in , , ,

Pulau Riung NTT, Tawarkan Wisata Laut Yang Mengagumkan

Keindahan pulau Riung tak kalah dengan Labuan Bajo
Keindahan pulau Riung tak kalah dengan Labuan Bajo

Lagi-lagi keindahan alam Nusa Tenggara Timur menjadi sorotan dunia internasional. Tak heran bila banyak traveler mancanegara mulai berdatangan menikmati alam Nusa Tenggara Timur. Apalagi gugusan pulau yang menyajikan pemandangan indah antara perbukitan dan lautan, sangat kontras! Namanya pulau Riung, Taman Wisata Alam Laut 17 ini memiliki spot terbaik untuk menikmati hamparan hijaunya perbukitan yang terpadu dengan birunya lautan lepas.

Baca juga : Mengintip Gaharnya Kadal Raksasa di Tengah Keindahan Pulau Komodo

Keindahan pulau Riung tak kalah dengan Labuan Bajo
Keindahan pulau Riung tak kalah dengan Labuan Bajo

Pulau Riung ini menjadi satu-satunya destinasi pantai di Flores bagian Barat yang terbentang dari beberapa wisata populer seperti Kelimutu, Bawaja hingga Ruteng dimana beberapa wisata itu adalah wisata didaratan. Meski belum setenar wisata lainnya keindahan pulau Riung tak kalah indahnya dengan Labuan Bajo. Traveler bahkan langsung jatuh hati ketika datang ke lokasi satu ini.

Kegiatan seru yang biasa dilakukan traveler ketika mengunjungi pulau Riung adalah diving dan snorkeling. Keindahan air laut pulau ini sangat jernih. Biota karang yang super menawan dibawah air laut yang jernih membuat pandangan lebih transparan. Uniknya, pulau Riung terdapat beberapa hewan purba seperti komodo, namun tetap berhati hati karena tidak se jinak yang ada di pulau Komodo.

Ribuan kelelawar memadati langit pulau kelelawar diarea gugusan pulau Riung
Ribuan kelelawar memadati langit pulau kelelawar diarea gugusan pulau Riung. Foto via kompasiana.com

Sisi lain terdapat satu pulau yang dihuni oleh ribuan kelelawar, namanya Pulau Kelelawar. Kelelawar ini selalu bergantungan didahan pepohonan bakau. Kadang ketika sore hari tiba, tidak sedikitnya para kelelawar ini meninggalkan sarang memulai untuk berburu. Nah bagi kamu yang ingin menikmati pulau Riung sepanjang hari hingga larut malam, kamu bisa mendirikan tenda diperbukitan yang terdapat lahan datar. Dengan latar belakang pantai yang indah sangat cocok dijadikan tempat untuk berburu sunrise ataupun sunset.

Gugusan pulau Riung yang terlihat dari atas perbukitan yang indah
Gugusan pulau Riung yang terlihat dari atas perbukitan yang indah. Foto via gotravely.com

Untuk kamu yang tidak sabar ingin bermain air, pantai Pulau Riung memiliki pasir yang sangat bersih, putih dan pastinya lembut. Air laut yang dangkal membuat warna pantai menjadi tampak cantik. Kombinasi warna putih, hijau toska hingga biru menjadikan pemandangan sangat menawan. Terlebih ketika para nelayan melewati lautan keindahan pemandangan seakan bertambah. Jika kamu sedang beruntung, beberapa ikan paus akan muncul kepermukaan laut dan itu membuat pemandangan tak pernah terlupakan. Biasanya paus akan hadir ketika memasuki bulan Mei hingga Oktober.

putih dan jernihnya pulau Batang Kolong menjadi incaran para traveler
putih dan jernihnya pulau Batang Kolong menjadi incaran para traveler. Foto via ticmpu.com

Gugusan pulau Riung menyajikan salah satu pulau dengan suguhan pantai yang sangat indah, namanya Pulau Batang Kolong menjadi salah satu pulau yang laing ramai dikunjungi. Para traveler sering menikmati perairan dangkal yang jernih hingga menyajikan berbagai macam biota laut. Uniknya, perairan pulau ini memiliki perubahan suhu yang sangat drastis, ketika kamu bermain air ditempat yang dangkal akan terasa hangat, dan ketika mulai berkedalaman 1 meter, air laut berubah menjadi sangat dingin. Next

ramadan

Indahnya Hamparan Bunga Lotus Penuhi Danau Rana Tonjong NTT

Bubur Bakar Artamara salah satu sajian bubur diatas claypot tanah liat

Bubur Bakar Artamara, Si Bubur Unik Khas Cirebon