in , , ,

Pesona Pulau Rupat Utara, Surga Tersembunyi Di Riau

Selama ini Riau lebih dikenal sebagai daerah penghasil minyak bumi terbesar di Tanah Air. Namun, seiring menurunnya perkebunan dan migas daerah Riau, berimbas dengan pariwisata yang semakin ditinggalkan. Hingga banyak wisatawan yang tidak mengetahui bahwa terdapat beberapa destinasi yang sangat tersembunyi dan belum terjamah oleh banyak orang, destinasi ini bernama Pulau Rupat Utara yang berada di Kabupaten Bengkalis.

Baca juga : Ada 16 Tanggal Merah di 2020! Waktunya Jelajahi Deretan Surga Anti Mainstream Berikut Ini

Pulau Rupat Utara memiliki panorama dan pesona alam yang masih alami, kamu bisa menemukan sungai kecil yang mengalir dengan tenang hingga sungai besar yang membelah pulau. Pemandangan pantainya yang berpasir putih pasti sanggup memanjakanmu. Di Pulau Rupat ini juga masih banyak pantai-pantai lain yang masih belum tereksplore banyak orang. Ada beberapa pantai yang lebih dulu dikenal seperti Pantai Rhu yang berada di Desa Telu Rhu, Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, dan Pantai Medang.

Nah, di bawah ini ada beberapa lokasi atau destinasi di Pulau Rupat Utara yang bisa kamu singgahi saat liburan di tempat wisata di Riau satu ini.

Teluk Rhu

Teluk Rhu adalah salah satu pantai dengan ombak yang tenang dan memiliki air laut yang bersih dan bening. Disini kamu bisa bermain air sepuasnya ataupun memancing ikan laut. Uniknya kamu bisa berkemah ditepian pantai ini dengan suasana yang menyenangkan. Saat malam hari, cahaya bintang yang gemerlap menyinari langit malam hari begitu menawan.

Gardu pandang di teluk Rhu yang cocok untuk menikmati sunset yang indah. Foto via wisatasumatera.com

Sisi lain, saat berjumpa dengan nelayan yang sedang berlabuh, banyak diantara mereka yang menawarkan ikan hasil tangkapannya kepada wisatawan. Ikan segar yang cocok untuk dijadikan santapan malam ini dijual dengan harga yang relative terjangkau.

Pulau Beting Aceh

Pulau Rupat Utara punya destinasi menarik berupa pulau pasir seluar 2 hektar. Di sini kamu bisa berdiri di atas hamparan pasir di tengah laut yang jernih, di tengah pulau ini juga ada deretan pohon cemara laut yang menjadikan suasananya semakin epic. Serasa di gusung Sanggalau Kalimantan.

Pulau Beting Aceh tampak indah ketika air laut pasang. Foto via www.bengkaliskab.go.id

Ketika terik matahari mulai terasa menyengat, kamu bisa berteduh dibawah pepohonan cemara. Pulau ini juga disebut dengan pasir berisik karena saat disentuh tangan, pasir ini mengeluarkan suara berderit. Untuk kamu yang ingin menikmati pantai ini datanglah ketika jam 4 sampai 6 sore. Karena pada saat itulah kamu bisa melihat atraksi burung-burung yang sedang bermigrasi melintasi Beting Aceh.

Festival Pulau Rupat Utara

Selain menyaksikan keelokan alamnya, Pulau Rupat Utara masih punya daya tarik lain yang membuatmu makin tak sabar untuk mendatanginya. Yaitu Festival Pantai Rupat Utara yang menjadi agenda tahunan Disparbudpora Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan di Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara dan mampu memancing pengunjung dari luar Rupat Utara.

Festival di Pulau Rupat Utara yang mengasyikkan. Foto via www.indonesia.travel

Di antaranya adalah perlomabaan parade sampan hias, layang-layang, perang bantal, lomba mencari kepah, dan hiburan masyarakat yang diikuti oleh masyarakat di sekitar ini. Keren sekali!

Pantai Lapin

Pantai yang satu ini mempunyai panjang 17 km dengan airnya yang tenang dan pasirnya yang putih serta landai. Di pantai ini juga terdapat beberapa wahana permainan air seperti jet sky dan banana boat yang bisa disewa oleh pengunjung. Kalau kamu ingin berpetualang, di pinggir pantai juga masih ada hutan yang asri dan cukup mengasyikkan untuk dijelajahi,

Pulau Lapin dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan lembut. Foto via www.riau.go.id

Nah kapan lagi, cobalah beberapa pilihan destinasi yang bakal menemani mu selama di Pulau Rupat Utara Riau. Next

ramadan

Indahnya Batu Dinding Bukit Merdeka Balikpapan Serasa di Tembok Besar China

Menuju Puncak Rinjani Lewat Jalur Sembalun, Sekaligus Menikmati Keindahan Danau Segara Anak