in , , ,

Cantiknya Gugusan Pulau Tawale, Serasa Surga Tersembunyi di Halmahera Selatan

Pulau Tawale sebagai destinasiunggulan
Pulau Tawale sebagai destinasiunggulan

Destinasi alam di Indonesia bagian Timur memang tiada duanya. Terlebih di kawasan Maluku khususnya Halmahera Selatan. Kawasan ini merupakan gugusan kepulauan indah serasa surga dunia yang menakjubkan untuk dijamah. Salah satunya pulau Tawale yang berada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan.

Baca juga : Festival Memengan Banyuwangi, Gencarkan Mainan Tradisional Kepada Anak-anak

Pulau Tawale sebagai destinasiunggulan
Pulau Tawale sebagai destinasi unggulan yang menakjubkan. Foto via rri.co,id

Hingga kepala dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Halmahera Selatan ingin mengembangkan pariwisata terlebih wisata bahari yang memiliki potensi yang sangat luar biasa. Keelokan Tawale layak untuk di kembangkan sebagai destinasi wisata unggulan kelas Dunia di Kabupaten Halmahera Selatan. Harapan dari kepala Dinas Pariwisata ini ingin mempromosikan serta mempersiapkan destinasi indah ini. Hingga akhirnya Pulau Tawale akan menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Halmahera.

Pantai di Pulau Tawale yang menawan
Pantai di Pulau Tawale yang menawan. Foto via aktaindonesia.com

Bentangan alam di Pulau Tawale memang memiliki ciri khas tersediri hingga banyak yang menyebutkan sebagai surga tersembunyi. Pulau Tawale ini merupakan gugusan dari batu karang dan memiliki hutan yang masih perawan. Air laut yang begitu jernih dan sungguh menyegarkan. Hal ini membuat bentangan terumbu karang dengan biota laut terlihat sangat indah, bahkan cukup dengan mata telanjang. Keindahan ini membuat banyak traveler menyamakan kepulauan Tawale dengan kepulauan Raja Ampat di Papua.

Akses menuju pulau Tawale memang terbilang mudah, Dari Pulau Bacan traveler bisa mengakses dengan speed boat dari pelabuhan Labuha. Jarak dari Labuha ke Tawale bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, para teman traveler pastinya dijamin tidak akan merasa bosan, karena akan dimanjakan dengan indahnya gugusan pulau pulau cantik di sekitaran Halmagera Selatan.

Terumbu Karang pulau Tawale yang manekjubkan
Terumbu Karang pulau Tawale yang manekjubkan. Foto via liputan6.com

Nah, bagi teman traveler yang ingin berwisata ke Pulau ini, persiapkan segala macam peralatan seperti kamping dan logistik secukupnya. Karena ketika kamu berada di pulau ini tidak akan menemukan penginapan, warung, ataupun rumah makan. Pulau ini memang benar-benar alami dan belum tersentuh sama sekali oleh tangan manusia. Karena masih alami, jadi tetap jaga selalu aman, karena banyak hewan-hewan yang tidak diketahui aman atau tidak.

Salah satu hal yang harus diingat adalah jangan melupakan sampah untuk kamu bawa kembali, agar pulau Tawale tetap terawat dan selalu menjadi kawasan yang alami. Next

ramadan

Mengenal Tari Gandrung, Kekayaan Khas Banyuwangi Yang Memukau

Queen Mary RMS

7 Kapal Pesiar Mewah, Harga Tiket Hampir 1 M!