in , ,

Sliweran di Drakor, Ini Kuliner Korea yang Enak

FI Kuliner Korea
FI Kuliner Korea

Kuliner Korea yang lezat dapat ditemukan hampir di mana-mana di kota-kota besar Indonesia. Masakan negeri ginseng ini juga dikenal seiring dengan maraknya drakor. Jika termasuk pecinta drakor, beberapa kuliner berikut ini mungkin pernah Teman Traveler lihat. Banyak dari makanan lezat ini telah ada selama lebih dari 2.000 tahun, sebagian hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan Korea.

Baca juga : 7 Negara dengan Tradisi Natal Paling Ajaib

Makanan Korea menjadi sangat populer. Penduduk lokal dan turis menggambarkannya sebagai hidangan gurih, pedas, hangat, dan bergizi yang dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari. Berikut ini adalah daftar makanan Korea terbaik yang dicicipi.

1. Kimchi

Hidangan khas Korea ini telah ada selama lebih dari 2.000 tahun, sejak Dinasti Shilla. Kimchi terdiri dari kubis Korea, lobak, labu, bawang merah, jahe, dan daun bawang. Ditambah dengan bubuk cabai, bawang putih yang dihancurkan, dan berbagai seafood. Setelah itu disempan untuk difermentasi.

Kimchi Korea
Kimchi Korea via CNN

Setidaknya ada 200 an lebih variasi kimchi. Masakan tradisional ini bisa disantap langsung atau dengan nasi putih. Bisa juga ditambahkan ke dalam bubur, sup, dan kue beras. Kimchi juga menjadi bahan dasar dari banyak hidangan turunan seperti kimchi stew (kimchi jjigae), kimchi pancake (kimchijeon), dan nasi goreng kimchi.

2. Bibimbap

Makanan Korea lain yang wajib dicoba adalah bibimbap. Hidangan ini cukup mengenyangkan dan bergizi. Saat ini penjualnya juga banyak, ada di restoran, pujasera, dan street food. Bibimbap dapat disajikan sebagai hidangan berbahan dasar daging atau vegetarian.

bibimbap
bibimbap Gambar oleh Nikki dari Pixabay

Bibimbap yang paling umum terdiri dari nasi hangat dengan campuran sayuran, daging sapi atau ayam. Ditambah telur mentah, kecap dan sesendok pasta cabai untuk bumbu. Kuliner ini ideal untuk pecinta makanan laut. Ada variasi bibimbap Korea yang disebut hoedeopbap, yang mengganti daging dengan makanan laut mentah seperti salmon, tuna, atau gurita.

3. Tteokbokki

tteokbokk
tteokbokk Gambar oleh 709 K dari Pixabay

Tteokbokki adalah street food tradisional Korea yang dibuat dari irisan tebal garaetteok (kue beras rebus), kue ikan, bawang merah, bawang putih potong dadu, garam, gula, dan berbagai macam sayuran yang digoreng dengan saus cabai merah manis. Camilan populer ini biasanya dijual di pedagang kaki lima dan kedai makanan Korea.

4. Bulgogi

ttukbaegi
ttukbaegi Gambar oleh hyun chun kim dari Pixabay

Bulgogi terdiri dari irisan tipis daging sapi bagian sirloin yang diasinkan. Kemudian dimasak bersama irisan bawang bombay, paprika hijau, dan bawang putih menggunakan pembakar arang. Sehingga menghasilkan rasa yang khas. Sebelum dipanggang, daging direndam antara 2 hingga 4 jam dalam bumbu berisi campuran kecap, minyak wijen, lada hitam, bawang putih, bawang merah, jahe, dan gula untuk menambah rasa.

Hidangan ini juga disajikan dengan sayuran seperti selada dan bayam. Teman traveler bisa membungkus sepotong daging matang lalu menyantapnya.Sseringkali bulgogi dimakan bersama dengan ssamjang (pasta pedas) dan kimchi.

5. Jajangmyeon

Jajangmyeon
Jajangmyeon via Fimela

Jajangmyeon adalah hidangan fusion Korea dan Tiongkok. Menggunakan mie gandum buatan tangan yang tebal dengan irisan mentimun mentah di atasnya. Kemudian dicampuran pasta kedelai hitam, potongan daging dan sayuran. Mereka yang tidak menerima hadiah saat Hari Valentine mengenakan pakaian hitam dan berkumpul untuk mengonsumsi makanan berwarna hitam seperti jajangmyeon.

Itulah beberapa menu khas Korea yang mungkin sering Teman Traveler lihat di drakor. Pernah coba yang mana nih? Next

ramadan
Mabuk perjalanan ketika road trip

Mabuk Perjalanan Ketika Road Trip? Berikut Tipsnya

FI Hotel di Selong Belanak

Berkelas, Ini Rekomendasi Hotel di Selong Belanak Lombok