in

10 Tempat Rahasia yang Sengaja Disembunyikan dari Publik

fi
fi

Banyak negara di dunia yang begitu menggembar-gemborkan daerah-daerah wisata yang dimilikinya guna menarik minat para turis agar devisa negara dapat terus membumbung. Akan tetapi justru ada beberapa negara yang sangat menutup diri dari sorotan dunia seperti Korea Utara.

Baca juga : 7 Negara dengan Aksi Pencurian Tertinggi di Dunia

Jangankan untuk berwisata, datang dengan tujuan bekerja atau belajar pun akan sangat sulit dilakukan. Berikut ini 10 lokasi di berbagai belahan dunia yang tak bisa didekati oleh penduduk biasa.

1. Svalbard Global Seed Vault, Norwegia

Svalbard Global Seed Vault, Norwegia [image source]
Svalbard Global Seed Vault, Norwegia [image source]
Lokasi yang terletak di Spitsbergen ini merupakan sebuah tempat konservasi bibit bunga. Svalbard Global Seed Vault dibuat oleh Conservationist Cary Fowler dan Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR) dengan tujuan untuk menlindungi sejumlah spesies flora dari krisis global.

2. Metro-2, Rusia

Metro-2, Rusia [image source]
Metro-2, Rusia [image source]
Metro-2 merupakan sistem metro bawah tanah yang terletak di Moskow. Memiliki codename D-6, sistem ini dibangun dan difungsikan pada masa Joseph Stalin. Kabarnya, sistem transportasi ini menghubungkan berbagai lokasi pemerintahan di Rusia. Sejumlah peneliti mengklaim telah menemukan jalan masuk ke Metro-2 pada tahun 2004 lalu.

3. Jiangsu National Security Education Museum, Cina

Jiangsu National Security Education Museum, Cina [image source]
Jiangsu National Security Education Museum, Cina [image source]
Jiangsu National Security Education Museum merupakan museum mata-mata yang terletak di Nanjing. Museum ini hanya boleh dimasuki oleh warga negara Cina karena menyimpan berbagai senjata rahasia yang digunakan oleh pemerintah setempat. Kabarnya, ada alat-alat canggih seperti yang muncul dalam film James Bond, misalnya saja pistol berbentuk lipstik hingga peta yang wujudnya mirip dengan setumpuk kartu remi.

4. Mount Weather Emergency Operations Center, Amerika

Mount Weather Emergency Operations Center, Amerika [image source]
Mount Weather Emergency Operations Center, Amerika [image source]
Dikenal juga dengan nama High Point Special Facility (HPSF), lokasi ini menjadi bunker pertahanan untuk orang-orang penting Amerika dari bencana besar maupun serangan nuklir. Tempat ini memiliki standar keamanan super ketat dan tak pernah sekalipun dimasuki oleh penduduk biasa.

5. Ise Grand Shrine, Jepang

Ise Grand Shrine, Jepang [image source]
Ise Grand Shrine, Jepang [image source]
Terletak di Ise, Jepang, kuil yang disucikan ini tak boleh dimasuki sembarangan orang bahkan untuk tujuan berdoa. Ise Shrine ini sebenarnya terdiri dari 123 kuil Shinto yang dimiliki oleh keluarga kekaisaran Jepang. Dikelilingi oleh tembok yang sangat tinggi, masyarakat hanya bisa melihat sebagian atap dari kuil ini.

6. Poveglia, Italia

Poveglia, Italia [image source]
Poveglia, Italia [image source]
Pulau kecil yang terletak di antara Venice dan Lido ini ditinggalkan penduduknya pada tahun 1793 akibat peperangan. Di abad ke-20, didirikan sebuah rumah sakit jiwa di tempat ini namun ditutup 2 tahun kemudian. Pulau ini kembali kosong dan ditutup untuk publik hingga kini karena dianggap berhantu.

7. Vatican Secret Archives, Vatikan

Vatican Secret Archives, Vatikan [image source]
Vatican Secret Archives, Vatikan [image source]
Terletak di Vatikan, The Vatican Secret Archives menjadi tempat yang menyimpan rahasia terkelam agama Katolik. Sangat sedikit orang yang diberikan akses ke tempat ini, termasuk beberapa peneliti yang diperbolehkan masuk sejak tahun 1881.

8. Lascaux Caves, Prancis

Lascaux Caves, Perancis [image source]
Lascaux Caves, Perancis [image source]
Gua Lascaux terkenal akan lukisan paleolitikum-nya yang diperkirakan sudah berusia 17.300 tahun. Gua ini ditemukan pada tahun 1940 oleh seorang anak laki-laki berusia 18 tahun bernama Marcel Ravidat. Alasan mengapa tempat ini ditutup untuk publik adalah untuk melindungi aset sejarah yang rawan rusak akibat kontaminasi bakteri.

9. Snake Island, Brazil

Snake Island, Brazil [image source]
Snake Island, Brazil [image source]
Memiliki nama asli Ilha da Queimada Grande, lokasi ini menjadi rumah dari spesies ular paling mematikan di seluruh dunia, Golden Lancehead Viper. Saat ini, ada sekitar 4.000 spesies Viper yang dilindungi oleh sejumlah peneliti dan ilmuwan yang tinggal di dalam mercusuar untuk menghindari serangan ular berbisa.

10. The Sentinelese People, Andaman Island

The Sentinelese People, Andaman Island [image source]
The Sentinelese People, Andaman Island [image source]
Penduduk Sentinel kabarnya sudah menghuni pulau ini sejak 60 ribu tahun lalu dan selalu terisolasi dari dunia luar. Sejumlah peneliti berusaha membangun kontak dengan penduduk asli pulau tersebut, namun selalu gagal. Bahkan, ada 2 orang nelayan tersesat yang dibunuh oleh penduduk setempat saat tak sengaja terdampar di pulau Sentinel.

Hingga saat ini, lokasi-lokasi tersebut selalu mengundang rasa penasaran publik. Hmm, kapan ya rahasia di tempat tersebut bisa terungkap?

  Next

ramadan
fi

12 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Siap Buat Mulut Menganga

8 Taman Rekreasi Terbaik di Dunia yang Bisa Sembuhkan Patah Hati