in

Catat! Tanggal-Tanggal Paling Tidak Direkomendasikan Untuk Bepergian di Tahun 2016

Musim Gugur di Jepang, via instagram

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya transportasi memegang peringkat pertama terbesar dalam urusan traveling. Untuk itu banyak traveler yang giat mencari tiket promo ke destinasi impian demi menghemat anggaran perjalanan. Tak sedikit pula maskapai yang memberikan promo murah di waktu-waktu tertentu.

Baca juga : Tips Menginap di Hotel dan Menikmati Fasilitas Restoran Saat Pandemi Covid-19

Sudah bisa dijadikan tolok ukur jika tanggal merah menjadi waktu puncak liburan di berbagai negara. Hal ini berimbas pula pada mahalnya biaya penerbangan. Namun tahukah kamu jika di luar tanggal merah ternyata ada juga tanggal-tanggal yang paling tidak direkomendasikan untuk melakukan penerbangan. Seperti dirilis oleh situs Inggris yang menganalisa data penerbangan, Flight Centre inilah 9 tanggal paling buruk untuk melakukan perjalanan di tahun 2016.

1. Tanggal 12 Februari

Bulan Februari umumnya dikaitkan dengan hari kasih sayang karena pada tanggal 14 dikenal dengan hari valentine. Hari tersebut banyak dirayakan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Namun bukan karena valentine yang bikin tiket pesawat menjadi mahal melainkan berkaitan dengan salah satu aktivitas olahraga di salju yang banyak disukai traveler dunia.

Resor ski di pegunungan Alpen, via instagram
Resor ski di pegunungan Alpen, via instagram

Traveler bisa terbang ke negara mana pun di dunia pada bulan Februari namun ada satu tanggal yang paling direkomendasikan untuk tidak melakukan penerbangan khususnya ke negara-negara di Eropa. Yaitu tanggal 12 Februari, tanggal tersebut begitu populer bagi traveler pecinta ski. Sudah pasti pada tanggal itu tiket pesawat ke berbagai destinasi ski dunia akan melonjak beberapa kali lipat. Apalagi bulan ini adalah waktunya libur tengah semester yang membuat makin banyak traveler yang pengen liburan di Eropa.

2. Tanggal 24 Maret

Pada bulan Maret traveler perlu menghindari pemesanan tiket pesawat pada tanggal 24, pasalnya ini adalah satu hari sebelum libur panjang Wafat Isa Almasih atau dikenal dengan hari Paskah. Khususnya destinasi dengan mayoritas penduduk beragama Kristen akan memiliki banyak perayaan pada hari tersebut sehingga berimbas pada mahalnya tiket pesawat.

Perayaan Paskah, via instagram
Perayaan Paskah, via instagram

Pada tanggal 24 Maret 2016 ini Flight Centre mencatat akan banyak maskapai yang menaikkan harga tiket pesawat menuju berbagai negara di dunia. Untuk itu sebaiknya traveler yang hendak ke luar negeri memilih hari lain jika ingin mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau.

3. Tanggal 13 April

Tanggal 13 April 2016 adalah hari buruk untuk melakukan penerbangan ke Thailand. Hal ini bukan didasarkan pada ramalan primbon, namun memperhatikan realita yang ada bahwa pada tanggal tersebut Negeri Gajah Putih akan mulai melangsungkan Festival Songkran alias perang air yang sangat meriah dan banyak dinantikan oleh traveler dunia.

Festival Songkran di Thailand, via instagram
Festival Songkran di Thailand, via instagram

Jika kamu mau bergabung dalam festival tersebut sebaiknya luangkan lebih banyak waktu, ambil cuti lebih panjang dan datang ke Thailand lebih awal dari jadwal Festival Songkran. Namun bagi traveler yang berbudget tebal nampaknya seberapa besar harga tiket tidak akan menjadi masalah bagi mereka.

4. Tanggal 27 Mei

Sepertinya tanggal 27 Mei 2016 adalah waktu ideal untuk melakukan liburan ke luar negeri. Namun tidak banyak yang menyadari jika saat itu juga bertepatan dengan tanggal libur aktivitas sekolah dan juga perbankan di mana akan banyak sekali traveler yang juga ingin pergi berlibur. Maskapai penerbangan pun dijamin sudah tanggap jauh-jauh hari jika pada tanggal tersebut akan terjadi peningkatan penumpang, sehingga tiket pesawat akan jadi lebih mahal.

Sunrise di Ibiza, via instagram
Sunrise di Ibiza, via instagram

Pada tanggal 27 Mei juga digadang-gadang sebagai waktu terbaik untuk berburu matahari terbit di kawasan Mediterania, sebuah kawasan yang terkenal istimewa di Eropa. Beberapa negara yang berada di wilayah Mediterania antara lain Turki, Yunani, Albania, Montenegro, Serbia-Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Malta, Italia, Perancis, Monako, dan Spanyol. Negara-negara tersebut dikenal memiliki pantai yang keren dan menjadi jujugan wisatawan dunia.

