomena Pantai dengan Air yang Bercahaya

Banyak fenomena indah yang dapat ditemukan di muka bumi. Alam memang selalu memiliki cara untuk memukau penghuninya. Salah satunya adalah fenomena air laut yang bercahaya dan menyala di malam hari. Hal ini disebabkan oleh bioluminescence, yaitu hewan yang dapat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya. Empat pantai dengan air yang bercahaya ini adalah contohnya.

Baca juga : Kelakuan Konyol Turis Saat Liburan, Ada yang Pura-Pura Mati!

1. Teluk Toyama, Jepang

Fenomena ini dapat ditemukan mulai bulan Maret hingga Mei via instagram/visitjapanau

Teluk Toyama di Jepang adalah salah satu pantai yang memiliki air bercahaya. Fenomena ini dapat ditemukan mulai bulan Maret hingga Mei. Bahkan terdapat paket wisata yang mengantar pengunjung ke tempat ini. Cahaya yang keluar di perairan pantai ini berasal dari firefly squid yang berukuran 3 inchi.

2. Pulau Mudhdhoo, Maldives

Disebabkan oleh biota bernama crustacean via instagram/holidayguru.ie

Di sekitar Maldives terdapat beberapa pantai yang memiliki fenomena serupa. Salah satunya dapat ditemukan di Pulau Mudhdhoo. Ombak yang bercahaya di pantai ini disebabkan oleh biota bernama crustacean yang berukuran kecil. Selain Pulau Modhdhoo, fenomena ini dapat ditemukan di Pulau Reethi dan Kuredo.

3. Kepulauan Matsu, Taiwan

Fenomena ini juga dapat ditemukan di Kepulauan Matsu, Taiwan via instagram/ronnyrose

Fenomena air yang bercahaya di Kepulauan Matsu sering disebut dengan “Blue Tears“. Karena di perairan tempat ini airnya mengeluarkan cahaya berwarna biru. Fenomena ini disebabkan oleh jenis rumput laut yang bernama noctiluca scintillans yang mengeluarkan cahaya saat terganggu.

4. Koh Rong, Kamboja

Plankton yang mengeluarkan warna membuat air seolah-olah bercahaya via livingnomads.com

Di Kamboja, Pulau Koh Rong merupakan pulau dengan ukuran terbesar kedua. Pulau ini memiliki air laut yang jernih serta pasir putih yang terhampar luas. Fenomena air yang bercahaya ini disebabkan oleh bioluminescent phytoplankton yang hidup di perairan Pulau Koh Rong.

Pada empat lokasi tersebut kamu dapat menemukan fenomena air yang mengeluarkan cahaya. Kejadian alam seperti ini tidak hanya dapat ditemukan di perairan saja, lho. Di Selandia Baru, juga terdapat Gua Waitomo yang bercahaya karena spesies cacing bernama arachnocampa luminosa. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi? Next

ramadan
Sayur kenikir, Via Instagram sitifairuzz

Ragam Sayuran dengan Rasa Pahit Tapi Malah Jadi Favorit

Musim Dingin di Indonesia, Empat Wahana Es ini Bisa Kamu Coba