in

6 Peraturan yang Wajib Kamu Tau Tentang Cara Makan dan Minum

page
page

Apapun jenis transportasi yang akan Anda gunakan dalam melakukan perjalanan, baik darat, udara atau laut, tentunya perut harus tetap terisi bukan? Untuk dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tentunya dibutuhkan trik khusus dalam hal yang berkaitan dengan pengonsumsian makanan atau minuman selama perjalanan.

Baca juga : Tips Mencuci – Mengeringkan Baju Selama Bepergian

Selain agar tidak kehausan atau juga kelaparan saat melakukan traveling ke tempat, kota atau negara lain. Dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang akan diasup, serta mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam pengonsumsian semua itu, maka metabolisme, sirkulasi sampai dengan pencernaan di dalam tubuh juga akan semakin siap ketika sedang melakukan penjelajahan ke daerah baru.

Nah, berikut ini adalah tips dan aturan umum terkait dengan pengonsumsian makanan dan minuman agar kesehatan dan kebugaran tetap dalam keadaan prima.

1. Makan setiap 2-3 jam

Tak perlu menunggu sampai jam makan tiba atau bahkan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman selama perjalanan, usahakan untuk terus mengisi perut setiap 2-3 jam dengan makanan atau minuman yang sehat agar tubuh tetap dalam keadaan fit dan bugar.

Makan setiap 2-3 jam [image source]
Makan setiap 2-3 jam [image source]
Jika Anda tidak membawa perbekalan berupa makanan dan minuman, Anda dapat mensiasatinya dengan membeli di toko atau penjual di tempat Anda berada saat itu. Akan tetapi, jika Anda melakukan perjalanan jauh yang memakan waktu berjam-jam dengan menggunakan pesawat, maka dapat membeli jenis makanan atau minuman yang menyehatkan yang telah disediakan oleh kru pesawat.

2. Makan makanan yang kaya protein

Makan makanan yang kaya protein [image source]
Makan makanan yang kaya protein [image source]
Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, maka tingkat gula dalam darah akan stabil dan terjaga. Selain itu, protein juga dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi serta membantu otak untuk dapat berpikir secara cepat. Makanan-makanan yang memiliki kaya protein, antara lain selai kacang, roti rendah lemak sampai dengan jagung-jagungan.

3. Hindari Junkfood

Hindari Junkfood [image source]
Hindari Junkfood [image source]
Sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi junkfood selama di perjalanan atau ketika berhenti di suatu tempat. Makanan jenis ini justru dapat membuat Anda mengantuk, lemas dan kandungan di dalamnya akan terserap ke dalam tubuh menjadi timbunan lemak. Ada baiknya untuk lebih mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti junkfood atau juga oatmeal serta sereal. Selain akan mengenyangkan perut, makanan sehat jenis ini juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh.

4. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen [image source]
Mengonsumsi suplemen [image source]
Memang tidak diharuskan untuk terus menerus mengonsumsi suplemen, namun lain kasusnya jika Anda sedang dalam perjalanan jauh. Dengan mengonsumsi suplemen, maka dapat membantu tubuh untuk tetap kuat dan bugar selama perjalanan. Suplemen makanan ini juga memiliki fungsi untuk memberikan tambahan nutrisi yang dapat memperbaiki hormon yang ada di dalam tubuh.

5. Minum kopi

Bukan suatu hal yang baru lagi jika kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang dapat membuat Anda tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalam kopi akan membuat rasa kantuk menghilang, walaupun ada yang mengatakan bahwa hal itu hanyalah sugesti belaka.

Minum kopi [image source]
Minum kopi [image source]
Selain dapat membuat Anda tidak mengantuk dalam jangka waktu lama, dengan meminum kopi, maka tubuh akan segar dan tenang. Kandungan dalam kafein yang ada di dalam sebuah kopi dapat membuat otak menjadi tenang dan rileks.

6. Minum air putih

Agar tubuh tetap terjaga kebugarannya, air putih adalah jenis minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tubuh manusia, mayoritas terdiri dari air yang mana akan menjadi satu hal yang merugikan jika seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya.

Minum air putih [image source]
Minum air putih [image source]
Dengan mengonsumsi air putih secara cukup atau untuk dewasa sekitar 8 gelas sehari, maka dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan dapat dengan mudah serta cepat mengeluarkan zat-zat beracun di dalam badan melalui keringat dan urin.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tentunya Anda harus terus mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Namun, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah dalam pengonsumsiannya, dilarang sampai berlebih, hentikan untuk pengonsumsiannya jika Anda sudah merasa pas dan tidak terlalu kenyang. Selamat mencoba. Next

ramadan

Rekreasi Sambil Relaksasi di Obyek Wisata Guci

page

Rekomendasi Film yang Dapat Dijadikan Acuan Sebelum Memutuskan untuk Traveling