in ,

7 Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulai Sebuah Perjalanan

fiTravelAlone
fiTravelAlone

Sepeti halnya kehidupan, sebuah perjalanan memiliki banyak tantangan untuk diselesaikan. Tak jarang, banyak orang yang enggan bepergian ke lokasi jauh karena malas mempersiapkan dan mempelajari seluk-beluk traveling. Padahal akan ada lebih banyak manfaat serta pelajaran yang didapatkan saat melakukannya.

Baca juga : Traveling Merdeka Ala Milenial, Bagaimana Caranya?

Kalau Anda sedang merencanakan sebuah perjalanan ke negeri yang jauh, entah itu dengan backpacking atau berwisata biasa, berikut ini 7 hal yang wajib Anda ketahui.

1. Jangan Anti pada Orang Asing

Anda tentu jadi lebih paranoid saat menginjak daerah yang asing dan menyangka bahwa setiap orang yang mendekat akan berniat jahat. Kenyataannya, di luar sana banyak orang baik yang bisa dimintai pertolongan ketika Anda membutuhkan bantuan.

Jangan anti orang asing [image source]
Jangan anti orang asing [image source]
Jangan ragu untuk menyapa dan jangan segan meminta bantuan penduduk lokal saat Anda menghadapi kesulitan di perjalanan. Anda boleh waspada, tapi harus tetap akrab dengan warga setempat, agar mereka bisa membatu Anda.

2. Jangan Terburu-buru

Kalau Anda menjadikan traveling sebagai pereda stress dan media untuk belajar hal baru, satu hal yang perlu diingat adalah jangan terburu-buru. Hindari berkeliling ke banyak lokasi sekaligus dalam sehari, kemudian berpindah ke kota lainnya tanpa menginap.

Nikmati liburan Anda, jangan terburu-buru [image source]
Nikmati liburan Anda, jangan terburu-buru [image source]
Mungkin lebih banyak yang Anda lihat, tapi akan lebih sedikit yang terekam dalam memori. Ambil waktu sejenak untuk bermalam dan nikmati perjalanan Anda.

3. Tak Usah Terlalu Ribet dengan Barang Bawaan

Ke manapun Anda pergi, akan selalu ada toko yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, jangan bebani diri Anda dengan ribetnya packing sebelum berangkat.

Packing simple aja, jangan yang banyak dan ribet [image source]
Packing simple aja, jangan yang banyak dan ribet [image source]
Salah seorang traveler yang juga pemain rugby asal Inggris, Rochelle Clark berkata, ”Lupa membawa barang kebutuhan pribadi saat traveling bukanlah akhir dari dunia!” Karenanya bawalah barang-barang seperlunya saja saat hendak traveling.

4. Jangan Anti dengan Delay

Apa yang Anda lakukan saat pesawat tiba-tiba mendarat darurat lantaran cuaca buruk atau keberangkatan Anda tertunda gara-gara masalah teknis? Jangan habiskan waktu Anda untuk duduk diam sambil menggerutu di bandara. Lebih baik angkat koper Anda dan manfaatkan waktu untuk menjelajahi daerah di sekitar bandara.

Bikin delay-mu lebih asyik dan seru [image source]
Bikin delay-mu lebih asyik dan seru [image source]
Dengan berkeliling Anda bisa lebih mengenal lingkungan di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapat informasi dari orang-orang yang Anda temui saat berkeliling.

5. Tak Perlu Takut Tersesat

Jangan cuma mendatangi lokasi-lokasi wisata yang tercantum dalam buku panduan. Jelajahi pelosok kota yang sarat dengan budaya dan kuliner lokal.

Tak perlu takut tersesat [image source]
Tak perlu takut tersesat [image source]
Tak perlu takut tersesat, toh Anda masih dapat mengandalkan GPS ataupun bertanya kepada penduduk setempat. Selain dapat menambah wawasan Anda tentang kota yang sedang dikunjungi, Anda juga bisa memperoleh banyak kenalan dan teman baru.

6. Jangan Menjadi Budak Kamera

Saat ada di pegunungan yang indah atau pantai yang eksotis, apa yang pertama kali Anda lakukan? Menikmati suasana atau justru sibuk memotret dengan kamera?

Jangan menjadi budak kamera [image source]
Jangan menjadi budak kamera [image source]
Tak ada salahnya memang mengabadikan momen liburan dengan kamera.Tapi ingat, tujuan utama berlibur adalah untuk menyegarkan pikiran. Jangan menghabiskan waktu dengan kamera, nikmati suasana dan rekam dalam memori Anda!

7. Guide Lokal adalah Pilihan Terbaik

Anda memang dapat menggunakan pemandu dari travel agency, tapi tak ada yang lebih baik dari guide lokal. Kebanyakan dari mereka memang tak menempuh pendidikan formal dan tak fasih berbahasa Inggris, namun pengetahuannya akan daerah tujuan jauh lebih sempurna.

Guide lokal adalah yang terbaik [image source]
Guide lokal adalah yang terbaik [image source]
Mereka bisa mengajak Anda ke lokasi-lokasi tersembunyi yang sering luput dari mata para pemandu profesional. Dan bonusnya, harga yang ditawarkan pun biasanya jauh lebih terjangkau.

Satu hal yang tak boleh dilupakan, traveling adalah tentang kebebasan. Lepaskan semua beban dan tinggalkan masalah yang ada di kantor maupun di rumah. Mulailah petualangan baru yang mengasyikkan dan bawa pulang sejuta pengalaman berharga! Next

ramadan

Pasti Piramida di Mesir, Bukan Yang Satu Ini Ada di Italia!

page

Jangan Panik, Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Pendaratan Darurat!