in ,

Siap-Siap Terpana, Deretan Foto di National Geographic Photo Contest ini LUAR BIASA!

Gunung Bromo, Indonesia [image source]

National Geographic Photo Contest tahun 2016 telah dibuka. Banyak fotografer berpartisipasi dalam kontes foto yang paling bergengsi di planet ini. Sejumlah nominasi foto terbaik pun telah dipilih oleh para juri untuk bersaing kembali untuk menjadi yang terbaik. Foto-foto ini berasal dari berbagai belahan dunia dengan sudut pengambilan gambar dan timing yang tepat menghasilkan foto yang begitu indah.

Baca juga : Anti Selfie Cantik, Traveler Ini Punya Gaya ‘Ajaib’ Saat Berfoto

Dari sekian nominasi foto terbaik dalam National Geographic Photo Contest, terselip satu foto dari fotografer asal Indonesia bernama Reynold Dewantara. Ia mengambil gambar seorang pria yang menunggang kuda di kawasan Gunung Bromo yang tengah erupsi dan menyemburkan debu vulkanik. Berikut foto-foto nominasi dalam National Geographic Photo Contest yang bikin kamu terpana.

1. Trollstigen, Norwegia

Jelas, foto jepretan Christoph Schaarschmidt ini diambil di salah satu jalan paling berliku dan berbahaya di dunia yang bernama Trollstigen. Pada hari biasa saja foto jalan ini sudah terlihat mengerikan sekaligus memukau, apalagi foto ini diambil pada waktu yang sangat tepat.

Trollstigen, Norwegia [image source]
Trollstigen, Norwegia [image source]
Melihat kondisinya yang berkabut dengan suasana alam yang tampak redup foto tersebut kemungkinan besar diambil pada pagi atau sore hari. Jalan yang berada di lembah pegunungan masih terselimuti kabut dan menyisakan gambar alur cahaya kendaraan saja yang semakin memudar. Trollstigen sendiri adalah jalan berliku yang terletak di Kotamadya Rauma, Norwegia. Secara resmi jalan ini digunakan mulai tahun 1936.

2. Blackhawk, Dakota Selatan

Bayangkan berada di tempat yang ada di foto di bawah ini. Bagaimana perasaanmu? Tampak awan gelap membentuk pusaran seperti mata badai. Di kejauhan juga terlihat pusaran tornado yang mulai terbentuk. Keadaan yang sebetulnya mencekam ini nampak begitu dramatis saat diabadikan oleh lensa kamera.

Blackhawk, Dakota Selatan [image source]
Blackhawk, Dakota Selatan [image source]
Foto yang begitu spektakuler ini adalah kiriman dari fotografer bernama James Smart. Dari keterangan foto yang dikirim pada pihak National Geographic, keadaan yang mencekam ini terjadi di kota Blackhawk, Dakota Selatan. Foto menunjukkan bahwa kawasan tersebut sedang mengalami Badai Supercell atau badai awan yang tidak biasa dan kadang berujung pada bencana.

3. Lapland, Finlandia

Gudang kayu yang membeku diselimuti es ini menjadi pemandangan yang sempurna untuk menggambarkan sebuah negeri es layaknya dalam cerita dongeng. Foto karya Pierre Destribats menjadi salah satu nominasi foto terbaik dalam ajang National Geographic Photo Contest 2016 dan berpeluang besar menyabet gelar juara.

Lapland, Finlandia [image source]
Lapland, Finlandia [image source]
Foto ini diambil di daerah Lapland, Finlandia pada malam hari di musim dingin. Nampak sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan salju dan gundukan es yang membeku. Panorama sekitar semakin cantik dengan hadirnya cahaya aurora di ujung cakrawala.

4. Uluru, Australia

Uluru dikenal juga dengan nama Ayers Rock merupakan formasi gunung batu pasir yang berukuran raksasa di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta. Lokasinya berjarak 350 km di barat daya kota Alice Springs, Nothern Territory, Australia. Gunung batu ini adalah tempat yang sakral bagi Suku Aborogin yang mana dibuktikan dengan ditemukannya banyak mata air, gua dan lukisan primitif.

Uluru, Australia [image source]
Uluru, Australia [image source]
Gunung batu ini menjadi salah satu ikon wisata di Australia dan banyak dikunjungi wisatawan. Fotonya telah beredar luas di dunia maya. Akan tetapi tidak banyak yang bisa mendapatkan foto dramatis seperti yang didapatkan oleh Christoph Schaarschmidt ini. Mungkin juga ia juga tidak sengaja mengabadikannya sebab untuk mendapatkan foto Uluru yang sedang dihujani kilat petir seperti itu butuh timing yang tepat dan tidak selalu ada.

