in ,

Mau Tahu Rahasia Liburan Hemat Anti Tekor? Ini 5 Tipsnya!

Rahasia berlibur dengan hemat dan seru

Berlibur adalah kegiatan favorit yang dilakukan banyak orang untuk melepas stres ataupun menambah pengalaman perjalanan. Tapi gimana kalau budgetnya tidak cukup? Nah, kami akan bagikan 5 rahasia liburan hemat anti tekor versi Travelingyuk. Mari kita bahas satu-satu!

Baca juga : 4 Waktu yang Tepat Minum Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

1. Gunakan Moda Transportasi yang Berbeda

Ilustrasi Menyiasati harga dengan moda transportasi berbeda via Shuttertsock

Sudah jadi rahasia umum bahwa cara memangkas biaya perjalanan paling efektif adalah dengan menggunakan moda transportasi ataupun rute yang berbeda.

Misalkan saja, Teman Traveler mau berlibur ke Warsaw, Polandia dengan titik keberangkatan dari Jakarta. Daripada menggunakan pesawat, kalian bisa transit terlebih dahulu di negara sekitarnya, contohnya di Munich, Jerman. Nantinya, kalian bisa memesan bus khusus yang melayani rute antar negara Eropa via online. Perbedaan harganya terpaut cukup jauh, sekitar Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000, loh!

Memang waktu perjalanan akan lebih lama, tapi demi memotong biaya perjalanan lebih murah, kenapa tidak?

2. Tidak Perlu Bawa Barang Terlalu Banyak

Ilustrasi: Membawa barang secukupnya via Shutterstock

Belakangan ini semakin banyak maskapai penerbangan yang menerapkan tarif bagasi. Tidak main-main, harganya dipatok mulai Rp105.000 per 5 kilogram.

Maka buat Teman Traveler yang hendak pergi dengan pesawat, kalian tidak perlu bawa barang terlalu banyak. Usahakan beratnya maksimal 7 kilogram saja biar bisa masuk kabin.

Selain meminimalisir tambahan biaya, membawa sedikit barang juga membantu mobilisasi kalian selama berlibur.

3. Pilih Hostel atau Apartemen Murah

Ilustrasi Pilihlah hostel yang nyaman dan aman via Shutterstock

Hostel selalu menawarkan konsep menginap yang murah dan nyaman. Jelas saja karena pada dasarnya, penginapan semacam ini selalu menyajikan kamar tidur bersama dan bertingkat-tingkat layaknya dormitory. Tidak hanya urusan kasur, mandi pun juga menggunakan kamar mandi bersama.

Kalau Teman Traveler tidak nyaman dengan model akomodasi seperti itu, kalian bisa mencoba mencari opsi kamar apartemen murah ataupun hotel low budget di aplikasi-aplikasi populer.

4. Temukan Promo Trip Gila-Gilaan

Ilustrasi Promo liburan via Shutterstock

Biasanya menjelang akhir tahun, berbagai macam promo trip mulai merajai timeline media sosial, seolah-olah tiap moda transportasi dan aplikasi traveling berlomba memberikan penawaran terbaik.

Nah, biasanya promo trip secara rutin muncul pada hari atau jam tertentu, misalkan saja promo naik pesawat tiap hari Selasa. Kalau kalian beruntung, kalian bisa mendapatkan potongan harga hingga 60%, loh!

5. Naik Transportasi Umum Saja!

Ilustrasi Naik transportasi umum via Shutterstock

Nah, untuk yang satu ini nampaknya Teman Traveler sudah banyak yang tahu. Naik moda transportasi umum terbukti mengurangi biaya perjalanan secara drastis, apalagi dengan kebijakan 1 harga atau range atas-bawah yang tak terlalu mahal.

Misalkan, jika dengan kendaraan pribadi kalian harus membayar hingga Rp50.000 per 5 kilometer, dengan transportasi umum kalian hanya perlu membayar Rp5.000 sekali jalan. Murah, bukan?

Demikian 5 rahasia liburan hemat anti tekor versi Travelingyuk. Yuk, mulai rencanakan liburan Teman Traveler sekeren dan sehemat mungkin biar seru dan menyenangkan! Next

ramadan

Itinerari 2D1N di Bangka, Wajib Masukan List Wisata Ini!

Chickenpedia, Sajikan Aneka Olahan Ayam Tak Biasa