in , , , ,

Pasar Tradisional Bedugul, Tujuan Wisata Belanja Kawasan Danau Beratan

Pasar Tradisional Candi Kuning Kebun Raya Bedugul
Pasar Tradisional Candi Kuning Kebun Raya Bedugul

Bedugul merupakan kawasan wisata Bali bagian tengah. Kawasan ini berada di daerah pegunungan tepat dikaki gunung Bratan area pegunungan Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Bedugul memiliki wisata populer yaitu Danau Beratan dengan salah satu pura fenomenal yaitu Pura Ulun Bedugul. Disisi lain, ada beberapa kawasan publik yang selalu dipadati pengunjung setelah menikmati pura tepi danau adalah Pasar Tradisional Bedugul.

Baca juga : From North to South, Belitung is a Majestic Island

Pasar Tradisional Candi Kuning Kebun Raya Bedugul
Pasar Tradisional Candi Kuning Kebun Raya Bedugul. Foto via tourismrankindonesia.com

Pasar ini menjadi tujuan favorit para traveler untuk berbelanja oleh-oleh khas Bali. Warga Bedugul biasa menyebutnya dengan Pasar Candi Gunung Bedugul karena berada dikaki pegunungan Bedugul. Lokasinya sangat strategis, berada ditepi jalan raya Denpasar – Singaraja dimana para traveler lokal maupun mancanegara dengan mudah singgah di pasar tersebut.

Berbagai sayuran dan buah-buahan dibeberkan dan terlihat benar-benar segar karena langsung disupali dari petani-petani kawasan pegunungan Bedugul. Banyak pengunjung yang merasa kegirangan dan lebih menikmati ketika berada di pasar ini lantaran suasana yang tidak membosankan dengan udara yang sejuk membuat kondisi pengunjung lebih segar dan nyaman. Aneka ragam jenis pilihan oleh-oleh di pasar Tradisional Bedugul ini memiliki harga yang terjangkau, pastinya kamu akan tertarik untuk membelinya.

Daya Wisatawan Lebih Antusias

1.Tertatanya Kondisi Pasar dan Terlihat Bersih, Rapi dan Unik

Bersih dan rapihnya pasar tradisional Bedugul terlihat dari tatanan dagangan yang sangat serasi
Bersih dan rapihnya pasar tradisional Bedugul terlihat dari tatanan dagangan yang sangat serasi. Foto via baligetaway.com

Pasar Tradisional Bedugul membuat banyak wisatawan makin tertarik dan lebih terasa menikmati lantaran keadaan pasar sangat tertata rapih. Beberapa peletakan barang dagangan sangat teratur dengan pemilahan berdasarkan warna yang serasi menjadikan pandangan tampak cantik. Meski begitu luas namun sangat lengkap untuk kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas Bali seperti cendera mata, kain khas Bali, dan camilan asli Bali.

2. Harga yang Ditawarkan Sangat Terjangkau

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa harga jual berbagai barang dan oleh-oleh khas Bali ditempat wisata itu sangat tinggi. Namun jangan salah dulu, Belanja di Pasar Tradisional Bedugul ini nyatanya memiliki harga yang cukup terjangkau. Bahkan kamu bisa menwarnya dengan harga yang lebih murah. Makin jago kamu menawar, pastinya bakal mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Salah satu kios penjual barang unik khas Bali
Salah satu kios penjual barang unik khas Bali. Foto via reddoorz.com

Sudah saatnya kamu belajar untuk menawar harga agar dapat keungtungan yang lebih besar lagi. Tapi, tawarlah dengan harga yang sewajarnya ya!

3. Alamat dan Akses Ke Pasar Tradisional Bedugul

Lokasi pasar ini sangat dekat dengan pintu gerbang masuk ke Kebun Raya. Lokasi pasar juga sangat dekat dengan berbagai macam wisata vital Bedugul. Kamu dapat mencapainya cukup berjalan kaki dari beberapa lokasi wisata seperti Kebun Raya Bedugul, B’ Duur Camping Bedugul, Pura Ulun Danu Bedugul, Pulau Dedari, serta puluhan villa dan resort di kawasan Bedugul.

