in ,

Biar Tahan Lama, Begini Seharusnya Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Cara menyimpan daging di dalam kulkas harus begitu diperhatikan agar kualitasnya tetap baik dan tidak mudah terkontaminasi bakteri.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Persediaan daging biasanya menumpuk saat Idul Adha. Apalagi jika kamu tak bisa mengolah banyak daging dalam satu waktu. Maka kamu harus pintar-pintar menyimpan daging. Begini lho cara menyimpan daging di dalam kulkas yang benar agar tidak mudah busuk atau terkontaminasi bakteri.

Baca juga : Mendaki Gunung Merbabu Wajib Daftar Online, Sudah Tahu Belum?

Daging sangat mudah terkontaminasi bakteri, maka itu kamu harus teliti dalam menyimpannya. Pertama-tama, jangan cuci daging sebelum menyimpan. Hanya cuci daging ketika akan diolah saja.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas
Foto via Wesual Click/Unsplash

Kalau kamu mencuci sebelum menyimpannya di dalam kulkas, maka kandungan air di dalam daging akan bertambah sehingga jika disimpan di dalam freezer maka airnya akan mengkristal. Tentu kualitas daging semakin berkurang dan bisa merusak juga lho!

Potong daging yang akan disimpan dengan ukuran kecil. Hal ini meminimalisir kontak daging yang belum akan diolah dengan tangan dan berisiko terkontaminasi bakteri. Setelah dipotong kecil-kecil, masukkan ke dalam plastik dan tutup rapat. Ini juga bisa memudahkan kamu nantinya untuk mencairkan daging, jadi tidak harus semua daging yang diambil dan dicairkan, melainkan hanya seukuran yang diperlukan saja.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas
Foto via Victoria Shes/Unsplash

Memasukkan daging ke dalam plastik juga bisa menghindarkannya dengan bahan makanan lain yang bisa berisiko terkontaminasi bakteri. Pastikan kamu tulis tanggal kamu menyimpan daging, agar nantinya kamu tahu sudah berapa lama daging tersebut berada di dalam kulkas.

Langsung masukkan daging yang sudah dikemas, maksimal 2 jam di suhu ruangan. Daging yang terlalu lama di suhu ruangan bisa mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Penyimpanan pun sebaiknya di freezer dengan suhu maksimal -18 derajat celsius. Bisa juga di chiller dengan suhu 4 derajat celsius.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas
Foto via Kyle Mackie/Unsplash

Jangan terlalu sering membuka tutup freezer atau pintu kulkas di mana daging disimpan. Hal ini untuk menghindari perubahan suhu yang terlalu drastis. Jika kamu ingin mengolah daging yang sudah disimpan di freezer, jangan cairkan di suhu ruangan terlalu lama karena rentan terkontaminasi bakteri. Sebaiknya dipindahkan ke bagian chiller hingga lunak sepenuhnya.

Nah, jangan sampai kamu salah dalam cara menyimpan daging di dalam kulkas ya. Agar kualitas daging tetap baik dan tidak mudah terkontaminasi bakteri hingga membusuk. Next

ramadan
Kaki terjepit travelator bandara

Kaki Perempuan Ini Harus Diamputasi karena Terjepit Travelator Bandara

Pungli di Pantai Carita

Pungli di Pantai Carita, Pandeglang, Lewat Jembatan Bambu Ditarik Rp 5.000