in

10 Kota Besar di Indonesia yang Terkenal dengan Pusat Kulinernya Selama Ramadan

Hampir semua kota di Indonesia saat bulan puasa menjadi semakin meriah dengan hadirnya bazaar atau pasar kaget di pusat-pusat kota atau halaman masjid. Bazaar tersebut menjadi tempat berkumpulnya para pedagang yang menjual aneka menu berbuka dari makanan berat atau sekedar takjil.

Baca juga : Padamaran, Kue Tradisional Jambi yang Laris Manis Saat Ramadan

Seperti halnya 10 kota besar di Indonesia ini yang juga punya tradisi pasar kaget selama Ramadan. Pusat-pusat bazaar di kota ini sudah sangat terkenal dan menjadi destinasi ngabuburit populer yang banyak dikunjungi warga lokal maupun pendatang. Kota mana saja yang terkenal dengan pusat kulinernya selama Ramadan? Berikut Travelingyuk rangkum dari situs SkyScanner untuk panduan traveler.

1. Yogyakarta

Mau merasakan meriahnya suasana Ramadan bersama warga lokal Yogyakarta? Nah, selama bulan puasa khususnya pada sore hari coba saja untuk mendatangi Kampung Kauman. Kampung Kauman adalah kampung Islam di Jogja yang warganya sangat antusias menjalani ibadah puasa sehingga suasana Ramadan di kampung ini terasa sangat hidup.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/4G-LzYyDs_/?tagged=pasarkauman hidecaption=true width=640]

Setiap sore di Kampung Kauman terdapat pasar kaget yang menjual makanan tradisional yang beberapa diantaranya hanya ditemukan pada bulan suci ini. Jenis-jenis makanan yang dijual di kawasan Kauman ini antar lain botok, kicak, kipo, dan juga berbagai jenis pepes.

2. Jakarta

Saat Ramadan Jakarta punya banyak pilihan tempat menarik untuk ngabuburit sembari membeli menu takjil untuk berbuka. Berbeda dengan daerah lainnya yang umumnya hanya menjual makanan khas dari daerah itu sendiri, kalau di ibukota negara Indonesia ini traveler akan disuguhkan jenis-jenis makanan khas dari Sabang hingga Merauke yang bakal bikin galau memilihnya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/4jPGJvoV1I/?tagged=pasarbenhil hidecaption=true width=640]

Sebuah tempat yang paling terkenal sebagai tujuan belanja makanan berbuka adalah Pasar Benhil (Bendungan Hilir) yang terletak di Kramat Raya. Tempat ini tidak pernah sepi dari pembeli saat bulan puasa seperti sekarang ini. Aneka jajanan pasar dari berbagai daerah dan menu-menu khas bisa dijumpai di sana.

3. Banda Aceh

Sebagai daerah yang menyandang gelar Serambi Mekkah, daerah Aceh khususnya Banda Aceh menjalani bulan puasa yang sangat meriah. Sudut-sudut kota akan mulai diisi oleh penjual makanan khas yang beberapa diantaranya hanya ada di bulan ini. Warga Banda Aceh juga sangat antusias menyambut dan menjalankan ibadah puasa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBy6D9mAdl9/?tagged=pasaraceh hidecaption=true width=640]

Pada sore hari setelah salat ashar banyak warga yang menyempatkan diri untuk jalan-jalan keliling kota sambil menunggu waktu berbuka yang dikenal dengan istilah ngabuburit. Pusat keramaian menjadi sasaran mereka yang sedang ngabuburit. Beberapa spot kuliner dadakan yang terkenal berada di Jalan Lampisang, Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Raya Baiturrahman.

4. Medan

Medan cukup terkenal sebagai tujuan wisata kuliner di Indonesia. Namun saat bulan puasa ini ada satu menu spesial yang bakal keluar sebagai menu andalan dan paling banyak dicari orang yaitu Bubur Sop Kesultanan Deli. Bubur Sop ini telah sejak tahun 1909 menjadi makanan khas yang wajib dihidangkan saat buka puasa di Istana Maimun.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGS8OKlii4g/?tagged=masjidrayaalmahsun hidecaption=true width=640]

Bubur Sop yang melegenda ini biasanya dijual di Jalan Sisingamangaraja atau tepat di halaman Masjid Raya Al Mahsun yang megah dan populer sebagai tujuan wisata religi di kota ini. Selain mencicipi Bubur Sop, aneka jajanan, takjil dan menu berbuka juga banyak dijumpai di beberapa tempat. Pusat kuliner selama puasa yang terkenal di Medan antara lain berada di sekitar kampus Universitas Sumatera Utara (USU) serta Kampoeng Ramadhan di Kecamatan Medan Johor.