Pura Ulun Watu Bedugul menjadi destinasi populer kawasan Bedugul Tabanan Bali
Pura Ulun Watu Bedugul menjadi destinasi populer kawasan Bedugul Tabanan Bali. Foto via tiketwahana.co.id

Akses jalanan pun sangat lebar dan beraspal mulus karena tepat dijalur utama Denpasar – Singaraja. Siapa saja bakal mudah berbelok ke area parkir pasar Tradisional Bedugul. Namun tetap berhati hati karena kontur jalanan naik turun karena berada dijalur pegunungan. Urusan pemandangan, jangan ditanya lagi, pasti membuatmu terpana menyaksikan keindahan alam pegunungan Bedugul.

4. Jam Operasional Pasar Tradisional Bedugul

Kios bunga hias yang tertata rapi sehingga pengunjung tampal seperti berwisata
Kios bunga hias yang tertata rapi sehingga pengunjung tampal seperti berwisata. Foto via youtube.com

Pasar ini ternyata memiliki jam operasional hanya buka dari jam 06.00 WITA dan tutup pada pukul 18.00 WITA. Namun tidak ada hari libur, hanya libur ketika malam perayaan Nyepi. Selama kamu berada di halaman Pasar Tradisional Bedugul, kamu akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 20.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Dan untuk kendaraan besar seperti Bus dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000.

5. Fasilitas dan Sarana Pasar Tradisional Bedugul yang Lengkap

Pasar Tradisional Bedugul memiliki fasilitas pengunjung yang cukup lengkap, mulai dari lahan parkir yang luas, toilet mushola, kios yang bersih. Uniknya Pasar ini memiliki pemondokan untuk kamu yang ingin menginap di lingkungan pasar.

Menjadi spot keren untuk selfie dan berfoto dengan latar belakang kioas yang penuh dagangan khas Bali
Menjadi spot keren untuk selfie dan berfoto dengan latar belakang kioas yang penuh dagangan khas Bali. Foto via reservasiku.com

Sisi lain, didepan pasar juga tersedia beberapa restoran dengan view pegunungan dan danau yang indah, serta banyak kawasan resort dan hotel berbintang. Urusan kuliner, sekitaran pasar juga terdapat pegangan kaki lima yang berjejer menjajakan berbagai macam jenis cemilan dan makanan khas Bali.

Apa Yang Bisa Kamu Dapatkan di Pasar Tradisional Bedugul?

1. Berburu Oleh-Oleh

Rasanya tidak lengkap ketika berpergian tanpa membeli oleh-oleh. Apalagi yang kamu datangi adalah pulau Bali. Dengan ribuan pilihan cindera mata serta bauh tangan lainnya bakal menjadikan rasa greget untuk membelikan sodara dan kerabat dirumah. Jadi tunggu apa lagi, pilihlah berbagai barang dan camilan khas Bali sesuai kebutuhan mu ya!

2. Berselfie Dengan Latar Belakang Barang Dagangan yang Unik

Berbagai penginapan dengan view pegunungan dan Danau Bratan yang indah
Berbagai penginapan dengan view pegunungan dan Danau Bratan yang indah. Foto via booking.com

Meski ini adalah pasar atau tempat pembelanjaan namun jangan salah, siapapun akan terasa seperti berwisata lantaran pasar Tradisional Bedugul memiliki vibes yang khas dengan gaya Bali yang sangat tradisional. Apalagi tatanan yang rapih sehingga banyak traveler lebih menikmati.

Tak sedikit diantara mereka mulai mengeluarkan kamera handphone dan memvideo untuk bahan konten youtube. Apalagi para pedagang yang sangat ramah, menjadikan banyak pengunjung terasa menyenangkan.

3. Berkeliling Pasar

Uniknya penjual canang dengan warna warni bunga nan cantik
Uniknya penjual canang dengan warna warni bunga nan cantik. Foto via coconuts.com

Meski kamu tidak membeli apapun, namun jangan khawatir. Berkeliling kios kios pasar sudah sangat terasa menyenagkan. Karena kamu akan disuguhkan berbagai manik-manik dan pernak pernik khas Bali yang sangat cantik. Terlebih pada penjual aneka ragam bunga, dan penjual bahan sesaji untuk keperluan ritual warga yang beragama Hindu. Next

ramadan
Sejenak Coffee House Malang

Sejenak Coffee House, Cafe di Malang dengan Spot Instagramable di Tiap Sudutnya

Pulau Kotok menjadi salah satu pulau konservasi di area kepulauan seribu

Eksotisnya Pulau Kotok, Sekaligus Tempat Konservasi Elang Bondol, Spesies Terancam Punah