in ,

4 Tol Terpanjang di Dunia, Ada yang Panjangnya 6 Kali Jarak Sabang-Merauke

Indonesia termasuk enggak ya?

Akhir-akhir ini Jakarta tengah menjadi perbincangan, karena telah dibangun tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II. Keistimewaan dari tol ini adalah panjangnya yang mencapai 36 km. Mungkin menurut kita tol tersebut sudah termasuk yang terpanjang. Tapi ternyata, ada tol terpanjang lain di dunia yang bisa membuat kalian semakin takjub. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga : Sumber Maron, Serunya Susur Sungai di Sudut Kabupaten Malang

1. Trans Canada Sepanjang 7.821 Km 

tol terpanjang di dunia
Trans Canada via shutterstock/ EB Adventure Photography 

Pertama, ada Kanada yang mempunyai tol yang termasuk paling panjang di dunia. Bernama Trans Canada yang tidak lain adalah jalur tol terintegrasi modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, hingga berakhir di St. John’s, Newfoundland. Trans Canada Highway memiliki panjang 7.821 kilometer. 

2. Trans Siberian Highway dengan Panjang 11.000 Km 

tol terpanjang di dunia
Trans Siberian Highway via shutterstock/Konstantin Baidin

Setelah Kanada, Rusia ternyata juga memiliki jalan tol panjang yang layak dibanggakan ke hadapan komunitas global. Adalah Trans Siberian Highway, jalan tol yang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudra Pasifik. Atau lebih tepatnya menghubungkan kota St. Petersburg dan Vladivostok. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 11.000 kilometer.

3. Highway I yang Memiliki Panjang 14484 Km 

Highway I via shutterstock/Benny Marty

Jalan bebas hambatan yang beroperasi di Australia ini sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian negeri Kanguru. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.484 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari. Pembangunannya dimulai pada 1955 dengan memanfaatkan sejumlah jalan yang sudah ada. 

4. Pan – American Highway yang Terpanjang di Dunia 

Pan – American Highway via shutterstock/F670

Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Chile. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 48.000 kilometer ini. 

Demikianlah informasi mengenai tol terpanjang di dunia. Mulai dari 7000 hingga 48000 km panjangnya. Sangat menakjubkan, karena Tol Japek II saja sudah termasuk panjang. Nah, apakah Teman Traveler berniat untuk mencobanya?  Next

ramadan

Konon Bung Karno ‘Menemukan’ Pancasila di Malang, Ini Tempatnya!

Loko Café Manggarai, Istirahat Sejenak Penghilang Penat