in ,

Uji Nyali di Pendaratan Pesawat Paling Mengerikan

Sebuah bandar udara pasti memiliki standar tertentu untuk ukuran landasan yang digunakan. Misal landasan dengan panjang beberapa ratusan meter atau memiliki lebar  yang cukup untuk melakukan pendaratan. Meski ada standar tertentu, beberapa landasan pada bandara tetap beroperasi meski keadaannya cukup memprihatinkan bin ngeri. Berikut beberapa tempat landing pesawat paling ngeri di dunia.

Baca juga : 6 Museum di Malaysia, Liburan Saat Musim Hujan Tetap Menyenangkan!

1. Bandara Barra – Skotlandia

Landasan sebuah pesawat terbang biasanya berupa aspal atau jalanan yang lebih halus. Sayangnya di Barra, landasan itu hanyalah pasir pantai basah yang bisa membuat pesawat tergelincir.

2. Bandara Internasional Princess juiana – Karibia

Salah satu bandara paling berbahaya selanjutnya terletak di Karibia. Landasan untuk mendarat tidak jauh dari pantai. Saat akan mendarat, ribuan orang akan melihat secara langsung sebuah pesawat melintas di atasnya dengan jarak beberapa meter saja.

3. Bandara Narsarsuaq – Greenland

Terletak di kawasan pegunungan, bandaran ini memiliki medan yang cukup berat. Hanya seorang pilot profesional yang bisa mendarat dengan selamat dengan landasan tidak terlalu panjang. Oh ya, pendaratan malam di sini sangat dilarang.

4. Bandara Internasional Gibraltar– Gibraltar

Yang menyebabkan bandara ini sangat berbahaya adalah landasan pacu yang pendek serta berada di bawah permukaan laut. Jika pilot tidak bisa mengendalikan pesawat dengan baik, peluang tergelincir sangatlah besar.

5. Bandara Internasional Toncontin – Honduras

Sejak tahun 2008 silam, bandara ini telah dilarang untuk pesawat jenis besar. Hal ini dilakukan karena dandara ini pernah membunuh setidaknya 5 orang karena masalah pendaratan. Sempitnya landasan pacu dan dekat dengan permukiman disinyalir menjadi penyebab masalah ini bermula.

6. Bandara Tenzing-Hillary – Nepal

Bandara Tenzing-Hillary dikenal paling berbahaya di dunia versi History Channel. Bagaimana tidak, landasan berada di sisi kiri dan kanan dari pegunungan Himalaya. Selain itu, landasan yang disediakan juga pendek dan memiliki belokan pada bagian depan.

7. Bandara Courchevel – Prancis

Bandara ini hanya digunakan oleh penyewa resor yang menginap di kawasan pegunungan Alpen. Yang menjadikan bandara ini mengerikan adalah landasan pacu yang pendek dan kemiringannya  cukup curam.

Inilah tujuh bandara unik  dengan tempat landing paling mengerikan di dunia. Kalau diberi kesempatan, mau tidak mendarat di sini? Next

ramadan
Yoga santai sebelum hiking

Tips Penting untuk Perempuan yang Mau Naik Gunung

Pasar Apung Paling Fotogenik dan Menarik