in , , ,

Mengulik Keindahan Terumbu Karang Raksasa di Pantai Gili Asahan

Siapa yang tidak ingin kembali menikmati pulau Lombok. Seluruh pesisir pantainya memang sangat menakjubkan. Terumbu karang dan laguna yang tumbuh alami sangat ditunggu tunggu oleh semua wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Nah, ada satu wisata bahari yang jarang dikunjungi wisatawan, dialah pantai GiliAsahan. Meski jarang terlihat hingga padat bejibun seperti gili Trawangan, namun jangan salah akan keindahan bawah lautnya. Terlebih suguhan pasir putih yang bersih dan sangat mengagumkan.

Baca juga : Air Terjun Tegenungan, Eksotisme Curug di Bali

Pesona bawah laut gili Asahan yang sangat indah. Foto via booking.com

Pantai ini berada disalah satu dari tiga pulau yang sangat indah. Bersebelahan dengan Pulau Gili Gede, Gili Goteng dan Gili Layar. Pulau ini memang sangat cocok bagi kalian yang mencari lokasi berlibur dengan atmosfer tenang. Pulau Gili Asahan terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Lombok Barat. Gili ini berbatasan langsung dengan perairan beberapa gili lainnya di Lombok Barat seperti Gili Gede, Gili Lontar, Gili Nanggu, Gili Rengit dan Gili Layar. Gili ini memiliki daratan seperti Gili Gede dengan kontur berbukit.

pasir putih dan bersih di Gili Asagan. Foto via FeetDoTravely.com

Meski masih jarang dikunjungi wisatawan lokal dan lebih banyak diminati wisatawan luar negeri, Gili Asahan tidak hanya menawarkan pantai indah dengan hamparan pasir putih namun juga suasana syahdu. Gili Asahan memang belum sepopuler Gili Trawangan, namun pulau mungil ini adalah surga bagi pecinta keindahan laut. Aktivitas berlibur yang paling digemari di sini adalah snorkeling. Setiap sudut bawah laut pulau ini akan memanjakan mata. Jika ingin snorkeling di Gili Asahan, tak perlu repot untuk membawa peralatan senorkeling dari rumah. Di sini sudah tersedia jasa yang menawarkan paket snorkeling lengkap dengan tarif relatif murah yakni Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 per orang.

Biota Laut yang indah di Gili Asahan. Foto via instaagram @giliasahanecolodge

Tarif ini sudah termasuk biaya private boat, pemandu, alat senorkeling, lunch box, air mineral, fasilitas action cam gratis dan roti untuk makanan ikan. Cukup menyenangkan, bukan? Ada beberapa spot snorkeling yang wajib dicoba seperti secret garden, merupakan spot senorkeling atau diving yang masih terjaga keasrian terumbu karang dan hewan laut lainnya. Teman traveler akan bertemu dengan ikan si cantik nudirbach, sejenis hewan lunak yang menjadi incaran para penyelam, karena memiliki warna yang sangat indah.

Hadirnya penyu saat berenang dikawasan Gili Asahan. Foto via instagram @giliasahanecolodge

Secret Garden merupakan salah satu pantai dengan arus yang deras, maka dari itu teman traveler harus berhati hati dan tetap mengikuti arahan dari pemandu. Keunggulan spot ini terletak jarak pandangnya yang bagus yaitu sekitar 25 meter. Hal ini memungkinkan untuk melihat pemandangan bawah laut dengan jelas dan bagi penggemar fotografi bawah laut akan mendapat hasil jepretan yang memuaskan.

Keindahan terumbu karang di Gili Asahan. Foto via instagram @garaputra22

Ada juga spot sankin point, Sebuah area yang memiliki arus cukup dinamis. Berbeda dengan secret garden, di sini akan menemukan lebih banyak ikan warna-warni, anemon, koral keras dan lunak, serta biota laut lainnya. Jarak pandang pada spot ini mencapai 30 meter, namun arusnya sering berubah-ubah. Jadi harus menentukan waktu snorkeling yang tepat. Untuk ke Gili Asahan cukup meyeberang dari Pelabuhan Tawun sekitar 10 menit menggunakan perahu. Tarif sewa perahu sekitar Rp. 200.000 per perahu yang berisi 6-8 orang. Tidak ada biaya masuk saat memasuki kawasan gili, cukup membayar tarif menyeberang saja. Next

ramadan

Belum ke Gresik Kalau Belum Nyicip Otak Otak Bandeng

Goa Seplawan

Gua Seplawan, Kawasan Wisata di Purworejo yang Menakjubkan