in

Ini Manfaat Menggunakan Tenda Gantung Saat Berkemah, Kamu Sudah Punya?

Tenda Gantung [image source]

Berkemah atau istilah kerennya adalah camping adalah kegiatan seru yang ampuh banget membuat kamu jadi bahagia. Jangan mengingat rasa lelah yang akan mendera, tapi bayangkan saja pemandangan indah yang tersuguh selama perjalananmu. Mendaki setapak demi setapak jadi nggak begitu terasa lelahnya bukan? Selain itu, menjelajahi alam liar memberikan tantangan tersendiri. Lokasi-lokasi berkemah seperti hutan hingga pantai wajib kamu datangi sebelum menyebut dirimu sebagai seorang petualang sejati. Di Indonesia ada banyak kok tempat keren untuk berkemah. Misalnya saja Ranu Kumbolo di Semeru atau Segara Anakan di Rinjani, semuanya memiliki pesona keindahan yang menawan.

Baca juga : Deretan Aktivitas Seru Untuk Kemping dan Mantai di Karanggongso

Tapi berkemah itu beda lho dengan menginap di hotel atau resort. Bahkan anak kecil pun juga tahu perbedaannya. Ya hanya mengingatkan saja, bahwa kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin. Jangan bermodal nekat dan membawa peralatan seadanya karena keselamatan adalah hal yang paling penting. Ingatlah, ketika kamu pergi ke suatu tempat, tujuan utama bukanlah tempat itu, tapi kembali ke rumah dengan selamat. Persiapan nggak hanya soal kesehatan tubuh dan mental saja, tapi juga peralatan. Salah satunya adalah tenda. Sekali lagi, yang kamu tuju adalah alam liar nggak ada hotel apalagi resort di sana. Yang ada hutan belantara, padang rumput, hingga jalur berbatu yang terjal. Bahkan di beberapa lokasi, tidak ada sumber airnya.

1. Inovasi Tenda yang Revolusioner

Tenda Gantung [image source]
Tenda Gantung [image source]

Tenda sangat penting, fungsinya untuk tempat perlindungan dari serangan hewan buas dan udara dingin, begitu juga dengan guyuran air hujan. Sayangnya, tenda yang biasa dipasang di atas tanah itu masih memiliki banyak kekurangan. Kadang hewan-hewan kecil masih bisa masuk. Nah untuk mengatasinya, baru-baru ini muncul inovasi tenda yang unik dan tidak biasa. Sebenarnya model dan bentuknya sudah dikenalkan sejak beberapa tahun yang lalu, namun masih banyak travel yang belum mengetahuinya.

2. Terhindar dari Serangan Hewan Berbahaya

tenda Gantung [image source]
tenda Gantung [image source]

Kamu bisa menyebutnya dengan nama tentsile yaitu tenda gantung yang bisa dipasang di antara pepohonan layaknya hammock. Namun dengan ukuran yang lebih besar dan menyerupai tenda. Ya, memang tenda sih. Manfaat utama yang akan kamu dapatkan dengan menggunakannya adalah terhindar dari serangan hewan berbahaya di tanah. Bukan berarti tidur menggantung di antara pepohonan itu nggak berbahaya, tentu kamu tetap harus berhati-hati. Pilihlah pohon yang kuat dan tidak rapuh agar kamu tidak jatuh setelah pohonnya patah karena tidak kuat menahan beban tubuhmu.

3. Tidak Sedingin Tenda Biasa

Tenda Gantung [image source]
Tenda Gantung [image source]

Manfaat berikutnya dari tenda gantung adalah mengurangi hawa dingin. Dengan kata lain, hawa di dalam tenda gantung tidak sedingin tenda biasa yang dipasang di atas permukaan tanah. Kadang guyuran hujan bisa membuat tanah jadi lembab, bahkan becek. Jika sudah begitu, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa tidur dengan nyaman bahkan nggak tidur sama sekali. Padahal kamu membutuhkan istirahat setelah melakukan perjalanan jauh.

4. Senyaman Tidur dalam Buaian

Tenda Gantung [image source]
Tenda Gantung [image source]

Lupakan juga soal kondisi tanah yang tidak rata dan berbatu. Karena tempat yang kamu tuju juga bukan lapangan atau stadion, maka jangan harap kamu akan mudah menemukan tempat yang pas untuk mendirikan tenda. Daripada tendamu rusak karena bebatuan, begitu juga dengan tubuhmu bisa jadi sakit-sakit, akan lebih baik cari pohon lalu pasang tenda gantung. Setelah itu, kamu bisa tidur dengan nyaman seperti dalam buaian.

Harga tenda gantung ini bervariasi berkisar antara Rp. 3 juta hingga lebih dari Rp. 20 juta. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Next

ramadan

Kuliner Mie Paling Enak di Bandung

Puri Santrian, Resort di Pesisir Sanur yang Begitu Menawan