in , , , ,

Pesona Gili Kondo, Surga Tersembunyi di Sisi Timur Pulau Lombok

Siapa yang tak mengenal gunung Rinjani, gunung populer kalangan pendaki ini berada di pulau Lombok yang cantik dan menakjubkan. Namun, tak hanya ketinggian yang membuat pulau satu ini menjadi incaran pelancong dunia. Ada sisi pesisir pulau yang tak kalah indahnya dengan suasana pulau Bali. Seperti halnya gili trawangan, pesona pulau kecil ujung Barat Laut pulau Lombok ini sangat menawan. Tak hanya sisi barat, sisi timur pulau Lombok terdapat satu gugusan pulau indah yang menyerupai wisata Derawan Kalimantan yang sangat indah.

Baca juga : Spot Foto Keren di Tulungagung, Siapkan Pakaian Terbaikmu

Gili Kondo salah satu gugusan pulau kecil sisi timur pulau Lombok. Foto via jejakpiknik.com

Namanya Gili Kondo, satu gugusan pulau indah yang tampak ketika terjadi pasang surut ini memiliki pasir putih yang bersih. Butiran pasir terasa begitu hangat seperti kaki diterapi seolah olah kaki terpijat didalam timbunan pasir. Tak terhenti disitu, pantai yang landai ditambah air laut yang bening dibawah terangnya langit biru membuat suasana tampak tenang dan nyaman. Angin sepoi sepoi menyapu badan secara lembut membuat tubuh lebih relaks dan beban terasa hioang seketika.

Gili Kondo saat surut tampak pasir putihnya yang indah. Foto via wisatahouse.com

Gili Kondo adalah salah satu gili dari tujuh gugusan gili cantik yang terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Mungkin teman traveler bertanya-tanya kenapa gili ini dinamakan Gili Kondo. Gili merupakan sebutan untuk pulau kecil sedangkan Kondo dalam bahasa lokal artinya burung bangau. Menurut penuturan warga setempat, di gili ini banyak terdapat burung bangau dan merupakan tempat tinggal kebanyakan burung bangau, jadi tidak salah kalau gili ini kemudian disebut dengan nama Gili Kondo.

Tempat camping di gili Kondo yang nyaman. Foto via phinemo.com

Akses menuju Gili Kondo ini dilakukan dengan perahu tradisional dengan tarif berkisar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 per orang. Harga menyesuaikan dengan jumlah pengunjung per perahu, maksimal perahu diisi sejumlah 10 orang. Waktu tempuh penyeberangan memakan waktu 20 hingga 30 menit. Gili Kondo ini dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih yang sangat halus dan pastinya gelombang ombak begitu tenang. Ditengah gili ini memiliki daratan yang cukup tinggi, sehingga kamu bisa menikmati lautan disekeliling dengan background gunung Rinjani yang indah.

Kondisi lingkungan di gili ini juga masih terjaga dan cukup bersih. Sampah tidak akan kamu temui di gili yang cantik ini, karena pengelola gili sudah menempatkan tong sampah disetiap sudut gili. Vegetasi pepohonan pun tumbuh dengan aubur dan rimbun menjadikan pulau ini menjadi teduh dan asri. Meski banyak pepohonan, kamu masih bisa memakai gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk istirahat.

Gazebo dan pepohonan besar tepi pantai Gili Kondo. Foto via gerbangwisata.com

Kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di Gili Kondo ini adalah diving dan snorkeling. Memang tempat ini menjadi tempat snorkeling yang mantap. Gugusan karang sekitar Gili Kondo tumbuh dengan sempurna, tak hanya itu beraneka ragam serta banyak terdapat ikan-ikan cantik berwarna-warni yang berenang dengan bebas. Untuk menyaksikan gerombolan ikan-ikan cantik ini, kamu tidak perlu jauh-jauh berenang ke tengah untuk menemukannya, cukup berenang 5 meter dari bibir pantai kamu sudah dapat menemukan kawanan ikan-ikan cantik yang berenang dengan bebas.

Selain fish feeding sambil snorkeling dan diving, ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di gili yang begitu menawan ini, yaitu berendam, bermain voli pantai, hunting foto, camping atau mungkin honeymoon. Untuk kamu yang ingin berkemah di Gili Kondo ini, sangat disarankan membawa logostik sendiri sesuai kondisi, karena tidak adanya tempat penjual makanan selama di Gilo tersebut.

Snorkeling di kawasan gili kondo yang menawan. Foto via tripadvisor.com

Gili Kondo merupakan guhusan pulau paling favorit untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Waktu yang terbaik untuk camping yaitu ketika bulan purnama. Karena pada waktu itu, kamu akan disajikan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan. Selama camping ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, misalnya bakar ikan, membuat api unggun atau sekedar duduk di pinggir pantai sambil manatap langit yang bertaburan bintang.  Next

ramadan

Tahukah Kamu, 5 Buah Unik dan Langka Hanya Ada di Pulau Lombok

Serunya Jalan-Jalan ke Hat Yai, Kota di Thailand yang Berbatasan dengan Malaysia