in

4 Pasar Tradisional di Seoul yang Serunya Tiada Dua

Di tengah suburnya peradaban modern, Seoul ternyata juga melestarikan berbagai tempat wisata yang berusia ratusan tahun. Salah satu yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah pasar tradisional. Berbeda dengan pusat perbelanjaan modern, pasar tradisional justru menawarkan keseruan yang tidak bisa ditandingi oleh pusat perbelanjaan lainnya.

Baca juga : Seram, Amerika Punya Air Terjun Api yang Menjilat-jilat

Di pasar tradisional, pengunjung bisa merasakan bagaimana serunya ‘tersesat’ di lorong-lorong yang sibuk, sekaligus menikmati sengitnya tawar-menawar harga demi mendapatkan barang buruan semurah mungkin. Berikut adalah daftar pasar tradisional yang bisa menjadi rujukan berwisata di ibukota Korea Selatan:

Pasar Namdaemun

Sebagaimana umumnya pasar tradisional, Pasar Namdaemun banyak menawarkan barang kebutuhan sehari-hari, seperti mangkok dan peralatan makan. Tapi kalau ditelisik lebih lanjut, pasar Namdaemun juga menyuguhkan beragam pernak-pernik unik, seperti kaos kaki khas Gangnam dan bantal khas Korea.

Pasar Namdaemun
Pasar Namdaemun [Image Source]
Meskipun banyak barang yang bisa diburu di Pasar Namdaemun, satu spot yang paling diminati wisatawan adalah tempat kulinernya. Di sini, pengunjung bisa menikmati dua hidangan unggulan khas Namdaemun, yakni mackrel broiled in red pepper sauce dan knife cut noodles. Konon, katanya ada juga sekelompok nenek di tengah pasar yang siap memberikan penawaran terbaik bagi pengunjungnya.

Pasar Gwangjang

Pasar Gwangjang adalah pusat kain dan tekstil yang berusia lebih dari seratus tahun. Dengan predikat tersebut, tentu komoditas utama yang ditawarkan Pasar Gwangjang adalah hanbok atau pakaian tradisional masyarakat Korea. Lebih istimewa karena Anda bisa membelinya langsung dari para anjumma.

Pasar Gwangjang
Pasar Gwangjang [Image Source]
Tapi tunggu dulu! Selain kain dan tekstil, Pasar Gwangjang ternyata juga beken dengan sajian kulinernya. Pada musim dingin, banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini demi mengudap mungbean pancakes, lengkap dengan sebotol soju maupun makkeoli. Yummy!

Pasar Ikan Noryangjin

Buka sejak subuh sampai tengah malam, Norayngjin adalah pasar yang selalu menghadirkan berbagai ikan segar.  Bukan hanya itu, Pasar Noryangjin juga menyediakan beragam monster laut, seperti gurita, kerang, dan timun laut.

Pasar Ikan Noryangjin
Pasar Ikan Noryangjin [Image Source]

Bagi Anda yang gemar berburu kuliner ekstrem, maka monster-monster tersebut di atas bisa Anda nikmati di pasar ini. Lebih ekstrem lagi karena Anda bisa menyantapnya dalam keadaan mentah. Caranya mudah saja, Anda tinggal membawanya ke restoran di sebelah pasar, dan sepuluh menit kemudian… voila! Monster laut Anda siap dinikmati.

Pasar Dongdaemun

Bukan rahasia kalau Seoul telah menjadi salah satu kiblat fashion dunia. Dan salah satu tempat yang bisa memenuhi kebutuhan fashion Korea dengan harga super murah adalah Pasar Dongdaemun. Selain murah, Pasar Dongdaemun juga memiliki koleksi fashion yang unik dan terkini, mulai dari topi sampai sepatu.

Pasar Dongdaemun
Pasar Dongdaemun [Image Source]
Bukan hanya urusan fashion, pasar yang buka dari malam sampai pagi ini juga memanjakan pengunjungnya dengan berbagai jajan jalanan khas Korea (Korean street food). Setelah lelah berbelanja, pengunjung bisa bersantai sejenak di pojangmacha atau bar tenda.

Meskipun pasar tradisional di Seoul bersaling kelindan dengan Mall Gigantik dan pusat perbelanjaan modern lainnya, tapi bisa dipastikan Anda akan merasakan keseruan yang tiada duanya di sini. Next

ramadan

Written by andi

andi

Siap-Siap Terpana, Deretan Foto di National Geographic Photo Contest ini LUAR BIASA!

Liburan ke Filipina Bisa Menjumpai Ribuan Bukit Cokelat!