in , , , , ,

Stonehenge Ala Sleman, Tak Perlu Jauh-Jauh ke Inggris

Kalau di Simpang Lima Gumul, Kediri ada bangunan yang mirip dengan Arc De Triomphe nya paris. Di Sleman Yogyakarta ini sekarang ada Stonehenge mirip aslinya di Inggris yang dibuat oleh manusia loh! Cuma yang ini lokasinya ada di Lereng Gunung Merapi yogyakarta. Buat yang belum mengetahui Stonehenge ini adalah salah satu wisata bersejarah di negara Inggris yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Lokasinya sendiri terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris.

Baca juga : Martabak isi Samyang, Kuliner Terbaru Pedes Gila

Wisata Sleman ala Ingrris bernama Stonehenge. Foto via paketwisatajogja.com

Nah, teman traveler tak perlu jauh jauh mendatangi Inggris untuk melihat stonehenge. Bagi masyarakat Jogjakarta mungkin ini wisata yang menarik karena baru dibuka sekitar 4 tahun yang lalu. Memang buatan tangan manusia dan dibuat pada era millenial, bukan pada era Perunggu atau Neolitikum. Namun bentuknya hampir menyerupai aslinya di Inggris loh! Stonehenge yang ada di Sleman Yogyakarta ini menempati areal seluas sekitar 200 meter persegi. Lokasinya lumayan luas, jadi bisa digunakan sebagai tempat foto-foto yang asik. Apalagi jika berfoto dengan menggunakan drone dalam kondisi cuaca yang cerah.

Sore hari menjelang matahari terbenam tampak indah di setiap celah batuan stonehenge. Foto via jogjakeren.com

Untuk kalian yang ingin mencoba berlibur ke Stonehenge Sleman, perlu diingat bahwa tempatnya berada di Dusun Petung, Desa Kepunharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Merapi, jadi kalian bisa sekalian menikmati keindahan Gunung Merapi juga. Dusun Petung sendiri sebenarnya juga merupakan salah satu tujuan Jeep Lava Tour yang diadakan di kawasan lereng Gunung Merapi. Jadi mungkin yang ikutan tur tersebut bisa sekalian mampir ke wisata stonehenge.

Tampak dari atas tampilan stonehenge Sleman yang indah. Foto via paketwisatajogja.com

Karena lokasinya dekat dengan Gunung Merapi, jadinya Stonehenge Sleman ini juga berada di kawasan rawan bencana yang berjarak 5 km dari puncak merapi. Namun tenang saja, karena kalau gunung merapi akan meletus, pasti ada tanda-tandanya, dan tempat wisata ini pasti akan ditutup terlebih dahulu. Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp. 5000 per orang kalian sudah bisa berfoto sepuasnya di area Stonehenge. Untuk kamu yang doyan berfoto, cobalah membuat formasi foto sambil tiduran di hamparan rerumputan yang hijau dengan background bebatuan yang melingkar, sangat indah!

Spot terkeren di stonehenge Sleman. Foto via dejogjaadventure.com

Obek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung dapat memilih waktu kunjungan dan waktu yang tepat adalah pagi atau sore hari. Karena di siang hari matahari sangat terik, kecuali ketika mendung. Jam operasional dibuka mulai dari pukul 07.00 hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Waktu menjelang tutup adalah waktu terbaik untuk menikmati sunset disela sela bebatuan yang indah. Next

ramadan

Kunjungi Kerkhof Peutjoet, Makam Belanda Terbesar di Aceh

Jelajah Kawasan Pecinan Jakarta, Nikmati Romantisme Sejarah Etnis Tionghoa di Ibu Kota