in , , , , ,

Mengintip Keindahan Pantai Lakban Minahasa Yang Mengagumkan

Ketika berkunjung ke Manado, salah satu yang jadi destinasi unggulannya adalah Bunaken. Bunaken dikenal dunia sebagai salah satu spot diving favorit di Indonesia. Salah satu keunggulan Bunaken karena memiliki underwater great walls yang merupakan taman laut vertikal dengan keanekaragaman 91 jenis biota laut. Keindahan laut ini sangat menghipnotis tiap pengunjung, baik domestik maupun mancanegara. Namun jangan salah sangka dulu, tak hanya Bunaken yang menjadi pioner pantai Sulawesi Utara ini. Satu keindahan pantai yang direkomendasikan untuk didatangi adalah Pantai Lakban.

Baca juga : Rainbow Garden Gowa di Sulawesi Selatan, Taman Bunga Indah yang Instagramable

Pantai Lakban dari atas bukit yang indah. Foto via celebes.com

Pantai ini erletak di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara. Perjalanan dari Kota Manado dapat ditempuh sekitar tiga jam dengan berkendara. Kecamatan Ratatotok pernah sangat terkenal. Kota ini seketika terkenal karena adanya pencemaran Teluk Buyat oleh perusahaan pertambangan. Pantai Lakban berada di sebuah teluk dengan gugusan pulau yang memanjang.

Pantai indah Lakban di Ratatotok. Foto via hondacommunity.ne

tBersebelahan dengan Bukit Harapan, Pulau Dakokay dan Pulau Putusputus. Oleh karena itu arus air pantai terkesan tenang dan sangat cocok untuk mandi dan bermain air laut. Ombak yang tak besar namun landainya pasir pesisir membuat ombak tetap menghampiri kaki sejauh dari garis pantai. Selain itu saat pengunjung masuk ke gerbang pantai, wisatawan akan disambut dengan sebuah mesin uap kuno bekas peninggalan penjajahan Belanda. Pada prasasti disebutkan mesin ini bekas mesin penumpuk bijih besi.

Ada sejenis tempat teater untuk pertunjukan bagi warga Ratatotok. Foto via blog.reservasi.com

Dari arah berlawanan saat keluar dari pantai Lakban pengunjung akan berhadapan langsung dengan bukit harapan. Dipuncak bukit tersebut terdapat dua simbol agama yang melambangkan toleransi dan kerukunan beragama di Minahasa Tenggara. Dan terdapat tower pemancar sinyal, saat berada didekat tower tersebut akan mendapatkan sinyal yang maksimal. Maklum di area terpencil seperti Pantai Lakban ini, sinyal merupakan hal yang paling dicari dan dibutuhkan pada zaman ini.

Hamparan pohon pisang yang berjejer di tepi pantai Lakban. foto via hendrawardhana.com

Ratatotok dikenal juga dengan pertambangan Emas, Perak & Bijih Besi. Di sepanjang pesisir pantai tersedia pondokan kecil yang menghadap langsung ke pantai, suasana santai dilengkapi juga dengan memesan kelapa muda dan pisang goreng khas yang dicocol dengan sambal khas Ratatotok. Barisan pohon kelapa yang tumbuh rapi menambah keasrian pantai Lakban. Di sisi kanan Pantai Lakban terdapat Bukit Harapan, merupakan sebuah bukit tempat wisatawan dapat menikmati spot sunrise yang indah. Next

ramadan

Danau Rana, Serpihan Surga di Tengah Pedalaman Pulau Buru

Kesegaran Kolam Renang Pesona Alam Tirta Klaten, Sensasi Berenang di Tengah Hamparan Sawah Ala Resort