5. Gunung Bromo, Indonesia

Terselip satu foto dalam National Geographic Photo Contest 2016 yang mengangkat tema Indonesia sekaligus fotografer dalam negeri. Fotografer yang beruntung tersebut adalah Reynold Dewantara dengan foto karyanya yang sangat dramatis di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo, Indonesia [image source]
Gunung Bromo, Indonesia [image source]
Dari foto terlihat dengan jelas jika foto ini diambil dengan nyali yang besar. Sebab tidak jauh dari penunggang kuda terdapat Gunung Bromo yang tengah mengeluarkan debu vulkanik tanda bahwa gunung tersebut sedang mengalami erupsi. Usaha Reynold tidak sia-sia karena ia akhirnya mendapatkan hasil foto yang memuaskan apalagi masuk dalam nominasi foto terbaik. Semoga foto ini menang dalam kejuaraan konten foto dari National Geographic.

6. Kgalagadi Transfrontier Park, Afrika Selatan

Foto yang dikirim pada National Geographic bukan hanya pemandangan alam saja namun juga foto seperti di bawah ini. Kehidupan hewan buas di alam liar yang jarang terlihat mata manusia. Foto ini mengabadikan pertarungan dua singa yang terlihat begitu beringas.

Kgalagadi Transfrontier Park, Afrika Selatan [image source]
Kgalagadi Transfrontier Park, Afrika Selatan [image source]
Foto diambil oleh fotografer Jaco Marx di Kgalagadi Transfrontier Park alias Taman Lintas Batas Kgalagadi di Afrika Selatan. Taman ini adalah salah satu tempat wisata safari yang membentang di perbatasan selatan Afrika, Botswana dan Namibia. Ukuran luas taman ini mencapai 3,6 juta hektar dan tercatat sebagai salah satu cagar alam terbesar di dunia.

7. Guizhou, China

Satu kata untuk hasil foto karya Thierry Bornier di bawah ini, WOW! Jangan dikira foto ini diambil secara tidak sengaja dalam sebuah perjalanan yang tidak direncanakan. Sebab untuk mendapatkan hasil jepretan yang apik ini dibutuhkan usaha keras dan kesabaran.

Guizhou, China [image source]
Guizhou, China [image source]
Thierry Bornier mengaku bahwa untuk mendapatkan pemandangan cantik dengan komposisi yang tepat seperti itu ia harus menunggu hingga seminggu. Barulah ia mendapatkan suasana pedesaan yang diinginkan seperti yang sedang kita nikmati ini. Pemandangan sawah terasiring dengan beberapa pemukiman ini diambil di daerah pedesaan yang ada di Guizhou, China.

8. Bryce Canyon, Utah

Daftar nominasi foto berikutnya datang dari hasil karya fotografer bernama Yvonne Baur. Fotonya simpel hanya berupa padang salju dengan satu pohon. Namun makna yang disampaikan oleh foto ini sangat dalam.

Bryce Canyon, Utah [image source]
Bryce Canyon, Utah [image source]
Foto tersebut diambil saat terjadi badai salju di kawasan Bryce Canyon, Utah. Semua kawasan diselimuti salju kecuali satu pohon yang berdiri tegak nampak mencolok di tengah lanskap beku dengan visibilitas yang hampir nol. Pohon ini menggambarkan perjuangan yang keras untuk bertahan hidup di tengah seleksi alam yang kejam.

9. Pulau Réunion, Prancis

Walaupun terlihat bagus dan bikin orang kagum tapi untuk mendapatkan foto ini sang fotografer mempertaruhkan nyawanya. Resiko yang sangat besar untuk mengabadikan muntahan lahar dari erupsi gunung berapi seperti yang dilakukan fotografer Gaby Barathieu berikut.

Pulau Réunion, Prancis [image source]
Pulau Réunion, Prancis [image source]
Dalam fotonya disebutkan bahwa gambar tersebut diambil di Pulau Réunion, sebuah teritori Prancis yang berada di luar negeri. Objek gambar tersebut tidak lain adalah gunung api La Fournaise yang tengah erupsi.

10. Arches National Park, Utah

Daerah Utah sepertinya menjadi favorit fotografer untuk berburu gambar yang keren. Satu lagi foto yang masuk dalam nominasi lomba foto dari National Geographic juga diambil di daerah Utah tepatnya di Arches National Park.

Arches National Park, Utah [image source]
Arches National Park, Utah [image source]
Di taman nasional ini terdapat batu seimbang yang dikenal dengan nama Balanced Rock dan sebuah pohon di dekatnya. Dengan mode hitam putih hasil foto yang dihasilkan tetap mempesona apalagi terlihat jelas di langit gugusan bintang dan galaksi bersinar terang. Foto tersebut adalah hasil karya dari Manish Mamtani.

Nantinya pemenang National Geographic Photo Contest akan mendapatkan hadiah trip ke Arktik untuk melakukan safari bertemu dengan beruang kutub selama 7 hari. Fotografer lain yang punya foto keren masih bisa mengikuti kontes foto ini hingga 27 Mei mendatang. Keren-keren kan foto kiriman para kontestan tersebut? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Menguak Potensi Wisata Pulau Duyung, Kepulauan Riau

4 Pasar Tradisional di Seoul yang Serunya Tiada Dua