in , , , ,

Pantai Karang Bolong Kebumen, Pesona Goa Tepi Pantai Yang Menawan

Nyiur hijau berjejer rapih di Pantai Karang Bolong. Foto via detiktravel.com

Kabupaten Kebumen memang kaya akan wisata pantainya dibanding dengan wisata ketinggian. Sepanjang pesisir selatan Kebumen tersimpan keindahan pantai yang tak kalah dengan pantai di daerah Bali. Pantai – pantai tersebut menjadi incaran banyak wisatawan dan menjadi idaman para penikmat pantai. Salah satunya adalah pantai Karang Bolong, dan pantai ini sudah menjadi popularitas dimata masyarakat Jawa Tengah, terutama daerah Kebumen.

Baca juga : Pohon Inn, Hotel Pohon Raksasa Bernuansa Hutan

Biasanya pantai terkesan dengan hawa dan suasana panas menyengat, kali ini Karang Bolong yang rimbun akan hijau hijauhan pepohonan hingga nyiur yang tumbuh dengan rapih memberi kesan artistik disepanjang garis pantai. Di area pantai ini pun juga terdapat sebuah goa lho Sobat, namanya juga Goa Karang Bolong, dan sering dijadikan lokasi tempat tinggalnya burung walet membuat sarangnya.

Goa unik di Pantai Karang Bolong Kebumen. Foto via jejakpiknik.com

Goa Karang Bolong ini berada disebelah timur pantai. Saat memasuki gua, pengunjung akan dibawa ke sebuah lorong yang cukup panjang dengan lapisan breksi lahar yang berumur sekitar 15 sampai 30 juta tahun yang lalu, membentuk suatu gua yang unik dan indah. Panjang gua ini mencapai 30 meter dengan lebar 10 meter dan tingginya 5 meter. Gua ini terbentuk dari peruntuhan breksi yang dipengaruhi oleh batu pasir atau batu lempung. Karena terbuat dari lempung bukan dari batu maka gua ini tidak memiliki ornamen.

Pantai yang letaknya tepat di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen ini memiliki pasir hitam campuran, ada yang halus dan kasar. Walaupun begitu, pasir yang ada dipantai ini cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Dengan batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan sedimen klasik membuat keindahan yang ada semakin terkuak dan menawan.

sunset indah di Pantai Karang Bolong. Foto via superadventure.co.id

Banyak jalan munuju Pantai Karang Bolong, biasanya paling sering dilalui adalah jalur Daendles, baik yang berasal dari Yogjakarta atau dari Purworejo bisa melewati jalan ini. Saat melewati jembatan besar akan bertemu pertigaan ambillah arah kiri ke Alun-alun Karang Bolong. Lurus saja hingga menemukan pertigaan lagi dan ambil kanan ikuti arah yang ada. Next

ramadan
fi tradisi cupu panjala

Tradisi Cupu Panjala di Gunungkidul, Perkiraan Kejadian Pada Tahun Depan

Mahaloka Paradise, Tempat Nongkrong Tengah Sawah yang Kekinian di Kulon Progo