5. Padang

Lain di Medan lain di Padang, pusat pasar kaget yang menjual aneka menu khas untuk berbuka puasa berpusat di Pasar Pabukoan yang berlokasi di depan Balaikota Padang. Saat Ramadan pasar ini selalu ramai dikunjungi warga yang mencari menu berbuka sambil jalan-jalan menunggu bedug magrib berkumandang.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGlwWf-u3MI/?tagged=pasarpabukoan hidecaption=true width=640]

Tentu saja pengunjung bisa menemukan banyak varian makanan khas di Pasar Pabukoan. Macam-macam jenis makanan khas Sumatera Barat yang menjadi favorit warga untuk berbuka antara lain Lamang Tapai, Lopis Sarabi, Bubur Kampiun, serta berbagai gulai yang menjadi andalan kuliner Padang.

6. Surabaya

Ada dua tempat utama yang jadi serbuan warga saat bulan puasa di Surabaya yaitu Pasar Blauran dan Pasar Atom. Dua pasar ini adalah pusatnya jajanan pasar dan aneka menu berbuka yang memanjakan lidah.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBgnkegQ7kP/?tagged=pasarblauran hidecaption=true width=640]

Untuk hidangan pembuka saat berbuka ada banyak pilihan kue basah seperti klepon, lupis, putu, klanting, gethuk, dan ketan hitam. Sedangkan makanan berat tradisional untuk berbuka yang banyak dirindukan orang perantauan adalah nasi tiwul.

7. Bandung

Bandung dikenal sebagai daerah yang menghasilkan makanan khas seperti cireng, brownies, surabi dan batagor. Di luar Ramadan makanan-makanan itu bisa traveler jumpai di banyak daerah yang tersebar di dalam kota. Tapi saat puasa tiba traveler tidak usah repot mencarinya hingga berkeliling kota, cukup kunjungi tempat-tempat tertentu dan semua makanan khas berkumpul di sana.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGmYLXelQzb/?tagged=gedungsate hidecaption=true width=640]

Tempat berkumpulnya makanan khas selama ramadan di Bandung antara lain di Lapangan Gasibu dan Degung Sate. Dua tempat ini selama puasa menjadi pusat jajanan berbuka. Karena dua tempat ini posisinya juga menjadi bangunan populer maka traveler bisa sekalian wisata.

8. Bogor

Ada beberapa tempat populer di Bogor yang biasanya akan dijadikan pasar kaget selama bulan puasa. Tempat pertama dan yang paling terkenal adalah kawasan sekitar Bantarjati. Di tempat ini aneka makanan seperti es buah, kolak dan kurma banyak dijual oleh pedagang dan langsung diserbu banyak pembeli mulai jam 4 sore.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGF8pDbx4bu/?tagged=tamankencanabogor hidecaption=true width=640]

Tempat lain yang juga menjadi tujuan ngabuburit belanja takjil adalah kawasan Jalan Pajajaran dan Taman Kencana. Di sekitar daerah tersebut juga banyak dijual menu berbuka puasa yang lezat. Ingat jangan datang terlalu sore sebab kebanyakan makanan ini akan habis terjual sebelum adzan magrib berkumandang.

9. Makassar

Kalau Makassar pusat ngabuburit dan pasar kaget berada di sekitaran Pantai Losari. Setiap sore di bulan puasa pantai ini akan ramai dikunjungi warga yang datang sekedar jalan-jalan hingga berburu takjil dan menu berbuka.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGUScOhrujr/?tagged=pantailosarimakassar hidecaption=true width=640]

Segala macam makanan khas Makassar akan keluar di bulan ini. Traveler bisa membeli es palu butung, pisang epe, es pisang hijau, jalangkote, lumpia, dan barongko di sekitaran Pantai Losari. Setelah adzan traveler juga bisa langsung melakukan salat berjamaah di masjid terapung yang ada di sekitaran pantai.

10. Denpasar

Mungkin Bali menjadi satu-satunya daerah yang mayoritas penduduknya non-muslim tapi Ramadan selalu disambut dengan meriah di beberapa tempat. Coba saja untuk menengok meriahnya suasana Ramadan di Kampung Jawa yang ada di Denpasar.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBfB_8NCgyC/?tagged=pasardenpasar hidecaption=true width=640]

Di daerah Denpasar terdapat sebuah wilayah yang dikenal dengan Kampung Jawa. Kampung ini terletak di sepanjang Jalan A. Yani, Denpasar Barat. Penduduk mayoritas kempung ini adalah suku Jawa yang beragama Islam. Saat menjelang berbuka di sepanjang jalan ini dijual menu khas puasa seperti kolak pisang, kacang ijo, cendol dan lain sebagainya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Unik, Masjid di Kroasia dengan Kubah Mirip Irisan Semangka

Begini Penampakan Air Terjun Dalam Ruangan Tertinggi di Dunia Milik Singapura