in

Begini Penampakan Air Terjun Dalam Ruangan Tertinggi di Dunia Milik Singapura

Meski secara fisik Singapura hampir tidak memiliki ruang terbuka hijau namun pemerintahnya sangat serius menciptakan wilayahnya sebagai kawasan ramah lingkungan. Bagaimana caranya ya? Coba tengok kawasan Garden by The Bay, itulah salah satu wujud nyata Singapura menciptakan kawasan ramah lingkungan dimana di dalamnya ada air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia!

Baca juga : Unik, Terowongan Gaza Bekas Konflik Kini Jadi Objek Wisata

Kalau liburan ke Singapura jangan cuma shopping, cobalah mampir ke Garden by the Bay, kawasan wisata yang dibangun pada tahun 2012. Dari luar bangunannya sudah terlihat nyentrik, setelah ditengok ke dalam lebih mengagumkan lagi. Tempat ini lebih menyerupai kubah raksasa dengan ekosistem sendiri di dalamnya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGmXAqoI4PZ/ hidecaption=true width=640]

Garden by the Bay adalah bangunan yang dimanfaatkan untuk lokasi pembibitan berbagai macam tanaman dari seluruh dunia sekaligus pusat penelitian. Di dalam konservatoriumnya, traveler bisa menjumpai aneka macam tanaman seperti bunga dan tanaman endemik lain dari berbagai wilayah di muka bumi.

Di dalam bangunan ini terbagi menjadi beberapa bagian namun ada satu yang langsung mencuri perhatian traveler setelah masuk yaitu kawasan Cloud Forest Dome. Cloud Forest Dome adalah satu dari dua kubah konservatorium di Garden by the Bay. Di dalam dome ini traveler bakal dibuat takjub dengan keberadaan air terjun buatan yang secara alami menyirami tanaman-tanaman yang ada di bawahnya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGtwA-uqyqF/ hidecaption=true width=640]

Cloud Forest sendiri adalah tempat pembibitan aneka tanaman bunga dan tanaman lain yang berasal dari daerah tropis. Meski berada di dalam ruangan suasana di Cloud Forest sangat sejuk dan dingin akibat percikan dari air terjun buatan setinggi 35 meter tersebut.

Air yang didapat untuk membuat air terjun buatan tersebut berasal dari sebuah waterfront yang letaknya tak jauh dari Garden by the Bay yang juga tempat yang sama bagi sumber air bersih bagi warga Singapura.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGteXI4Hk2S/ hidecaption=true width=640]

Fakta unik lain mengenai Garden by the Bay adalah lokasi nya yang dibangun di atas lahan reklamasi. Tentu semua tahu bahwa luas wilayah Singapura sangat sempit sehingga untuk mendapatkan lahan tambahan mereka harus melakukan reklamasi.

Bagi traveler yang penasaran seperti apa sih kerennya Cloud Forest dengan air terjun indoornya ini bisa langsung saja bertolak ke Singapura dan menuju ke Garden by the Bay. Biaya masuk ke objek wisata ini sebesar SGD 28 atau setara dengan Rp. 276 ribu. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Kota Besar di Indonesia yang Terkenal dengan Pusat Kulinernya Selama Ramadan

8 Tempat Paling Hits Buat Ngabuburit Orang Solo