in , , ,

Takjubnya Pertunjukan Seni Cahaya di Sumonar Fest 2022 Yogyakarta

Sumonar Fest 2022 Yogyakarta digelar ditembok bangunan Bank BNI titik nol kilometer
Sumonar Fest 2022 Yogyakarta digelar ditembok bangunan Bank BNI titik nol kilometer

Seni memang identik dengan objek benda yang terbuat dari berbagai bahan dan terbentuk indah sebagai bentuk komunikasi antara seniman dan masyarakat. Ternyata objek seni bukanlah dalam bentuk gambar, musik, pertunjukan ataupun kreasi tulisan saja namun ada seni yang tergolong berbeda dari biasanya yakni diwujudkan dalam bentuk cahaya. Kreasi seni inilah yang membuat para traveler mulai terkesima. Dan mulai digencarkan dalam berbagai pertunjukkan salah satunya adalah Sumonas Fest 2022 di Yogyakarta.

Baca juga : Timlo Solo, the Eclectic Soup with Long History

Sumonar Fest 2022 Yogyakarta digelar ditembok bangunan Bank BNI titik nol kilometer
Sumonar Fest 2022 Yogyakarta digelar ditembok bangunan Bank BNI titik nol kilometer. Foto via twitter.com

Acara yang digelar pada awal Oktober ini sebagai bentuk peringatan HUT kota Yogyakarta. Pergelaran seni cahaya ini membuat banyak pengunjung yang membanjiri Jogja Nasional Museum (JNM). Berbagai instalasi cahaya mulai dirakit hingga menjadikan sorotan cahaya membentuk berbagai macam ilustrasi. Berbagai macam keseruan seni cahaya ini dapat diulas dibawah ini.

Keindahan Proyek “Theatrica Realismus”

Keindahan Proyek Theatrica Realismus di area Jogja National Museum
Keindahan Proyek Theatrica Realismus di area Jogja National Museum. Foto via youtube.com

Keunikan Sumonar Fest 2022 ini adalah keindahan dari proyeksi cahaya Theatrica Realismus yang terdapat di Jogja National Museum dengan pertunjukan permainan cahaya yang membentuk hingga ratusan objek di salah satu tembok gedung JNM. Ada beberapa gambaran yang menjadi palin gindah adalah pertunjukan gedung-gedung bersejarah yang bewarna-warni, berbagai pola abstrak dan sebagainya.

Ruang Metamorpholux

Ruang Metamorpholux sebagai sajian pertunjukan cahaya
Ruang Metamorpholux sebagai sajian pertunjukan cahaya. Foto via pilar.id

Tetap berada di Gedung Jogja National Museum, dihari berikutnya menampilkan permainan cahaya disalah satu sudut ruangan. Puluhan pola objek warna-warni yang dipancarkan dari cahaya ini membuat pengunjung semakin kagum. Mereka mengabadikan momen indah ini dengan mengantri berfoto selfie. Metamorpholux paling keren terdapat diruangan yang dipenuhi dengan cahaya warna merah, cahaya yang membentuk seperti ornamen kotak-kotak, hingga cahaya yang dipancarkan membentuk pola grafiti.

Berbagai Workshop

berbagai workshop di acara sumonar fest 2022
berbagai workshop di acara sumonar fest 2022. Foto via gedegnet.com

Uniknya diacara Sumonar Fest 2022 Yogyakarta ini tidak hanya menggelar pameran cahaya namun pihak panitia juga menggelar beberapa workshop yang bisa diikuti oleh pengunjung. Salah satunya workshop tentang video mapping oleh Tedi Mursalat dari LZY visual. Hingga dipertengahn materi, tampak pengunjung mulai antusias dan berdiskusi dengan sang pemateri.

Pertunjukan Cahaya di Nol Kilometer

Pertunjukan cahaya indah di sisi tembok gedung Bank BNI
Pertunjukan cahaya indah di sisi tembok gedung Bank BNI. Foto via harianjogja.com

Puncak acara Sumonar Fest 2022 ini berada di gedung tua Bank BNI area titik nol kilometer. Acara ini menampilkan permaian cahaya indah didua sisi tembok Bank BNI yang dimainkan mulai pukul 18.00 WIB. Acacara yang digelar mulai tanggal 4 Oktober hingga 12 Oktober ini mampu membuat traveler dari luar kota membanjiri kawasan titik nol kilometer Yogyakarta. Tak hanya pengunjung, para pengendarapun juga mengurangi kecepatan kendaraannya hanya untuk menikmati indahnya pertunjukan dari sorotan lampu Next

ramadan
Nonton konser diruang terbuka

Tips Nonton Konser di Masa Kini Agar Tetap Aman dan Lancar

Ujung utara pulau Natuna menyuguhkan pantai Teluk Buton yang memukau

Menyusuri Indahnya Pantai Teluk Buton, Cagar Budaya Bawah Air Yang Menakjubkan