in , ,

Jajan Soto Betawi Legendaris di Jakarta

Soto Betawi Legendaris Jakarta

Soto Betawi hadir dalam kuliner Jakarta sejak tahun 1970an. Namun, soto ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum itu, hanya belum memakai nama ‘Betawi’ di belakangnya. Seperti halnya soto sulung atau Lamongan, soto khas Jakarta juga dilengkapi dengan jeroan di dalamnya. Ini dia deretan soto Betawi legendaris yang wajib diicip satu persatu. Mana saja, ya?

Baca juga : 5 Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia

Soto Betawi Haji Maruf

Menu lengkap Soto Betawi Haji Maruf
Menu lengkap Soto Betawi Haji Maruf (image source)

Daerah Taman Ismail Marzuki diramaikan dengan pengunjung Soto Betawi Haji Maruf yang tak pernah sepi. Buka sejak tahun 1940, warung soto ini sudah dijalankan generasi kedua. Soto Betawi yang awalnya dikelola oleh Pak Haji Maruf ini memang sudah terkenal sejak zaman penjajahan Jepang dan Belanda. Daging empuk khas Soto Betawi Pak Haji Maruf memang mengalami proses panjang sebelum disajikan, yaitu diukep dengan bumbu, dipresto, hingga digoreng. Selain soto, warung Haji Maruf juga menghidangkan laksa Betawi, juga sate kambing.

Soto Betawi Haji Maruf
Soto Betawi Haji Maruf (image source)

Lokasi : Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat

Soto Betawi Haji Mukti

Soto Betawi Haji Mukti dan menu lainnya
Soto Betawi Haji Mukti dan menu lainnya (image source)

Soto Betawi yang terkenal lainnya adalah milik Haji Mukti. Beliau memiliki saudara yang membuka warung serupa, yaitu Soto Betawi Haji Mamat. Di sini, Soto Betawi disajikan dalam dua pilihan, yaitu kuah santan atau  susu. Bisa dipilih sesuai selera. Selain soto Betawi, warung Pak Haji Mukti juga menyediakan menu lain yang rasanya tidak kalah nikmat. Sebut saja oseng daging, hingga sop.

Nikmatnya soto betawi Haji Mukti
Nikmatnya soto betawi Haji Mukti (image source)

Lokasi :  Jl. Raya Puspitek, Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten

Soto Jakarta Pak Haji Yus

Soto Jakarta Haji Pak Yus
Soto Jakarta Haji Pak Yus (image source)

Sebelumnya, Soto Jakarta Pak Haji Yus ini berlokasi di daerah Menteng. Namun, setelah buka cabang di Gading Serpong, banyak pelanggan yang gembira. Soto Jakarta milik pak Haji Yus menggunakan kuah dari susu murni, tanpa campuran santan. Tapi, jangan khawatir. Campuran bumbunya yang sangat pas, membuat kuah soto Jakarta ini nggak enek. Banyak pilihan daging yang bisa dicoba, seperti paru, hingga kikil. Harganya pun cukup mahal dibanding dengan Soto Betawi yang lainnya, yaitu 32 ribu untuk seporsi. Tapi, untuk selera, apa sih yang nggak?

Menu lain Soto Jakarta Pak Haji Yus
Menu lain Soto Jakarta Pak Haji Yus (image source)

Lokasi : alan Minangkabau No. 40, Setiabudi, RT.1/RW.1, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Soto Betawi Haji Husein

Soto Betawi Haji Husein
Soto Betawi Haji Husein (image source)

Soto Betawi Haji Husein merupakan warung yang sangat terkenal yang berlokasi di daerah Manggarai. Warung milik pak Husein ini sudah berdiri sejak tahun 1988. Haji Husein sendiri mengaku tak ada resep rahasia untuk sotonya. Yang jelas, soto tidak enek. Kuah yang digunakan dalam soto betawi Pak Haji Husein ini adalah campuran santan dan susu. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 15 ribu. Sedang seporsi soto istimewa seharga 22 ribu. Murah dan bahagia, kan.

Soto Betawi Pak Haji Husein yang nikmat
Soto Betawi Pak Haji Husein yang nikmat (image source)

Lokasi : Jl. Padang Panjang No. 6C, Kel. Pasar Manggis, Kec. Setiabudi, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Soto Betawi Haji Mamat

Soto Betawi haji Mamat
Soto Betawi Haji Mamat (image source)

Soto Betawi Haji Mamat juga sudah nama baru di kuliner Jakarta yang beragam. Outletnya sempat tutup, namun kini warung ini sudah punya 6 cabang, yaitu di Rawa Buntu Taman Tekno, Ruko Boulevard Summarecon, Ruko Karawaci Pasar Modern, Ruko Tangerang City, The Breeze BSD, dan di food court AEON Mall. Di sini, soto betawi hanya disediakan dengan kuah santan. Jangan khawatir, ada banyak menu lain yang bisa dicoba, seperti Oseng Daging. Meski mematok harga yang lumayan, yaitu 30 ribu untuk satu porsi soto betawi, namun sebanding dengan rasanya yang nendang.

Menu lain Soto haji Mamat
Menu lain Soto Haji Mamat (image source)

Lokasi : JL Rawa Buntu, Serpong

kuliner Jakarta memang tidak terkalahkan meski banyak menu western yang masuk ke Indonesia. Ujung-ujungnya pasti kangen dengan makanan nusantara. Bagaimana, siapa nih yang sudah nyobain deretan Soto Betawi di atas? Next

ramadan

One Pose Cafe, Istana Idaman Kaum Hawa di Surabaya

Negara-Negara ini Paling Aman Untuk Liburan