in ,

Pedesaan Shirakawa di Jepang, Seperti Negeri Dongeng

Berwisata di Desa bersejarah seperti Negeri Dongeng di Shirakawa-go

fi shirakawa go

Shirakawa di Jepang adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Memiliki keindahan alam dan Pedesaan Shirakawa seperti Negeri Dongeng, desa tradisional bersejarah. Ada berbagai macam hal lainnya yang menarik untuk dijelajahi, yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : 5 Hostel Murah di Dekat Siam Square Bangkok, Liburan Hemat di Spot Strategis

Desa Situs Warisan Dunia UNESCO

Gassho zukuri on autumn
Gassho zukuri saat musim gugur (c) Aprianti Higuchi/Travelingyuk

Desa Shirakawa berada di Prefektur Gifu ini, merupakan situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995. Pemandangan alam pegunungan serta rumah-rumah tradisional yang berjajar mirip seperti negeri dongeng.

Teman Traveler bisa mengelilingi desa-desa tradisional dan masuk melihat bangunan serta mengetahui sejarah Jepang di sini. Seperti pergi ke Rumah Wada terletak dekat dengan pemberhentian bus, di tengah Ogimachi, dikelilingi dengan taman khas Jepang.

Kemudian ada Rumah Kanda yang sudah berusia lebih dari 150 tahun, lalu ada Rumah Nagase adalah kediaman bagi keluarga dokter, di dalamnya juga ditampilkan peralatan medis Zaman Edo (1603-1867) yang menarik untuk dikunjungi.

Memiliki Gaya Arsitek yang Khas

Inside Kanda house
Di dalam Rumah Kanda (c) Aprianti Higuchi/Travelingyuk

Rumah-rumah tradisional ini dibangun dengan gaya gassho yaitu memiliki atap yang berbentuk segitiga, bentuknya seperti seseorang sedang berdoa. Atapnya memiliki kemiringan mencapai 60 derajat, bertujuan agar ketika musim dingin, salju tebal dapat meluncur dengan mudah.

Selain itu pada lantai ketiga dan keempat bangunan rumah ini mempunyai karakter khusus sebagai tempat untuk membesarkan ulat sutera meski pada musim dingin ekstrem. Penduduk di sini dahulu merupakan pengrajin kain sutera dan salah satu industri utama Shirakawa-go.

Wisata di Shirakawa-go

Gassho zukuri on winter
Rumah Gassho saat winter (c) Aprianti Higuchi/Travelingyuk

Selanjutnya di Shirakawa-go ada beberapa wisata yang wajib dikunjungi seperti Shiroyama Observation Deck untuk melihat keseluruhan rumah tradisional gassho dari ketinggian. Di sini Teman Traveler akan melihat sesungguhnya yang disebut desa negeri dongeng.

Pergi ke Museum Budidaya Sutra Rumah Tajima melihat budidaya sutra mulai dari sejarah dan prosesnya. Kemudian ada Museum Wihara Buddha Myozenji sejak tahun 1748 merupakan tempat Buddha besar. Ada juga jembatan gantung Deai-Bashi untuk melihat pemandangan sungai, pegunungan dan pohon-pohon rimbun yang asri.

Di sini juga ada Festival yang wajib diikuti, diantaranya ada Festival Winter Illumination, keindahan lampu-lampu rumah pada malam hari saat musim salju, seperti negeri dongeng. Lalu ada Festival Doburoku yaitu acara ucapan syukur atas hasil panen dengan minuman alkohol sejenis sake lokal yang khusus.

Kuliner Khas Shirakawa

Goheimochi
Goheimochi (c) Aprianti Higuchi/Travelingyuk

Setelah lelah berkeliling desa tentu Teman Traveler perlu menambah energi dengan mencoba kuliner khas di Shirakawa-go. Ada gohei mochi atau dikenal gohei dango, camilan ini tidak manis seperti mochi tetapi gurih terbuat dari nasi yang ditumbuk lalu dilapisi dengan pasta miso.

Setelah itu ada daging sapi hida beef, salah satu wagyu terbaik unggulan di Jepang. Teman Traveler dapat menikmatinya dalam bentuk steak, onigiri daging sapi, bakso daging sapi, atau kroket. Kelezatan dagingnya meleleh di mulut lho!

Terakhir ada Tochi mochi yang wajib dicoba, dibuat dengan kacang kastanye kuda Jepang, banyak tahapan dalam proses pembuatannya karena harus menghilangkan rasa tidak enak pada kacangnya.

Demikian ulasan Desa Shirakawa di Jepang yang unik, penuh dengan sejarah dan khas. Yuk jelajahi desa negeri dongeng! Next

ramadan
kafe reptil Kamboja

Unik! Kafe Ini Sajikan Hewan Melata untuk Teman Kongkow

fi thermopolium

Ditemukan Situs Restoran Cepat Saji Zaman Romawi di Kota Pompeii