5. Tanggal 11 Juni

Sebenarnya bukan hanya pada tanggal 11 Juni saja waktu terburuk untuk pergi traveling ke Prancis melainkan hampir sepanjang bulan Juni hingga pertengahan Juli. Pasalnya pada rentang waktu tersebut negara ini akan menggelar hajatan akbar sepakbola se-Eropa bertajuk Euro 2016.

Stadion Stade de France, via instagram
Stadion olahraga, via instagram

Sudah pasti penikmat sepakbola akan berduyun-duyun datang ke Prancis sebagai tuan rumahnya, apalagi pertandingan bola antar negara-negara se-benua biru ini akan menampilkan para bintang lapangan hijau yang terkenal di dunia. Otomatis penerbangan menuju ke Prancis akan sangat mahal pada periode tersebut.

6. Tanggal 1 Juli

Kebanyakan sekolah di dunia pada bulan Juli sedang memasuki masa libur akhir tahun pelajaran. Untuk itu bukan hanya negara-negara tertentu saja yang bakal mahal tiket pesawatnya, namun hampir seluruh penerbangan ke negara di seluruh dunia mengalami kenaikan.

Kawasan patung Merlion di Singapura, via instagram
Kawasan patung Merlion di Singapura, via instagram

Cara menyiasatinya adalah dengan memesan tiket jauh hari, bisa jadi jika traveler membeli tiket penerbangan pada bulan Juli dengan memesannya sekarang akan mendapatkan harga yang relatif masih murah. Jika melakukannya mendadak sudah bisa dipastikan jika tiket pesawat yang mahal akan mereka dapatkan.

7. Tanggal 21 Oktober

Hindari terbang pada tanggal 21 Oktober menuju negara-negara empat musim. Negara-negara tersebut sedang mengalami awal musim gugur, sehingga banyak sekali wisatawan yang akan berkunjung untuk menikmati dan menyaksikan keindahan panorama musim gugur di berbagai negara.

Musim Gugur di Jepang, via instagram
Musim Gugur di Jepang, via instagram

Bagi traveler Indonesia, umumnya mereka akan pergi berlibur ke Jepang untuk menyaksikan daun-daun berguguran. Jika kamu punya cukup dana yang melimpah tidak apa melakukan penerbangan pada tanggal tersebut, namun jika sebaliknya sebaiknya terbang di hari lain untuk menghemat biaya penerbangan.

8. Tanggal 6 & 24 November

Pada bulan November ada dua tanggal yang paling tidak direkomendasikan untuk melakukan penerbangan yaitu pada tanggal 6 dan 24 November 2016. Pada tanggal 6, hindari terbang ke Amerika Serikat khususnya New York, sebab bertepatan dengan satu minggu sebelum gelaran maraton New York yang bakal bikin harga tiket melambung tinggi.

New York Marathon, via instagram
New York Marathon, via instagram

Sedangkan pada tanggal 24 atau pekan terakhir di bulan November berbagai negara Eropa dan Amerika akan merayakan Thanksgiving. Ini adalah perayaan tahunan yang sangat meriah dan banyak diminati traveler sehingga tanggal itu pula tiket pesawat menuju negara-negara Eropa dan Amerika akan mengalami peningkatan signifikan.

9. Tanggal 22 Desember

Umumnya pekan terakhir bulan Desember setiap tahun adalah puncak dari kegiatan wisata di berbagai negara. Sebab pada tanggal itu setiap negara memiliki perayaan Natal dan tahun baru yang meriah. Namun dari sekian banyak negara, traveler paling direkomendasikan untuk tidak datang ke Australia dan Selandia Baru di tanggal 22 Desember.

Malam tahun baru di Sydney, via instagram
Malam tahun baru di Sydney, via instagram

Harga tiket liburan Natal pada tanggal itu akan mencapai puncaknya di dua negara tersebut. Jadi kalau mau merayakan Natal dan tahun baru di Australia dan Selandia Baru sebaiknya datang lebih awal atau jika tidak punya dana mending alihkan tujuan ke negara lain atau mending liburan di dalam negeri. Harga tiket pesawat akan kembali normal di awal Januari saat masa liburan usai.

Itulah tanggal-tanggal yang harus traveler hindari untuk terbang ke berbagai destinasi wisata di dunia beserta alasannya. Ini adalah rekomendasi yang boleh atau tidak perlu traveler ikuti tergantung dari kekuatan finansial masing-masing. Semoga bermanfaat. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Klik Kalau Mau Tahu Rahasia Move On Dari Libur Panjang

Kebun Teh Pagilaran, Liburan Murah Meriah dengan Suasana yang Mewah