in , ,

Kuliner Sate Khas Bali yang Menggugah Selera Wajib Dicoba

fi kuliner sate di bali

Wisata ke Pulau Dewata bisa menjadi surga bagi para pecinta sate, ada berbagai macam jenis masakan dibakar ini. Berikut daftar kuliner sate khas Bali yang menggugah selera, bukan hanya sate lilit saja ada sate lembat tak kalah lezat. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Potensi Tsunami Selat Sunda, Lakukan Hal Ini Jika Berada di Daerah Rawan

1. Sate Asem

sate asem
Ilustrasi via instagram sasmitaedo

Pertama ada Sate Asem yang terbuat dari daging babi atau bisa juga memakai daging ayam maupun sapi, berasal dari daerah Karangasem. Daging ini akan dipotong dadu lalu diberi bumbu rempah-rempah base genep khas Bali, santan kental, asam jawa dan jeruk limau.

Cita rasa gurih, manis dan asam akan sangat terasa pada setiap gigitannya. Teman Traveler dapat menemukan sate asem di pinggir jalan atau warung sate terdekat di daerah Karangasem.

2. Sate Plecing

sate plecing
Ilustrasi via instagram stephendaun

Berikutnya jangan lewatkan mencicipi Sate Plecing khas Singaraja Bali, menggunakan daging ayam, babi ataupun daging ikan laut. Daging akan dimarinasi dengan bumbu rempah-rempah lalu dibakar, sesuai namanya sate ini akan disajikan bersama sambal plecing. Cita rasanya pedas, gurih dan segar dari jeruk limau.

Jika penasaran Teman Traveler dapat mencobanya di Sate Plecing Arjuna, satu porsi dibanderol Rp 50.000. Lokasinya berada di Jalan Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Bali. Jam operasional pukul 09.00-16.30 WITA, buka setiap hari.

3. Sate Lembat

sate lembat bali
Ilustrasi via instagram sphera_travel

Kemudian ada Sate Lembat yang juga wajib dicoba, terbuat dari daging babi, ayam, itik dan daging penyu. Daging ini dihaluskan setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu rempah lalu santan serta parutan kelapa, kemudian dikepal-kepal pada batang tusuk sate dan dibakar. Sate ini juga disajikan saat upacara keagamaan di Karangasem disebut Kreta Semaya.

4. Sate Languan

sate languan
Ilustrasi via instagram balilocalfoods

Selanjutnya ada Sate Languan berasal dari daerah Kabupaten Klungkung. Perbedaannya terbuat dari ikan laut biasanya ikan tongkol dan kelapa muda lalu dibumbui dengan rempah-rempah base genep serta gula. Daging cincang tadi kemudian dilekatkan pada sebuah bambu atau tebu lalu dipanggang di atas arang. Cita rasa gurih dan manis sedikit pedas akan terasa ketika digigit.

Teman Traveler dapat mencoba Sate Languan di Jalan Danau Sentani, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Satu porsinya berisi lontong, 3 tusuk sate languan, tum ikan serta sambal, dibanderol hanya Rp 13.000. Jam operasional pukul 11.00 WITA.

Demikian ulasan berbagai macam kuliner sate Khas Bali yang bisa dijadikan referensi Teman Traveler saat di Pulau Dewata. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Tips Staycation Saat Pandemi, Bawa Anak Atau Lansia Tetap Aman

fi camping berbagai negara

Lokasi Camping di Berbagai Negara yang Mempunyai Pemandangan Menakjubkan