in

Wisata Kuliner di Prawirotaman, Rasa Mantap ala Kampung Bule Jogja

Hany's [via instagram @cyngs ]

Jika ke Jogja jangan cuma menjelajahi Jalan Malioboronya saja. Di sana memang penuh dengan hal menarik, kamu bisa membeli berbagai barang dan berburu makanan khas. Namun Kota Gudeg itu nggak cuma sebatas Malioboro saja, ada jalan-jalan lain di sekitarnya yang nggak kalah menantang untuk didatangi. Salah satunya adalah Prawirotaman. Kamu mungkin lebih mengenalnya dengan nama Kampung Bule. Sebutan tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Jika kamu ke sana, jangan heran jika ada banyak bule atau turis asing yang sliweran baik datang maupun pergi.

Baca juga : Nikmati Kesegaran 4 Sop Kambing di Tengah Gerahnya Ibukota, Bikin Nagih!

Selama ini Prawirotaman dikenal sebagai tempat yang paling disukai Bule untuk mencari penginapan. Memang, di sepanjang jalan terdapat bangunan-bangunan yang khusus dibuka sebagai tempat menginap. Selain itu, kamu juga bisa berburu kuliner di lokasi yang terkenal dengan batiknya itu. Kamu bisa mulai petualanganmu mencari kuliner enak di Prawirotaman dari beberapa tempat berikut ini.

1. Tempo Gelato Yogyakarta

Tempo Gelato [via instagram @ceritamakan ]
Tempo Gelato [via instagram @ceritamakan ]
Jika dilihat dari luar saja, bangunan Tempo Gelato susah menarik perhatian. Nuansa retro akan semakin terasa saat kamu masuk ke dalamnya. Dari sebutannya saja, kamu mungkin sudah tahu jika kedai ini menyediakan menu utama berupa gelato. Yaitu es krim yang dibuat dengan cara khas Italy. Memang ada beberapa camilan lain, namun kamu tidak akan mendapatkan makanan berat di sini. Seperti nasi dan sejenisnya. Sebagai sandingan, saat menikmati gelato, coba saja mencicipi kopinya. Letak Tempo Gelato tentu saja ada di Prawirotaman, tepatnya di  Jl. Prawirotaman No. 43, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

2. Aglioo Pizza

Aglio Pizza [via instagram @ditsurr ]
Aglio Pizza [via instagram @ditsurr ]
Kangen dengan cita rasa masakan Eropa? Datang saja ke Aglioo Pizza yang terletak di Prawirotaman. Kedainya cukup ramai pengunjung setiap harinya. Makanan yang tersedia juga mantap dengan harga sesuai dengan rasa. Jauh-jauh ke sini, kamu harus mencoba pizzanya. Karena menu tersebut adalah andalan di Anglioo Pizza. Ada banyak jenis pizza yang bisa kamu pilih. Selain itu, terdapat menu lain seperti nasi goreng dan aneka minuman. Ada juga pasta dan steak dengan bumbu khas yang mantap. Anglio Pizza membuka gerainya di Jalan Prawirotaman No. 29, Kota Yogyakarta.

3.  Hani’s Restaurant and Bakery

Hany's [via instagram @cyngs ]
Hany’s [via instagram @cyngs ]
Jika datang ke Jalan Prawirotaman No. 14, maka kamu akan menemukan sebuah kedai yang cukup luas. Nuansanya begitu klasik dan unik. Tempat tersebut bernama Hani’s Restaurant and Bakery. Aneka kue dan roti bisa mudah kamu dapatkan di sini. Jika masih lapar, bisa mencoba menu beratnya seperti pasta dan pizza. Ada juga nasi Bali porsi Bule alias banyak. Jadi di satu tempat kamu bisa merasakan menu dari berbagai daerah, termasuk luar negeri.

4. Warung Heru

Warung Heru [via instagram @warungheru ]
Warung Heru [via instagram @warungheru ]
Yang satu ini juga cukup terkenal di Prawirotaman. Menyuguhkan tempat yang nyaman dan menu lezat, rasanya begitu pas terutama di lidah orang-orang Indonesia. Jadi jangan khawatir, meski dikenal sebagai Kampung Bule, tapi Prawirotaman juga ramah untuk turis lokal, termasuk soal makanan. Masuk ke Warung Heru akan membuatmu kagum dengan interior sekaligus pernak-perniknya. Tunggu sampai kamu mencicipi hidangannya. Ada beberapa menu khas Yogyakarta seperti “Mangut Lele”. Lokasi Warung Heru ini terletak di Jalan Prawirotaman I No. 33, Kota Yogyakarta.

5. Mount Merapi Bistro & Bakery

Mount Merapi [via instagram @mountmerapi_bistro ]
Mount Merapi [via instagram @mountmerapi_bistro ]
Mantap, itulah kata yang pas untuk menggambarkan Mount Merapi Bistro & Bakery. Mulai dari tempat, makanan, hingga pelayannya semunya keren. Berbagai kuliner enak ala Eropa bisa kamu cicipi. Sebut saja Beef Stroganof, olahan daging sapi dengan saus mantap pas banget untuk makan siang. Minumannya juga banyak jenisnya, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu. Tentunya yang sudah tercantum di daftar menu ya. Nuansa Eropa nggak cuma terlihat dari makannya saja, saat kamu duduk dan menikmati interior restoran, kamu akan merasakan atmosfer Jogja ala Eropa. Buktikan sendiri dengan datang ke Jalan Prawirotaman 1 No. 49, Yogyakarta.

6. Kedai Cungky’s

Cungky's [via instagram @cungkys ]
Cungky’s [via instagram @cungkys ]
Tak jauh dari Mount Merapi Bistro & Bakery, ada kedai unik dan menarik juga yaitu Cungky’s. Menu di sini lebih beragam. Ada masakan lokal, oriental, hingga Barat juga ada. Tentu saja, rasanya jadi lebih beragam. Kamu bisa memilih menu yang paling kamu suka dan sesuai dengan lidahmu. Misalnya saja Nasi Ayam Teriyaki, Mimoza Sosis dan lain sebagainya. Semuanya enak-enak dan memiliki rasa unik. Seunik tempatnya, dijamin kamu akan betah berlama-lama nongkrong do Kedai Cungky’s. Alamatnya terletak di  Jl. Prawirotaman No. 48, Jogja.

7. Sellie Coffee

Sellie Coffe [via instagram @shiska_kolang ]
Sellie Coffe [via instagram @shiska_kolang ]
Nama kafe ini langsung mencuat setelah dijadikan tempat syuting Nicholas Saputra dan Dian Sastro di film terbarunya yaitu AADC 2. Tidak berada di tempat yang terlalu luas, namun nuansanya begitu khas. Banyak yang menjadikan tempat ini untuk berfoto-foto. Tentu saja menu andalannya adalah racikan kopi dengan rasa mantap. Untuk berpose di bangku yang pernah diduduki oleh Cinta dan Rangga dalam film, kamu bisa datang ke Jalan Gerilya NG 3 / 822, Prawirotaman 2, Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat kuliner yang cukup terkenal di Prawirotaman. Adanya lokasi tersebut membuat Prawirotaman jadi lebih nyaman dan makin keren.

  Next

ramadan
kepulauan seribu

Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu yang Membuatmu Serasa di Maldives

Berakhir Pekan di Kota Sendiri, ini Hal-Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan