in

Tips Staycation Saat Pandemi, Bawa Anak Atau Lansia Tetap Aman

Foto oleh Nubia Navarro (nubikini) dari Pexels

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Bagaimana jika kamu mengajak keluarga untuk staycation? Biasanya di momen akhir tahun, banyak hotel, villa dan resort yang memberikan promo menggiurkan loh. Nah, biar staycation tetap nyaman tanpa harus merasa was-was, kamu bisa praktekkan beberapa tips staycation saat pandemi berikut. Wajib baca kalau kamu ingin staycation dengan anak dan lansia.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Liburan Naik Kereta Api Paling Hemat dan Asyik

Pilih akomodasi dengan hiburan lengkap

Foto oleh Yulianto Poitier dari Pexels

Karena membawa anak dan lansia serta berniat untuk menghabiskan waktu liburan tanpa keluar hotel, maka penting untuk mencari akomodasi yang lengkap dengan hiburan. Misalnya, kolam renang atau area bermain. Dengan begitu, keluarga tidak akan bosan karena punya banyak aktivitas selama staycation.

Pentingnya informasikan kedatangan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Meski sudah memesan melalui online travel agent (OTA), ada pentingnya juga kamu mengonfirmasi kedatangan ke hotel tempat kamu akan staycation. Dengan begitu, pihak hotel akan menyiapkan kamarmu dan mensterilisasinya agar kamu merasa aman selama menginap. Karena proses sterilisasi ini butuh waktu, maka jangan lupa untuk beritahu pihak hotel jam berapa kedatanganmu ya.

Bawa peralatan sterilisasi sendiri

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Umumnya pihak hotel sudah mensterilisasi ruangan yang akan dipesan dan memastikan telah bersih. Meski begitu, tidak ada salahnya kok jika kamu membawa peralatan sterilisasi sendiri seperti sanitizer sprayer. Dengan begitu, kamu tidak akan cemas saat menyentuh apapun di hotel tempat kamu menginap.

Pertimbangan makan di restoran atau diantar ke kamar

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Jika jumlah tamu yang sarapan di restoran hotel tidak terlalu penuh, kamu bisa saja turun dan makan dengan tenang. Namun tidak jadi masalah juga kalau kamu ingin menikmati sarapan di kamar. Kamu cukup menginformasikan pada pihak hotel mengenai hal tersebut. Biasanya, pihak hotel juga memberikan batasan kuota tamu yang akan sarapan di restoran kok.

Melakukan reservasi jika ingin berenang

Foto oleh Juan Salamanca dari Pexels

Salah satu aktivitas favorit anak ketika staycation adalah berenang. Tapi karena sedang pandemi biasanya hotel akan meminta tamu untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja agar tidak terjadi kerumunan. Oleh karena itu, beritahukan pihak hotel ya pada jam berapa kamu ingin berada di area kolam renang.

Hindari sewa, bawa peralatan sendiri

Foto oleh Luisa dari Pexels

Selain menekan biaya liburan, membawa peralatan renang sendiri juga menghindarkan kamu dari perasaan cemas karena harus memakai barang yang sudah dipakai orang lain. Jika ada agenda berenang saat staycation, bawa pelampung, kacamata renang dan pakaian renang sendiri ya.

Minta steril ulang ketika meninggalkan kamar

Foto oleh Matilda Wormwood dari Pexels

Saat staycation, kamu mungkin meninggalkan kamar atau hotel dalam waktu yang cukup lama untuk pergi kulineran atau ke tempat wisata. Tidak apa loh jika kamu meminta sterilisasi ulang ke pihak hotel. Beberapa hotel biasanya menyediakan layanan ini, meski ada juga yang memberi biaya tambahan.

Selain tips-tips di atas, tentu saja yang paling tak boleh dilupakan selama staycation adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Bawa masker dengan jumlah ekstra untuk berjaga-jaga jika diperlukan, selain itu cuci tangan sebelum dan setelah aktivitas atau bawa hand sanitizer di dalam tas. Gunakan layanan laundry di hotel atau pisahkan pakaian-pakaian yang sudah dikenakan di tas khusus. Next

ramadan

Bukit Cinta Anti Galau, Sedang Hits Di Cirebon

fi kuliner sate di bali

Kuliner Sate Khas Bali yang Menggugah Selera Wajib Dicoba