in ,

Patung Raksasa Pemimpin China Jadi Obyek Wisata

Patung ini berukuran tinggi lebih dari 36 meter [image source]

Membuat patung dari seorang tokoh yang dianggap memiliki jasa besar pada negara adalah salah satu cara untuk menghargai sekaligus mengingat jasa tokoh tersebut. Itu pula yang sedang dilakukan di Kota Tongxu, China. Kota ini sebentar lagi akan memiliki landmark baru berupa patung Mao Zedong berukuran raksasa.

Baca juga : Pantai Seruni, Bunga Emas Di Ujung Selatan Jawa

Tongxu, adalah kota kecil di provinsi Henan, China. Namanya memang tidak terkenal seperti Shanghai atau Beijing, sebab kota ini bukanlah pusat pariwisata di Negeri Tirai Bambu. Akan tetapi dalam beberapa bulan terakhir kota kecil ini tengah menjadi pemberitaan berbagai media lantaran adanya proyek pembangunan sebuah patung raksasa di tengah kawasan tandus.

Patung Raksasa Mao Zedong [image source]
Patung Raksasa Mao Zedong [image source]
Patung yang sedianya nanti akan menjadi landmark kebanggaan warga Tongxu ini bukanlah patung biasa. Kota ini mengambil figur dari tokoh pemimpin partai Komunis China yang juga pernah memimpin negara tersebut selama 30 tahun, Mao Zedong. Tokoh ini dianggap berhasil membawa banyak perubahan yang pesat bagi negara berwilayah terluas di bumi ini.

Patung Mao Zedong ini memiliki ukuran yang luar biasa. Tingginya saja mencapai 36 meter lebih terbuat dari beton dan dicat warna emas yang begitu mencolok. Keberadaan patung ini terlihat sangat kontras dengan kondisi sekitarnya yang berupa lahan pertanian kosong yang terkesan gersang.

Patung ini berukuran tinggi lebih dari 36 meter [image source]
Patung ini berukuran tinggi lebih dari 36 meter [image source]
Bukan ukuran patung saja yang mencengangkan. Dana yang dihabiskan untuk pembangunan patung ini saja mencapai 3 juta Yuan atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 3,6 miliar. Dana tersebut diperoleh dari iuran pengusaha lokal serta sumbangan para warga tanpa memakai dana dari pemerintah. Warga pun tidak keberatan turut menyumbangkan uangnya demi patung dari tokoh yang sangat mereka banggakan itu.

Patung Terletak di Kota Tongxu [image source]
Patung Terletak di Kota Tongxu [image source]
Penasaran ingin melihat patung raksasa ini? Kamu bisa datang ke Kota Tongxu. Kota ini berjarak 124 km dari kota Zhengzhou yang dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan darat. Meski sebenarnya tahap pembangunannya belum rampung seutuhnya namun sudah banyak traveler yang datang ke lokasi lantaran rasa penasaran. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Daftar Lengkap Tempat-Tempat Berpredikat “Ter-” di Dunia Tahun 2016

Penginapan Murah di Jepara Dengan Cost Mulai 100 Ribuan!