in , , , ,

Tengkleng Kambing, Kekayaan Kuliner Khas Solo yang Menggiurkan

Tengkleng Kambing makanan khas Kota Solo yang legendaris. Foto via selerasa.com

Kalau kamu penggemar daging kambing, pasti sudah kenal dengan kuliner tengkleng. Tengkleng adalah salah satu makanan khas dari Solo. Bahan utamanya dari tulang kambing yang masih tersisa tetelan-tetelan daging. Tengkleng menjadi makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Kuliner ini menggunakan tulang kambing yang dimasak mirip seperti sup atau gulai. Asiknya menyantap sajian ini adalah saat kamu harus menggigit tulang untuk mengambil daging kambingnya yang dimasak empuk. Sumsum tulangnya juga bikin ketagihan, pantas saja kuliner ini tak ada matinya sampai sekarang.

Baca juga : Ini Deretan Cireng di Bandung yang Enak untuk Camilan Sebelum Berbuka

Konon, pada awalnya tidak semua orang bisa menikmati lezatnya daging kambing, hanya mereka kaum bangsawan dan petinggi Belanda saja yang terbiasa menikmati aneka olahan daging kambing. Disebut hidangan rakyat jelata, penyebabnya karena para bangsawan dimasa penjajahan Belanda hanya menyantap daging untuk diolah menjadi gulai.

Nikmatnya Tengkleng diarea pasar Klewer. Foto via gotravelly.com

Jadi, para pelayannya Cuma kebagian tulangnya, jeroan, kaki, sampai kepala kambing. Kemudian para pelayan memasak aneka bagian kambing kecuali daging, dengan aneka rempah – rempah Nusantara, rasanya jelas lezat. Kuahnya tidak begitu kental, tapi terasa banget gurihnya yang berasal dari rebusan tulang kambing. Kemudian tengkleng dikenal sebagai kuliner khas solo. Kuliner tengkleng ini bisa kamu temui di wilayah pasar Klewer. Tengkleng disajikan dengan pincuk daun pisang. Harganya berkisar Rp. 50.000. Meski dinilai cukup mahal, tapi banyak yang tetap memburu kuliner ini.

Masakan Tengkleng Pak Manto, Solo. Foto via pinterest.com

Nah, buat kamu yang penasaran di mana bisa menikmati tengkleng nikmat dan legendaris khas Solo selain di Pasar Klewer adalah Tengkleng Rica Pak Manto.Warung ini menjadi tempat yang paling enak buat melepas rasa lapar. Disini tidak hanya satenya aja yang yang enak, menu tengklengnya menggoda selera. Cukup dengan Rp. 50.000 kamu sudah bisa menikmati seporsi tengkleng lezat plus nasi.

Tengkelng Mbak Dyah yang legendaris di Kartasura Solo. Foto via solopos.com

Ada lagi Tengkleng Mbak Dyah Kartasura, cabang Manahan ini menjadi salah satu tempat paling asik buat menikmati tengkleng di Solo. Rasa kuah tengklengnya yang kuat serasi dengan daging tulang kambingnya. Selain tengkleng, disini ada menu lainnya yang tidak kalah enaknya seperti nasi goreng, trengseng, tengkleng otak hingga sate kambing dengan harga Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 saja.

Tengkleng dan nasi kebuli mbah Soleh yang murah meriah. foto via KMStour.com

Ada juga Tengkleng mbah Soleh, Warung ini menyuguhkan menu masakan ala arab dengan harga yang cukup miring, khususnya buat menu tengkleng seharga Rp. 17.000/porsi. Tengkleng mbah Soleh cocok banget buat disantap saat makan siang untuk memuaskan rasa lapar tanpa harus merogoh kocek dalam dalam. Next

ramadan
fi lalapan di malang

Menu Makan Malam Kuliner Lalapan di Malang, Mantap dan Menggugah Selera

Hidangan Nasi Kebuli Khas Timur Tengah Yang Mantap Ala Surabaya