in , ,

Sinonggi, Makanan Khas Suku Tolaki Kaya Akan Manfaat

Sinonggi menjadi makana khas Kendari terbuat dari sagu
Sinonggi menjadi makana khas Kendari terbuat dari sagu

Keanekaragaman budaya Indonesia melahirkan berbagai macam perbedaan mulai dari suku, agama hingga berbagai kuliner yang kian unik. Terlebih pada Indonesia bagian tengah yang berada di pulau Sulawesi menawarkan berbagai macam jenis kuliner yang lezat. Bahan bakunya pun tergolong unik, biasa terbuat dari tepung sagu. Makanan ini bernama Sinonggi, salah satu jenis makanan khas dari tanah Tolaki Sulawesi Tenggara. Sudah penasaran kan dengan makanan satu ini? Coba simak berbagai mancafaatnya.

Baca juga : Menilik Rumah Pohon di Atas Bukit Bejagan yang Menakjubkan

Manfaat Sinonggi Bagi Kesehatan

Sinonggi menjadi makana  khas Kendari terbuat dari sagu
Sinonggi menjadi makana khas Kendari terbuat dari sagu. Foto via travelerparuhwaktu.com

Tepung sagu sangat gampang ditemukan di daratan Sulawesi. Pohon yang berjenis seperti palma ini tumbuh subur di berbagai daratan pulau Sulawesi. Mulai dari tanah bencah yang padat, rawa-rawa air hingga aliran sungai dan dataran tinggi sekalipun akan tetap tumbuh. Saking banyaknya dan tumbuh subur sehingga banyak masyarakat Sulawesi Tenggara memanfaatkannya menjadi tepung sebagai pengganti nasi.

makan singonggi dengan sayur bayam dan ikan laut
makan singonggi dengan sayur bayam dan ikan laut. Foto via Blogberitasultra.com

Tepung sagu ini banyak di olah masyarakat Kendari dengan Songgi. Masyarakat Tolaki hampir setiap hari mengkonsumsi salah satu jenis makanan ini. Kandungan gizinya jagan ditanya lagi, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh karena kandungan potasium yang begitu banyak. Serta dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh. Sinonggi juga dapat mencegah maag, dan mampu meningkatkan kesehatan pada persendian tulang.

Sinonggi Terhidangkan Dengan Lauk Pauk

Nah, tak jauh beda dengan nasi yang biasa dimakan dengan berbagai lauk-pauk. Sinonggi juga sama halnya lebih terasa nikmat ketika disantap dengan berbagai lauk pauk pilihan sesuai selera. Karena rasa dari songgi yang hambar, kamu dapat memakannya dengan lauk yang berkuah dengan rasa yang gurih. Meski tekstur Sinonggi layaknya lem dan lengketserta kenyal ternyata lebih enak dimakan menggunakan kuah. Misalnya kuah kare, kuah bandeng, dan sebagainya.

Sinonggi disantap dengan kuah kare
Sinonggi disantap dengan kuah kare. Foto via budayaindonesia.org

Lebih mantap lagi ketika lauk berkuah yang masih dalam keadaan hangat atau panas. Masyarakat Tokali biasa memakan Songgi dengan berbagai sayuran seperti sayur bening, sayur kacang, sayur bayam, dan jenis sayur santan lainnya.

Sinonggi Disantap Dengan Sambal Pedas

Sinonggi cocok sekali disantap dengan sambal terasi yang pedas
Sinonggi cocok sekali disantap dengan sambal terasi yang pedas. Foto via finnafood.org

Bagi penikmat pedas, rasanya makanan akan hambar jika tidak tersedia sambal. Begitupun dengan Sinonggi, makanan khas Kendari ini akan lebih nikmat jika disertai rasa pedas. Indonesia memang tak jauh dari makanan yang berasa pedas. Cabe adalah salah satu terpenting dalam masakan nusantara. Racikan cabe, tomat, bawang merah, bawang putih serta terasi akan meningkatkan rasa dalam makanan dan pastinya menggugah selera.

Rasa gurihnya lauk pauk dan sayuran, serta nikmatnya sambal akan memberikan kenikmatan tersendiri ketika menyantap Songgi ini. Next

ramadan
Al Bayt Stadium Qatar

Al Bayt Stadium Qatar, Stadion yang Menjadi Venue Pembuka Ajang Piala Dunia 2022

Rumah Bugis menjadi salah satu rumah adat Sulawesi Selatan

Mau Tau Keunikan dan Fakta Rumah Adat Bugis? Yuk Simak Ulasannya!